Penyebab Lupa Mendadak Saat Berjalan Menuju Ruang Sebelah

Penyebab lupa mendadak saat berjalan menuju ruang sebelah masih menjadi pertanyaan bagi banyak orang. Setiap orang pasti pernah mengalami hal ini di mana ketika ia berjalan ke ruang yang lain hendak melakukan sesuatu atau memberi tahu seseorang, tiba-tiba saja ia lupa akan apa yang hendak dilakukan atau dikatakan. Kejadian ini bisa terjadi di rumah, di kantor atau di manapun. Tapi hal ini bukan berarti lalu orang tersebut sudah pikun. Fenomena ini sungguh menarik untuk diteliti dan untuk itulah akan ada jawaban ilmiah yang bisa ditemukan di sini untuk menjawab rasa penasaran kita semua.

Penyebab Lupa Mendadak Saat Berjalan Menuju Ruang Sebelah

Disebutkan bahwa fenomena lupa mendadak akan apa tujuan kita ketika mengunjungi ruangan lain adalah dikarenakan otak kita yang mencoba untuk mengenali suasana ruangan yang baru kita masuki. Fenomena semacam ini pasti pernah dialami setiap orang entah di manapun itu, tapi kemungkinan paling sering terjadi di rumah, misalnya seseorang yang berjalan tujuannya ke dapur untuk mengambil salah satu alat dapur namun kemudian lupa mau ambil apa dan malah akhirnya mengambil makanan yang ada di meja makan atau kulkas. Sering terjadi dan dialami banyak orang, tapi tidak bisa juga dikatakan bahwa seseorang itu sudah pikun.

Sebab dari lupa mendadak bukanlah menandakan bahwa orang tersebut sudah pikun. Tidak hanya orang tua saja yang sering mengalami hal ini, bahkan anak muda pun pasti pernah. Setelah kembali ke tempat semula, segala sesuatu yang hendak dilakukan tadi tiba-tiba muncul lagi di benak kita dan tentu seseorang yang mengalami fenomena ini tiba-tiba bisa merasa konyol. Bermaksud mau mengambil barang tertentu dari ruang sebelah, tapi malah mengambil barang lain di luar tujuan, dan saat kembali ke ruang sebelumnya bisa secara otomatis tersadar. Hal seperti ini bisa membuat kita geli sendiri dan tidak perlu khawatir karena ini tidaklah berbahaya.

Diketahui bahwa penyebab orang lupa mendadak waktu berjalan ke ruang lain adalah otak yang mencoba mengenali suasana baru dan fenomena ini juga ada namanya, yaitu location updating effect yang disebutkan oleh seorang psikolog bernama Prof. Gabriel Radvansky dari University of Notre Dame. Itu istilah lain dari efek pengenalan lokasi baru dan hal tersebut terjadi secara natural di mana kita pindah ke ruangan lain dan otak butuh untuk mengenali lingkungan dan suasana baru ruangan tersebut. Tidak ada yang berbahaya dari fenomena ini serta tidak ada hubunganya dengan kepikunan karena ini berarti hanya kerja otak kita yang selama ini kurang dipahami.

Orang lupa dadakan saat jalan ke ruang sebelah itu wajar karena kita memakai otak untuk mengingat dan memori otak pun tergunakan waktu mencoba kenal dengan lingkungan baru. Dikutip dari Medicalnewstoday beberapa tahun lalu, Prof. Radvansky mengungkapkan bahwa pembatas daya ingat seseorang bisa dari keluar masuk melalui sebuah pintu sehingga serangkaian kegiatan di ruang sebelumnya kita berada bakal dipisahkan untuk disimpan sementara. Fenomena ini sudah diteliti oleh Prof. Radvansky dengan melakukan eksperimen di mana sejumlah mahasiswa diminta berpartisipasi.

Pada eksperimen yang dilakukan oleh Prof. Radvansky, ditarik kesimpulan bahwa mahasiswa yang pindah ke ruangan lainnya ternyata memiliki daya ingat yang agak lebih buruk daripada mahasiswa yang cuma berada di dalam satu ruang saja. Penyebab lupa mendadak saat berjalan menuju ruang sebelah sudah diketahui sekarang dan hal itu ternyata berkaitan dengan cara kerja otak kita mencoba mengenali suasana baru ruangan yang kita masuki.
0 Komentar untuk "Penyebab Lupa Mendadak Saat Berjalan Menuju Ruang Sebelah"

Back To Top