Ternyata Lari Membuat Orang Menjadi Pintar

Lari merupakan salah satu olah raga yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang karena jenis olah raga ini sangat efektif dan dapat dilakukan oleh semua orang, selain menyehatkan ternyata lari membuat orang menjadi pintar. Benarkah itu? namun yang jelas olah raga lari dapat menjadikan tubuh menjadi sehat dan bugar, selain itu juga dapat membakar lemak dalam tubuh sehingga tidak perlu khawatir dengan masalah kelebihan berat badan.

Ternyata Lari Membuat Orang Menjadi Pintar

Ternyata Lari Membuat Orang Menjadi Pintar, Inilah Alasannya
Olah raga lari sekarang ini banyak digandrungi oleh masyarakat luas karena selain praktis olah raga ini juga dapat dilakukan bersama pasangan mereka sehingga dapat meningkatkan kualiats hubungan mereka. Lari yang sering dijadikan alternatif olah raga adalah lari dalam skala ringan yaitu lari-lari keliling komplek rumah karena selain menyehatkan ternyata lari keliling komplek dapat meningkatkan jumlah pertemanan kita.

Ada beberapa penelitian yang menganalisis tentang hubungan lari dengan kerja otak seseorang. Penelitian itu dilakukan oleh para peneliti dari laboratorium ternama, berikut beberapa penelitian yang menghasilkan kesimpulan bahwa lari ternyata bikin orang tambah pintar:

1. Penelitian yang dilakukan oleh UCLA
Awalnya penelitian hubungan lari dengan otak dilakukan pada seekor tikus. Para peneliti dari UCLA ini mengamati gamma rhythms yaitu gelombang otak yang berfokus pada proses dalam belajar. Pengamatan itu dilakukan dengan membandingkan hasil gelombang gamma rhythms dengan aktivitas yang dilakukan oleh tikus tersebut. Hasil dari penelitian tersebut menyebutkan bahwa gelombang gamma rhythms mengalami kenaikan yang signifikan pada saat tikus berlari, sehingga secara garis besar dapat ditarik kesimpulan bahwa berlari dapat meningkatkan kecerdasan otak tikus tersebut. Hasil penelitian ini telah dipublikasikan dalam media PLoS ONE.

Para peneliti ini juga menyatakan bahwa perilaku ini juga dapat berlaku pada manusia, sehingga dapat dikatakan bahwa berlari dapat meningkatkan gamma rhythms pada otak manusia dan menjadikan seseorang bertambah pintar. Inilah Cara mudah menjadi pintar, lari ringan seperti jogging.

Namun penelitian ini masih membutuhkan penelitian lanjutan untuk memperkuat hasil analisis penelitian tersebut terhadap manusia.

2. Penelitian yang dilakukan di Neurobiology of Memory and Learning
Pada tahun 2007 telah dilakukan penelitian dan study di Neurobiology of Memory and Learning. Study tersebut yaitu meneliti dan mengamati hubungan antara aktivitas yang telah dilakukan dengan kerja otak seseorang. Penelitian tersebut dilakukan dengan beberapa sampel orang yang melakukan aktivitas atau berolah raga. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa orang yang melakukan olah raga dapat mempelajari dan menghafal kosa kata 20% lebih cepat dari pada orang yang tidak melakukan olah raga.

Selain itu, ternyata berolah raga yaitu lari dapat memperbaiki memori otak manusia yang mengalami depresi, sehingga hal ini dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan otak seseorang.

Itulah beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa olahraga lari ternyata bikin orang jadi tambah pintar. Banyak para ahli kesehatan yang berharap bahwa aktivitas berlari nantinya dapat membantu mengobati pasien yang menderita Alzeimer yaitu penyakit yang dapat menurunkan fungsi otak. Diharapkan dengan berlari dapat meningkatkan kemampuan otak dalam bidang kognitif pasien ini.

Para ahli juga menyatakan bahwa melakukan olah raga seperti jogging selama 5 sampai 30 menit dapat meningkatkan kemampuan otak seseorang, dengan kata lain melakukan olah raga seperti jogging dapat membuat seseorang menjadi lebih pintar dari pada seseorang yang tidak melakukannya.

Itulah beberapa informasi seputar efek berolah raga yaitu lari terhadap kemampuan otak seseorang dan ternyata lari membuat orang menjadi pintar, untuk itu mulailah untuk berlari secara rutin.
0 Komentar untuk "Ternyata Lari Membuat Orang Menjadi Pintar"

Back To Top