Inilah Penyebab Tumbuhnya Kumis Pada Wanita

Pada tubuh manusia ada bagian-bagian tertentu ditumbuhi rambut, salah satunya adalah kumis. Tapi, pada umumnya kumis hanya tumbuh pada laki-laki saja dan hanya 10% dari wanita yang tumbuh kumisnya. Rupanya penyebab kumis yang tumbuh pada wanita dikarenakan adanya gangguan medis.

Dua Penyebab Kumis yang Tumbuh Pada Wanita
Menurut para ahli, tumbuhnya kumis pada wanita bukanlah perkara yang normal dan hal ini dinamakan hirtutism yaitu adanya ketidakseimbangan hormon pada tubuh manusia. Lalu apa penyebab wanita berkumis? Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan wanita kumisan, antara lain adalah:

Inilah Penyebab Tumbuhnya Kumis Pada Wanita

1. Kelebihan hormon endrogen
Hormon endrogen adalah hormon yang terdapat dalam tubuh manusia baik laki-laki maupun wanita . Tetapi di dalam tubuh laki-laki lebih banyak menghasilkan kadar hormon ini yaitu perbandingannya adalah 1:10 sehingga wanita diperbolehkan maksimal menghasilkan 10% dari kadar hormone endrogen pada laki-laki. Pada laki-laki, hormon ini diproduksi di testis dan anak ginjal, sedangkan pada wanita hanya di produksi di anak ginjal saja. Hormon endrogen pada wanita berfungsi sebagai pembentuk estrogen, berperan dalam menghambat pengeroposan tulang, meningkatkan gairah, dan dapat menyeimbangkan perasaan. Jika seorang wanita kelebihan hormon ini maka akan tumbuh beberapa hal yang tidak lazim pada wanita seperti tumbuhnya kumis.

2. Adanya gangguan kesehatan
Menurut para ahli kesehatan, timbulnya kumis pada wanita bisa disebabkan adanya tumor pada indung telur, tumor pada kelenjar anak ginjal, Polistic Ovarian Syndrome, atau Congenital Adrenal Hyperplasia. Untuk mengetahui kepastian penyebabnya maka harus dilakukan pemeriksaan yang lebih dalam. Jika timbulnya kumis wanita itu semenjak masih muda maka diperkirakan gangguan kesehatan yang menyebabkan hal itu tidaklah berat, tetapi jika tumbuhnya kumis pada usia tua maka ada kemungkinan gangguan kesehatan yan dialaminya agak berat.

Itulah beberapa informasi tentang penyebab tumbuhnya kumis pada wanita yang selalu meresahkan mereka karena rasa tidak pede mempunyai kumis seperti laki-laki. Ada beberapa cara untuk menghilangkan kumis pada wanita, diantaranya adalah:

1. Diet atau menjaga pola makan
Diet sehat sangat berguna untuk mengatur keseimbangan hormon endrogen dalam tubuh. Selain itu kegiatan ini juga dapat mengatasi berat badan tidak ideal sehingga kita dapat mempunyai tubuh yang sehat dan ideal.

2. Metode electrolisys
Cara menghilangkan kumis tipis pada wanita menggunakan metode yang canggih yaitu dengan metode electrolisys. Metode ini digunakan untuk menghilangkan kumis tipis pada wanita secara permanen. Metode ini hampir mirip dengan metode laser yang sering digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan fleks hitam pada wajah secara total.

3. Memakai masker lemon
Lemon mengandung zat yang mampu menghentikan folikel sehingga dapat menghambat pertumbuhan kumis, selain itu masker ini juga sangat berguna untuk mencerahkan kulit wajah.

4. Menggunakan masker madu
Madu memang sudah dikenal sejak lama karena khasiatnya. Kandungan zat yang terdapat dalam madu mampu menghambat pertumbuhan kumis, selain itu madu juga bermanfaat untuk meremajakan kulit wajah.

5. Memakai masker kunyit
Untuk menghilangkan kumis pada wanita bisa dengan menggunakan masker kunyit. Cara membuatnya sangat mudah yaitu haluskan kunyit terlebih dahulu kemudian campurkan dengan susu sehingga diperoleh adonan masker kunyit susu. Oleskan masker ini pada bagian wajah yang ditumbuhi kumis dan biarkan mongering lalu gosoklah perlahan seperti scrub sehingga kumis pada wajah anda akan sedikit menipis. Gunakan masker ini secara teratur seminggu sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Inilah beberapa informasi penyebab kumis yang tumbuh pada wanita dan cara mudah untuk mengatasinya yang dapat anda praktekkan dirumah.
0 Komentar untuk "Inilah Penyebab Tumbuhnya Kumis Pada Wanita"

Back To Top