Negara-Negara Ini Tidak Pernah Terjajah oleh Negara Lain

Negara-negara ini tidak pernah terjajah oleh negara lain dan sungguh mengejutkan bagaimana mereka luput dari masa penjajahan yang negara lain alami, termasuk Indonesia yang telah dijajah oleh Belanda dan Jepang. Negara-negara yang akan kita bahas ini memanglah tidak pernah “disentuh” oleh negara-negara lain yang lebih berkuasa. Apakah karena negara-negara ini begitu kuatnya hingga negara lain takut atau enggan menjajah?

Negara-Negara Ini Tidak Pernah Terjajah oleh Negara Lain

Negara-negara Ini Tidak Pernah Terjajah oleh Negara Lain, Benarkah?

1. Ethiopia
Negara yang beribu kota di Addis Ababad ini merupakan negara dengan populasi terbanyak menduduki peringkat dunia di Afrika dan wilayah Ethiopia ini dijadikan salah satu tempat penelitian tertua di dunia. Kejam dan deritanya masa penjajahan tidak pernah dialami oleh negara satu ini. Pernah ada kabar bahwa bangsa Italia pernah menjajah Ethiopia di tahun 1936 hingga 1941, tapi sayangnya kebenaran sejarahnya masih dipertanyakan sebab belum ditemukan bukti detail dan baru dugaan saja.

2. Turki
Kalau bicara soal negara republik terbesar apalagi untuk wilayah Eurasia, tentu Turki adalah negara yang muncul di benak kita di mana Istanbul adalah ibu kota negara ini. Berawal dari sebuah gerakan perlawanan terhadap pemerintahan yang disebut sebagai pertempuran Manzikert, negara Turki ini pun berdiri. Setelah kekaisaran Byzantium jatuh oleh kemenangan Seljuk, bangsa Turki pun mulai pindah ke kawasan Turki. Masuk ke dalam salah satu dari beberapa negara yang tidak pernah dijajah, itu karena sejak Republik Turki Modern didirikan di 1923 hingga saat ini penjajahan oleh negara lain tidak pernah terjadi.

3. Arab Saudi
Nabi Muhammad lahir di Arab Saudi di mana Riyadh adalah ibu kota negara ini dan dari situlah Islam mulai berkembang di dunia. Sistem kerajaan diterapkan oleh negara Arab Saudi untuk menjalankan pemerintahannya dan tidak salah lagi, negara ini merupakan sumber minyak. Para umat Islam pun mengunjungi Arab Saudi yang tidak pernah dijajah negara lainnya ini untuk menunaikan ibadah haji.

4. Thailand
Banyak orang bertanya-tanya “kenapa negara Thailand tidak pernah dijajah oleh negara lain?” karena ternyata dari semua negara di Asia Tenggara, hanya Thailand-lah yang tidak pernah merasakan dijajah negara manapun. Ini sebab-sebab yang diketahui:

- Dulu, Thailand merupakan negara miskin dan tentu bisa jadi alasan tepat untuk penjajah tidak merasa tertarik untuk menjajah, apalagi kalau tahu tanahnya pun tidak subur.

- Negeri Gajah Putih ini adalah kawasan perbatasan dari negara-negara di Asia Tenggara yang pernah dikuasai oleh para negara penjajah.

- Sedari dulu, Raja Thailand ternyata sudah sangat terbuka terhadap negara-negara lain dan anak-anak Thailand pun sudah sejak dulu dikirim ke luar negeri untuk bersekolah di sana, maka dari itu di zaman itu sudah banyak penduduk Thailand yang berpendidikan cukup tinggi.

5. Denmark
Adakah negara yang tidak pernah dijajah bangsa asing? Negara dengan ibu kota Kopenhagen ini memiliki sistem pemerintahan yang dinamakan Monarki Konstitusional dan Parlementer. Jika pernah dengar NATO dan OECD, keduanya didirikan oleh negara Denmark yang sudah tergabung menjadi salah satu anggota OSCE. Tidak ada yang menyangka bahwa Denmark yang terpencil dan kecil ini belum pernah dijajah oleh negara lain.

Bila dalam sejarah disebutkan yang sudah pernah dijajah adalah hampir semua negara, tapi kelima negara ini malah ternyata termasuk di dalam negara-negara yang tidak pernah “disentuh” oleh bangsa lain. Ya, negara-negara ini tidak pernah terjajah oleh negara lain dan kita sudah lihat beberapa alasan dan buktinya juga sehingga bisa disimpulkan bahwa mereka negara yang kuat.
1 Komentar untuk "Negara-Negara Ini Tidak Pernah Terjajah oleh Negara Lain"

Back To Top