Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Manusia

Dilihat dari berbagai sudut pandang manapun juga, teknologi nuklir adalah salah satu penemuan yang berperan penting didalam sejarah umat manusia, walaupun bahaya radiasi nuklir bagi manusia bukanlah sebuah rahasia lagi. Teknologi nuklir dapat dikatakan sebagai sebuah teknologi yang mempunyai potensi luar biasa dalam mengembangkan taraf hidup manusia di seluruh penjuru dunia, tetapi hal itu hanya dapat dilakukan bila teknologi tersebut dapat dikontrol secara bebas dan 100%. Sayangnya walaupun potensi dari teknologi nuklir sangat baik, resiko dari penggunaan teknologi tersebut juga mempunyai akibat yang sangat mengerikan dan contohnya sudah banyak terdapat dalam sejarah.

Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Manusia

Ketahui Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Manusia
Radiasi nuklir dapat terjadi disebabkan oleh berbagai macam hal, salah satu yang paling utama dan 100% akan menyebabkan kerusakan adalah penggunaan bom dan peledak berbahan bakar nuklir, kebanyakan Negara yang menggunakan teknologi nuklir untuk pembangunan sumber daya energi juga beresiko menghasilkan kebocoran radiasi yang dapat mempengaruhi lingkungan sekitarnya. Satu hal yang sayangnya banyak dilupakan oleh orang-orang yang memanfaatkan teknologi ini demi untuk menambah pasokan energi bagi rakyatnya adalah bencana alam. Bencana alam terjadi secara alami dan tidak dapat diduga, sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir dapat saja terkena dampak bencana alam dan berakibat kebocoran radiasi nuklir, dan ketika hal itu terjadi maka banyak orang yang akan menjadi korban dari bahaya radiasi nuklir bagi kesehatan.

Kerusakan yang terjadi pada inti reaktor nuklir ataupun ledakan bom nuklir adalah mimpi buruk bagi seluruh umat manusia, efek radiasi terhadap manusia dipengaruhi dari berbagai macam faktor, pertama adalah jenis dari radiasi. Ada dua jenis radiasi, yaitu:

- Radiasi eksternal yang berarti radiasi tersebut berasal dari luar tubuh manusia yang bersangkutan.

- Radiasi internal yang berarti  radiasi yang terjadi setelah radiasi tersebut berada didalam tubuh manusia; bisa saja berasal dari luka ataupun terhirup dan masuk dari saluran pernapasan.

Jarak dari inti radiasi nuklir dan lamanya kontak manusia yang bersangkutan dengan inti radiasi nuklir juga berpengaruh besar terhadap parah atau tidaknya efek yang akan diakibatkan oleh radiasi nuklir tersebut, ada tidaknya penghalang dan hambatan antara orang dengan inti radiasi juga masuk didalam perhitungan ini.

Efek Radiasi Nuklir Bagi Tubuh Manusia
Tahukah anda apa saja efek nuklir yang mengerikan pada mahluk hidup? Efek radiasi nuklir ada berbagai macam, yang paling umum ialah efek jangka pendek dan efek jangka panjang:

- Efek jangka pendek dari radiasi nuklir terjadi beberapa saat setelah orang terkena radiasi nuklir, orang yang terkena paparan radiasi tersebut akan mengalami berbagai gangguan kesehatan seperti mual, muntah, diare, pusing kepala, lemah letih lesu, ketidak mampuan menentukan arah, gangguan pada pembuluh darah, mempengaruhi sistem imunitas tubuh sehingga menyebabkan  ketidak mampuan tubuh untuk menyembuhkan luka dan penyakit, muntah dan buang air besar yang mengandung darah dan juga kebotakan.

- Efek jangka panjang radiasi nuklir jauh lebih mengerikan, yang paling utama dan ditakutkan adalah kanker, terpapar oleh radiasi nuklir tingkat tinggi dalam waktu yang lama juga menyebabkan kematian.

Bahaya radiasi nuklir bagi manusia yang lain dan sangat ditakutkan adalah bila seorang yang sedang hamil terkena paparan radiasi nuklir maka anak yang dilahirkan tinggi kemungkinannya akan lahir tidak secara sempurna, cacat fisik dan mental bukanlah hal yang jarang terjadi dalam kasus seperti ini.
0 Komentar untuk "Bahaya Radiasi Nuklir Bagi Manusia"

Back To Top