Hal-Hal yang Membuat Indonesia Terkenal di Mata Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki kebudayaan, adat istiadat, panorama alam, berbagai jenis suku dan bahasa, dan ternyata inilah hal-hal yang membuat Indonesia terkenal di mata dunia. Banyak wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia untuk melihat keanekaragaman budaya dan keindahan alam yang disuguhkan oleh negara ini, sehingga dapat membantu perekonomian negara dengan meningkatnya devisa negara.

Hal-Hal yang Membuat Indonesia Terkenal di Mata Dunia

Berikut Hal-Hal yang Membuat Indonesia Terkenal di Mata Dunia
Banyak hal-hal yang membuat Indonesia dikenal dunia dan merupakan kebanggaan dari Indonesia, diantaranya adalah:

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur merupakan salah satu candi yang dimiliki oleh Indonesia. Candi yang terletak di Jawa Tengah ini pernah dinobatkan sebagai salah satu tujuh keajaiban dunia.

2. Komodo
Komodo merupakan salah satu binatang purba yang masih ada hingga kini. Binatang ini adalah kadal raksasa dan hanya ditemukan di Flores-NTT.

3. Raflesia Arnoldi
Raflesia Arnoldi merupakan bunga bangkai terbesar yang ditemukan di hutan Sumatera dengan ukuran diameter sekitar 1 meter.

4. Tersier Pygmy
Tersier Pygmy merupakan jenis binatang primata yang memiliki ukuran terkecil di dunia yaitu hanya 10 cm. Binatang ini memiliki bentuk seperti monyet dan ditemukan di Sumatera.

5. Hasil kerajinan batik kayu
Hasil kerajinan bati kayu merupakan salah satu hal sepele dari Indonesia yang mendunia dan kerajinan yang satu ini sudah menembus pasar internasional karena kualitas dan keindahannya.

6. Lagu tradisonal Indonesia
Lagu tradisional Indonesia yang telah mendunia adalah nina bobo dan bengawan solo.

7. Berbagai jenis suku bangsa
Indonesia terkenal dengan banyaknya jumlah suku bangsanya yaitu Jawa, Madura, Batak, Bugis, Dayak, dll.

8. Bali
Bali merupakan salah satu pulau terindah yang ada di Indonesia. Pulau ini menyuguhkan berbagai kebudayaan yang menarik dan banyak tempat wisata yang wajib dikunjungi.

9. Jajanan pasar
Indonesia sangat terkenal dengan jajanan pasarnya seperti gethuk, kue lapis, cenil, gatot, klepon, dll. Jajanan pasar ini selain enak juga murah.

10. Bakso
Kuliner Indonesia yang satu ini dapat dijumpai diseluruh pelosok negeri. Makanan ini merupakan salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia karena memiliki cita rasa yang lezat dan harganya terjangkau.

Selain itu Indonesia juga terkenal dengan budayanya yang sangat beranekaragam. Berikut budaya Indonesia yang terkenal di dunia:

1. Batik
Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia. Kain ini memiliki corak yang beranekaragam sesuai dengan karakter masing-masing daerah pembuatnya dan pembuatannya menggunakan tekhnik tradisonal yaitu menggunakan bahan alami ‘malam’ dan alat tradisional ‘canting’. UNESCO telah mensahkan batik sebagai warisan budaya asli Indonesia pada tanggal 2 Oktober 2009, sehingga pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari batik nasional dan setiap warga Indonesia wajib mengenakan kain ini.

2. Wayang
Di Indonesia ada beberapa jenis wayang yaitu wayang kulit, wayang golek, dan wayang orang. Wayang merupakan pertunjukan yang banyak mengisahkan cerita mahabarata dan telah diakui oleh UNESCO sebagai kebudayaan asli Indonesia pada tanggal 7 November 2003.

3. Reog
Kesenian Reog merupakan kesenian yang berasal dari Ponorogo, Jawa Timur dan sekarang sudah popular ke mancanegara. Kesenian ini banyak mengandung unsur magis dan mistis karena selalu diadakan ritual adat sebelum memulainya.

4. Angklung
Angklung merupakan salah satu alat musik tradisional Indonesia yang memainkannya dengan cara digoyang. Alat musik ini terbuat dari bambu dan dapat menghasilkan suara yang indah.

5. Tari Pendet
Tari Pendet merupakan tarian khas Bali. Tarian ini digunakan dalam menyambut tamu atau merupakan tarian selamat datang.

Itulah hal-hal yang membuat Indonesia terkenal di mata dunia dan juga merupakan penyumbang besar devisa negara.
0 Komentar untuk "Hal-Hal yang Membuat Indonesia Terkenal di Mata Dunia"

Back To Top