Ini Dia 5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

Bagi para ibu rumah tangga ketika mendekati hari raya adalah hari yang paling sibuk karena di saat itu pasti seorang ibu rumah tangga ingin kelihatan rumahnya terlihat bersih dan rapi dan yang paling penting ketika Lebaran pasti identik dengan makanan khasnya. Dan anda pastinya sudah tahu karena rasanya yang sangat khas dan yang membuatnya lebih khas makanan tersebut hanya ada ketika lebaran saja. Dan Berikut ini yang akan kita bahas adalah 5 Makanan Khas Lebaran Di Indonesia:

Ini Dia 5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia

1. Ketupat
Makanan khas yang paling utama ketika lebaran yaitu Ketupat yang sebenarnya merupakan hidangan khas di Asia Tenggara Maritim. Sehingga selain di Indonesia, ketupat juga bisa kita dapatkan di negara Asia Tenggara lain yaitu Malaysia, Filipina, Singapura dan Brunei Darusalam. Dan di kabarkan ketupat ternyata ada filosofinya tersendiri .

Filosofi tersebut yaitu anyaman daun dari daun kelapa yang rumit dan saling tumpang tindih sehingga dianggap mencerminkan perjalanan kehidupan seseorang. Yaitu perjalanan kita akan selalu diselingi atau tumpang tindih oleh kesulitan dan masalah. Selain itu juga ada tali yang tidak akan putus pada anyaman ketupat yang menggambarkan tali tersebut yaitu pentingnya silaturahmi.

2. Rendang
Rendang merupakan makanan asli Indonesia dari Sumatra Barat dan hingga sekarang makanan khas indonesia ini sudah terkenal ke seluruh dunia. Dan kenyataannya CNN International pada tahun 2011 telah menobatkan makanan rendang tersebut sebagai makanan terlezat di dunia. Yang biasanya rendang terbuat dari potongan daging sapi atau kerbau yang dimasak bersama santan kental yang kaya akan kandungan bumbu rempahnya.

3. Opor Ayam
Ada ketupat pasti ada? tentu ada Opor Ayam. Opor ayam memang pasangan yang paling cocok dengan ketupat. Yang membuat makanan Opor ayam ini menjadi khas yaitu karena Daging ayam yang direbus dengan santan lalu dicampurkan dengan rempah-rempah khas Indonesia. Dan ini juga menjadi sebuah menu andalan yang tidak pernah ketinggalan ketika lebaran.

4. Kue Nastar
Yang membuat lebaran ini menjadi lebih khas dengan makanannya yaitu Kue Nastarnya. Kue kering adalah menu utama untuk cemilan lebaran atau bisa membuat cemilan tersebut menjadi makanan yang paling enak ketika berkumpul bersama keluarga. Kue kering khas seperti Nastar yang berisi selai nanas yang enak ini menjadi kue kering yang paling diminati dan dicari ketika hari raya Idul Fitri.

5. Sambal Goreng Hati Kentang
Makanan khas terakhir yaitu Sambal Goreng Hati Kentang yang merupakan makanan yang pasti kita jumpai di saat hari raya Idul Fitri ini. Yang membuat makanan ini menjadi sangat spesial di hari lebaran adalah karena Potongan kentang yang imut berbentuk dadu yang diolah dengan berbagai rempah pilihan ini dicampur dengan hati sapi, ampela, dan pete yang membuat makanan tersebut susah untuk di lupakan. Apalagi Cita rasa sambal goreng kentang yang pedas dan warnanya yang menarik pastinya akan menggugah selera makan kita.
0 Komentar untuk "Ini Dia 5 Makanan Khas Lebaran di Indonesia"

Back To Top