Inilah Kebiasaan Menyenangkan Namun Mematikan

Setiap orang memiliki kebiasaan yang susah untuk ditinggalkan seperti merokok dan inilah kebiasaan menyenangkan namun mematikan yang sering dilakukan oleh mayoritas orang. Alasan utama dari ketidaksanggupan dalam meninggalkan kebiasaan-kebiasaan tersebut adalah faktor kesenangan, kegembiraan, dan kenyamanan masing-masing individu.

Inilah Kebiasaan Menyenangkan Namun Mematikan

Inilah Kebiasaan Menyenangkan Namun Mematikan (10 Kebiasaan)
Banyak kebiasaan yang telah dilakukan oleh masyarakat, kebiasaan tersebut dapat berdampak positif bahkan ada yang membawa dampak negatif bagi pelakunya. Berikut 10 kebiasaan hal yang tampaknya menyenangkan namun mematikan:

1. Merokok dan minum minuman beralkohol.
Para pengguna rokok menyatakan bahwa dirinya merasa lebih baik dan berkurang rasa stress setelah menghisap rokok padahal didalam rokok mengandung bahan yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh seperti nikotin. Begitu juga dengan mengkonsumsi minuman keras mampu mengganggu kerja hati dalam tubuh. Ada penelitian yang menyatakan bahwa orang yang merokok dan minum minuman beralkohol memiliki usia 10-15 tahun kurang dari orang yang tidak mengkonsumsinya.

2. Trauma di masa anak-anak.
Trauma bisa terjadi kepada siapa saja, hal ini bisa disebabkan oleh kepanikan yang berlebihan karena sesuatu atau karena kecelakaan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa trauma yang terjadi pada seseorang di masa kecilnya maka hidupnya rata-rata 20 tahun kurang dari orang normal yang tidak memiliki trauma dimasa kecil.

3. Terlalu banyak duduk.
Kebiasaan menyenangkan pemicu penyakit selanjutnya adalah terlalu banyak duduk. Pada zaman sekarang ini banyak orang yang melakukan kebiasaan ini karena tuntutan pekerjaan seperti kerja kantoran yang mengharuskan seseorang untuk duduk sepanjang hari. Duduk terlalu banyak dapat mengurangi sirkulasi dan kekebalan tubuh karena tubuh tidak aktif bergerak. Sebuah penelitian menyatakan bahwa duduk terlalu lama dapat meningkatkan resiko kamatian seseorang sebesar 30%.

4. Penyakit diabetes.
Diabetes merupakan penyakit yang dapat diturunkan. Penyakit ini dapat mengakibatkan terserangnya penyakit kanker dan jantung. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang terserang diabetes memiliki masa hidup 6 tahun kurang dari orang yang normal tidak mengidap diabetes.

5. Polusi udara.
Polusi udara dapat disebabkan oleh asap kendaraan bermotor. Polusi ini banyak terjadi dikota-kota besar yang memiliki jumlah penduduk yang sangat padat. Sebuah penelitian yang telah dilakukan oleh komite audit lingkungan Inggris menyatakan bahwa seseorang yang mengalami polusi memiliki masa hidup 10 tahun kurang dari orang yang terhindar dari polusi.

6. Putus sekolah.
Putus sekolah dapat disebabkan oleh beberapa faktor terutama faktor ekonomi yang lemah. Pemerintah telah mencanangkan wajib belajar 9 tahun, tetapi menurut penelitian seseorang yang memiliki tingkat pendidikan kurang dari 12 tahun maka memiliki masa hidup 7 tahun kurang dari orang yang memiliki tingkat pendidikan 12 tahun atau lebih.

7. Obesitas atau terlalu gemuk.
Obesitas adalah kebiasaan tak sehat pemicu penyakit. Orang yang terlalu gemuk beresiko terserang berbagai penyakit mematikan seperti jantung. Suatu penelitian telah menyatakan bahwa orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan memiliki masa hidup 3 tahun kurang dari orang yang normal.

8. Kebanyakan nonton TV.
Menonton televisi merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan dan menyita banyak waktu. Terlalu banyak menonton TV membuat tubuh tidak aktif bergerak sehingga sangat beresiko terserang berbagai penyakit mematikan. Ada penelitian yang menyatakan bahwa orang yang kebanyakan menonton TV 80% kemungkinannya untuk meninggal.

9. Mengkonsumsi daging merah.
Orang yang mengkonsumsi daging merah kemungkinan terserang penyakit jantung adalah 50% yang dapat mengakibatkan kematian.

10. Kurang tidur.
Manusia dianjurkan untuk tidur selama 8 jam dalam sehari. Sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang tidur kurang dari 8 jam memiliki masa usia 3 tahun kurang dari orang yang cukup tidur yaitu 8 jam sehari.

Inilah kebiasaan menyenangkan namun mematikan yang sering dilakukan oleh kebanyakan masyarakat dan sulit untuk ditinggalkan.
0 Komentar untuk "Inilah Kebiasaan Menyenangkan Namun Mematikan"

Back To Top