14 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kesalahan

Kesalahan merupakan hal yang wajar dilakukan oleh setiap orang tetapi ada pelajaran yang bisa diambil dari kesalahan yang telah kita lakukan dan bahkan hal itu merupakan pelajaran terbaik yang tidak pernah kita dapatkan dibangku sekolah.

14 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kesalahan

Daftar 14 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kesalahan
Menurut kamus arti kesalahan adalah ketidaktepatan tindakan yang dilakukan oleh seseorang karena minimnya informasi sehingga dapat membawa dampak negatif. Tetapi dengan adanya kesalahan tersebut seseorang mampu belajar dari kesalahan di masa lalu sehingga dapat menghindari kesalahan yang sama di masa yang akan datang. Berikut 14 pelajaran yang dapat diambil dari kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan orang pada umumnya: 

1. Mengontrol pengeluaran untuk belanja.
Setiap orang mempunyai sifat konsumtif untuk memenuhi kebutuhannya tetapi sifat konsumtif yang berlebihan dapat merugikan manajemen keuangan. Mulailah mendaftar barang belanja primer bulanan seperti bahan pangan dan kurangilah daftar belanja barang pribadi yang kurang perlu seperti tas mahal.

2. Secara rutin melakukan kegiatan olahraga.
Olahraga merupakan kegiatan yang dapat mengaktifkan seluruh anggota tubuh sehingga menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar, selain itu olahraga juga dapat membakar lemak dalam tubuh yang memicu berbagai serangan penyakit mematikan dan obesitas.

3. Merencanakan keuangan dengan tepat.
Pelajaran yang bisa kita petik dari setiap kesalahan selanjutnya adalah merencanakan keuangan. Rencana keungan harus dilakukan untuk mengontrol pergerakan uang yang kita miliki. Usahakan menabung untuk investasi masa depan dengan membeli barang yang memiliki nilai jual yang tinggi setiap tahunnya seperti tanah atau rumah.

4. Mengurangi konsumsi makanan siap saji.
Makanan siap saji memang sangat membantu bagi orang yang sibuk dan malas, tetapi mengkonsumsi makanan ini dalam waktu yang lama dapat menimbun lemak dalam tubuh dan memicu timbulnya penyakit mematikan.

5. Mengurangi rokok.
Bagi perokok aktif kegiatan ini sangat membantu dalam mengatasi stress tetapi merokok dapat menimbulkan berbagai penyakit yang berbahaya bagi tubuh seperti penyakit paru-paru karena mengandung nikotin. Selain itu kegiatan ini juga dapat menguras keuangan karena harga rokok semakin meningkat.

6. Menyiapkan dana pensiun, asuransi, dan tabungan.
Seseorang tidak akan bekerja selama hidupnya, oleh karena itu setiap orang wajib untuk menyiapkan dana pensiun, asuransi, dan tabungan untuk hari tua kelak saat tubuh tidak produktif untuk bekerja.

7. Tidak mengeluh dan menghindari pekerjaan yang sulit.
14 pelajaran yang bisa diambil dari kesalahan lainnya adalah tidak mengeluh. Melakukan pekerjaan sulit diluar kemampuan seseorang memang membuat beban pikiran dan stress tetapi hal itu merupakan proses pembelajaran agar seseorang dapat menjadi lebih baik lagi bahkan profesional.

8. Luangkan waktu untuk mengejar impian.
Sesibuk apapun kita luangkanlah sedikit waktu untuk mengejar impian meskipun impian itu sulit dan membutuhkan waktu yang lama untuk mewujudkannya.

9. Hadapi semua masalah yang bikin stress.
Semua masalah yang membuat stress sekarang tidak akan berpengaruh pada kehidupan 5 tahun mendatang atau bahkan 15 tahun mendatang, yang terpenting adalah adanya keluarga dan sahabat yang selalu mendukung hal-hal positif.

10. Habiskan waktu lebih banyak dengan anak.
Seorang anak mengalami pertumbuhan yang sangat cepat sehingga sebagai orang tua seharusnya tidak membuang moment-moment penting pertumbuhan anak sendiri.

11. Fokus pada realita.
Kehidupan manusia memang seperti drama tetapi seseorang harus lebih fokus dengan realita yang ada.

12. Menghindari minuman beralkohol.
Minuman alkohol merupakan racun bagi tubuh manusia dan dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit yang menimbulkan kematian.

13. Tidak pernah menyesali kesalahan.
Tidak pernah menyesali kesalahan yang telah dilakukan dimasa lalu tetapi berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

14. Berani jujur.
Berani jujur untuk mengakui kesalahan yang telah diperbuat dapat mengurangi rasa stress akibat kesalahan tersebut.

Itulah pelajaran yang bisa diambil dari kesalahan yang telah dilakukan oleh mayoritas orang didunia ini yang dapat menjadi inspirasi bagi pembaca.
0 Komentar untuk "14 Pelajaran yang Bisa Diambil Dari Kesalahan"

Back To Top