Inilah Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Air

Kucing adalah salah satu hewan peliharaan manusia yang memiliki bulu halus sangat lucu dan menggemaskan, tetapi binatang ini sangat tidak nyaman dengan kondisi basah. Selain lucu, binatang ini juga bisa menjadi gesit dan ganas ketika berusaha menangkap mangsanya yaitu tikus. Tak salah jika binatang ini dapat menjadi inspirasi sebuah film kartun yaitu Tom and Jerry.

Inilah Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Air

6 Alasan Ilmiah, Ini Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Air
Kucing selalu kabur jika melihat air dalam jumlah yang banyak. Apakah anda tahu kenapa kucing takut air? Berikut beberapa alasannya?

1. Ketidaknyamanan terhadap kondisi basah
Kucing sangat tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya yang basah, jika binatang ini dimandikan maka seluruh tubuhnya akan gemetaran karena kedinginan sehingga kucing tidak menyukai air karena membuat badannya kedinginan.

2. Air merupakan media yang mudah terserang bakteri
Kucing memiliki bulu halus, lebat, dan bersih karena binatang ini selalu menjaga kebersihannya. Kucing tidak menyukai jika bulunya dalam kondisi basah karena pada kondisi tersebut maka banyak kotoran yang membawa bakteri dengan mudah melekat pada bulu kucing, sehingga binatang ini tidak menyukai air.

3. Alasan kesehatan
Mengapa kucing benci air? Salah satu alasannya adalah pada suhu rendah makhluk hidup lebih mudah terserang berbagai jenis penyakit, hal ini juga berlaku pada kucing. Dengan menjauhi air berarti binatang ini telah mengurangi dampak resiko terkena penyakit.

4. Alasan psikologis
Sama halnya dengan manusia, ada sebagian kucing yang mengalami trauma terhadap air seperti tercebur dalam sungai atau tercebur dalam selokan yang mengakibatkan trauma sehingga mengganggu kondisi psikologis binatang tersebut.

5. Dapat mandi sendiri
Kucing merupakan hewan yang dapat mandi sendiri, tetapi cara mandi ala kucing tidak seperti manusia yang menggunakan air dalam jumlah yang cukup banyak. Kucing membersihkan atau memandikan dirinya dengan cara menjilati seluruh tubuhnya. Menurut ahli kesehatan Dr. George Maqshud, lidah kucing tidak mengandung bakteri dan kuman karena mengandung lysozyme yang berfungsi sebagai pembersih.

6. Menjaga kestabilan suhu tubuh
Kucing selalu menghindari sengatan matahari dan juga menghindari air terutama genangan air yang ada di pinggir jalan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kestabilan kehangatan suhu tubuhnya karena bakteri dan kuman dapat dengan mudah berpindah ke tubuh kucing jika suhu tubuhnya menurun.

Itulah beberapa alasan dan penyebab kucing takut air. Memelihara kucing merupakan kegiatan yang menyenangkan tetapi memelihara binatang ini tidaklah sembarangan, kita harus mengetahui bagaimana cara merawatnya dengan benar agar kucing manis kita dapat terjaga kesehatannya dan tumbuh dengan baik. Berikut beberapa cara merawat kucing yang benar:

1. Anak kucing membutuhkan jumlah nutrisi dan gizi lebih banyak dibandingkan dengan kucing dewasa. Berikan makanan 4 kali dalam sehari untuk kucing yang berusia lebih dari 4-6 minggu.

2. Berikan jenis makanan kucing yang sesuai, jangan sekali-kali memberikan makanan anjing untuk kucing karena kandungan nutrisinya berbeda.

3. Berikan jenis makanan rumah seperti nasi, ikan asin pada kucing yang telah berusia lebih dari 8-10 bulan karena baik bagi pencernaannya.

4. Jangan sering-sering memandikan kucing karena binatang ini dapat membersihkan tubuhnya sendiri dengan menjilati tubuhnya.

5. Jangan memandikan kucing dengan air panas atau hangat karena dapat menimbulkan iritasi kulit dan merusak bulunya.

6. Sikatlah bulu kucing secara teratur untuk menghilangkan bulu yang mati dan kotoran yang menempel.

7. Lakukan vaksinasi pada kucing untuk mencegah munculnya virus dan penyakit.

Itulah beberapa cara merawat kucing, dan binatang lucu ini sangat tidak nyaman dalam kondisi dingin.
0 Komentar untuk "Inilah Alasan Mengapa Kucing Takut Pada Air"

Back To Top