Mengapa Manusia Berhenti Tumbuh di Usia 20 Tahun?

Pada saat kita dilahirkan, kita hanya berukuran 10 cm sampai 20 cm, dan dalam beberapa bulan badan kita akan tumbuh sangat cepat hingga dapat mencapai 70 cm. Tetapi mengapa manusia berhenti tumbuh di usia 20 tahun? Hidup manusia lebih panjang dari itu dan umur 20 tahun juga tidak dapat dianggap sebagai puncak dari kehidupan manusia. Tentunya ada hal-hal yang mempengaruhi pertumbuhan manusia dan hal tersebut berhenti berfungsi ketika manusia menginjak umur 20 tahun. Tetapi apakah hal itu benar? Dan apakah tidak ada cara untuk menambah tinggi badan setelah itu?

Mengapa Manusia Berhenti Tumbuh di Usia 20 Tahun?

Penyebab Mengapa Manusia Berhenti Tumbuh di Usia 20
Ternyata rahasia tinggi badan dan pertumbuhan manusia terdapat pada sebuah sistem pada tubuh manusia, sistem ini mengatur bagaimana sebuah kumpulan kelenjar-kelenjar bekerja, kelenjar-kelenjar inilah yang menghasilkan zat yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya badan manusia. Kelenjar-kelenjar itu dinamakan endokrin dan kelenjar-kelenjar tersebut terdapat di berbagai bagian tubuh manusia. Pada saat manusia baru dilahirkan, kelenjar-kelenjar ini berukuran lebih besar kalau dibandingkan dengan kelenjar-kelenjar bersangkutan, tetapi dimiliki orang yang sudah menginjak usia dewasa. Karena itulah ketika manusia masih berusia muda, kelenjar-kelenjar itu mampu menghasilkan lebih dari 100 hormon pertumbuhan yang jauh lebih banyak sehingga mengakibatkan pertumbuhan yang lebih cepat. 

Sistem endokrin dalam tubuh manusia adalah:
- Kelenjar timus. Kelenjar ini terdapat di bagian dada manusia, berukuran sangat besar ketika manusia masih bayi.

- Kelenjar tiroid. Sebuah kelenjar yang terdapat dibagian leher manusia.

- Kelenjar hipofisis. Yang satu ini ada dibagian belakang otak dan di dekat hidung manusia.

- Kelenjar pineal. Kelenjar ini ada dibagian bawah otak manusia.

- Kelenjar para parathyroid. Sebuah sistem kelenjar yang terdiri dari 4 buah kelenjar, terdapat di bagian belakang kelenjar tiroid.

- Kelenjar pankreas. Ternyata kelenjar pankreas juga berfungsi untuk menghasilkan hormon yang mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya badan manusia, terdapat dibagian sekitar lambung.

- Kelenjar adrenal. Kelenjar adrenal terdapat di bagian atas ginjal manusia, karena itu manusia mempunyai 2 buah kelenjar adrenal.

- Sebuah kelenjar yang terdapat dibagian kelamin manusia, pria dan wanita.

Di usia berapa manusia berhenti tumbuh? Pada dasarnya kelenjar-kelenjar yang disebut diatas masih bekerja walaupun kita tumbuh dewasa, bedanya hanya satu, semakin badan kita tumbuh besar maka semakin kecil pula ukuran kelenjar-kelenjar yang disebut. Bagian kelamin manusia adalah pengecualian dalam hal ini. Pada saat manusia masih kecil, kelenjar-kelenjar tersebut ukurannya sangat besar sehingga mampu mengeluarkan lebih banyak hormon-hormon yang membantu pertumbuhan. Tetapi setelah manusia telah berkembang dan dewasa secara sek*ual, maka kelenjar-kelenjar tersebut akan mengecil dan tidak mampu menghasilkan banyak hormon pertumbuhan sehingga manusia seolah berhenti tumbuh.

Tips Menambah Tinggi Badan
Untuk anda yang sudah dewasa, tidak banyak hal yang bisa dilakukan untuk menambah tinggi badan anda, tetapi ketika anda dalam masa pertumbuhan, ada banyak cara-cara ampuh untuk mempengaruhi kerja kelenjar-kelenjar endokrin dan menambah tinggi badan secara alami. Berikut adalah tips cara menambah tinggi badan:

• Olah raga adalah kiat terbaik untuk menambah tinggi badan, olah raga ringan seperti lari, bersepeda, berenang dan melompat dapat mempengaruhi tumbuh dan berkembangnya manusia, olah raga basket sangat dianjurkan bagi yang ingin mempunyai tubuh tinggi.

• Makanan yang bergizi juga sangat penting, makanan yang mengandung vitamin D, kalsium, vitamin A dan protein adalah makanan-makanan yang dapat membantu perkembangan badan.

Sayangnya, tips diatas tidak akan berpengaruh banyak akan mengapa manusia berhenti tumbuh  di usia 20 karena itu sudah hukum alam.
0 Komentar untuk "Mengapa Manusia Berhenti Tumbuh di Usia 20 Tahun?"

Back To Top