Sisi Gelap yang Mengerikan dari Boneka Barbie

Setelah mendengar kata “Barbie” tentu yang ada di benak kita adalah sesosok boneka cantik dengan sisi yang lucu dan menarik, tapi ada sisi gelap yang mengerikan dari boneka Barbie yang telah diungkap oleh seorang fotografer bernama Mariel Clayton. Sisi gelap yang dimaksud tentu adalah sisi jahat dari si Barbie ini meski karakter Barbie identik dengan sosok yang menawan, cantik, dan ideal meski boneka ini diciptakan mungil. Boneka yang digemari tidak hanya anak-anak tapi juga wanita dewasa ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 1959, tapi bagaimana bisa menjadi boneka dengan sisi jahat?

Sisi Gelap yang Mengerikan dari Boneka Barbie

Sisi Gelap yang Mengerikan dari Boneka Barbie oleh Seorang Fotografer

Sejarah Pembuatan Barbie
Kecantikan dan pesona boneka Barbie yang luar biasa sanggup memengaruhi banyak orang untuk tampil cantik dan bahkan rela mengubah bagian tubuhnya demi seperti Barbie. Ruth Handler pun pernah menjelaskan bahwa konsep bonekanya adalah 3D dengan tubuh ukuran remaja dan memang terinspirasi dari sebuah boneka bernama Lilli dari Jerman yang bentuknya benar-benar cantik di mana rambut ekor kuda, anting-anting dan sepatu indah menghiasi tubuh boneka yang dibuat dari plastic keras tersebut. Tinggi boneka Jerman ini diketahui hanya 11 ½ inci dan 7 inci dan perancangannya diambil dari Bild, sebuah karakter kartun di Jerman yang sangat terkenal.

Sisi gelap boneka Barbie tentu tidaklah terbayangkan oleh banyak orang karena boneka gadis cantik dan muda setinggi 11 ½ inci dengan kaki panjang ini begitu cantik dan hampir tidak ada cacatnya. Busana-busana yang dikenakan boneka ini pun sangat menarik dan indah. Perancang busana Charlotte Johnson adalah yang dipercaya oleh Ruth Handler untuk membuatkan busana bagi boneka produksinya tersebut. Akhirnya, paten pun diperoleh di sekitar tahun 1958-1959. Setelah itu, tidak perlu ditanya lagi betapa populernya boneka ini. Tidak hanya anak-anak yang menggemarinya, bahkan banyak wanita dewasa yang menyukai sosok boneka dengan tubuh ideal ini.

Sisi gelap boneka Barbie yang mengerikan sama sekali tidak nampak kalau kita melihatnya sekilas dan bahkan sedari dulu tidak ada yang menyatakan tentang betapa buruknya sisi lain dari boneka imut ini. Berbagai modifikasi telah dialami oleh Barbie sejak diluncurkan pertama kali. Kerennya, sudah sekitar 80 peran yang dijalani Barbie, seperti profesi astronot, pemadam kebakaran, dan dokter. Barbie pun akhirnya punya pacar di tahun 1961 yang kita kenal baik bernama Ken; setelah itu, boneka-boneka cantik lainnya pun bermunculan yang memiliki peran sebagai teman-teman Barbie, seperti Midge di tahun 1963, Allan yang adalah sahabat Ken di tahun 1964-1965, Christie dan Skipper di tahun 1965, boneka-boneka cantik dengan etnis Afrika-Amerika di tahun 1968, Kelly yang merupakan adik Barbie di tahun 1995, dan Share a Smile Becky yang adalah penyandang cacat di tahun 1997.

Sisi Jahat Barbie Menurut Mariel Clayton
Sisi jahat Barbie dijelajahi oleh seorang fotografer bernama Mariel Clayton dan alasan yang dikemukakan tentang mengapa ia melakukan hal tersebut adalah karena Clayton tidak menyukai Barbie dan stereotip yang dibawa boneka ini akan wanita “ideal”. Pada dasarnya, Clayton tidak terima bahwa banyak perempuan masa kini justru memilih boneka ini untuk dimainkan. Dikatakannya pula bahwa kita tidak akan bisa menjadi Barbie tanpa kecerdasan minim, 27 kali operasi plastic dan selaut peroksida.

Ditambahkannya bahwa ada hati yang gelap dibalik senyum Barbie di mana ia mengintai dan kemudian menusuk mangsanya secara licik, sama seperti apa yang ada di kehidupan nyata. Namun, banyak juga yang tidak terpengaruh akan sisi gelap Barbie ini karena banyak yang beranggapan bahwa itu adalah sisi gelap imajinasi si fotografer dan bukan sisi gelap yang mengerikan dari boneka Barbie itu sendiri.
0 Komentar untuk "Sisi Gelap yang Mengerikan dari Boneka Barbie"

Back To Top