Inilah Bukti Kuatnya Kekuatan Militer Indonesia Dulu

Indonesia merupakan negara yang cukup diperhitungkan karena memiliki kekuatan militer yang kuat, namun ternyata kuatnya kekuatan militer Indonesia dulu jauh melebihi kekuatan militer sekarang ini. Hal ini dapat dilihat dari keberhasilan kekuatan militer dalam memerdekakan Indonesia pada saat itu. Meskipun dulu militer Indonesia perlengkapan tempur yang kurang memadai, namun mereka telah sukses mengusir para penjajah di negeri ini.

Inilah Bukti Kuatnya Kekuatan Militer Indonesia Dulu

Inilah Kuatnya Kekuatan Militer Indonesia Dulu
Sejarah telah mencatat bahwa pada masa Soekarno memimpin negara Indonesia yaitu pada tahun 1960-an, negara ini disegani oleh beberapa negara tetangga karena memiliki kekuatan militer yang sangat kuat. Kuatnya kekuatan militer Indonesia karena mendapat dukungan dari Uni Soviet. Dukungan itu berupa pasokan senjata dan perlengkapan tempur seperti tank, kapal, dan pesawat tempur. Dimasa itu kekuatan militer bangsa ini tidak dapat disandingkan dengan kekuatan militer Belanda yang memiliki kekuatan militer jauh di bawah Indonesia. Negara Amerika pun juga merasa khawatir dan bahkan merasa terancam dengan adanya kekuatan besar militer Indonesia.

Berikut bukti kuatnya kekuatan militer Indonesia dulu masa Presiden Sukarno masih memimpin negara ini:

1. Militer Indonesia mendapat armada terkuat dari Soviet ketika Trikora
Trikora adalah maklumat yang dikeluarkan oleh Presiden Sukarno untuk merebut kembali wilayah Papua dari tangan Belanda. Maklumat yang dikeluarkan di Jogjakarta ini berisi 3 hal yaitu menggagalkan terbentuknya negara boneka oleh Belanda, mengibarkan bendera merah putih di wilayah Irian barat, dan mempersiapkan untuk mobilisasi umum yaitu mempertahankan kemerdekaan dan persatuan Indonesia.

Dalam peristiwa ini, Indonesia memperoleh bantuan kekuatan militer dari Soviet berupa kapal perang tercepat didunia kelas Sverdlov yang dilengkapi dengan meriam berkaliber 6 inchi yang berjumlah sebanyak 12 meriam. Soviet memberikan bantuan tersebut karena keduanya memiliki hubungan yang sangat dekat. Kalau Indonesia diserang saat ini, siapkah TNI?

2. Indonesia memiliki armada militer udara sangat canggih pada saat itu
Militer udara Indonesia dilengkapi dengan 100 lebih armada yang sangat canggih pada saat itu, beberapa armada udara tersebut adalah:

- MiG-21 Fishbed
MiG-21 Fishbed adalah pesawat pemburu tercanggih di dunia dan merupakan pesawat supersonic. Negara Amerika pun belum memiliki jenis pesawat ini ketika itu. Pesawat tersebut mampu terbang dengan kecepatan hingga Mach 2. Jumlah pesawat ini pada saat itu adalah sebanyak 20.

- MiG-15
MiG-15 merupakan jenis pesawat tempur tercanggih ketika itu dan Indonesia telah memiliki sebanyak 30.

- MiG-17
MiG-17 merupakan pesawat tempur tercanggih yang memiliki kekuatan high-subsonic dan ketika itu Indonesia telah memiliki pesawat jenis ini sebanyak 49 unit.

- MiG-19
MiG-19 merupakan jenis pesawat supersonic dan Indonesia ketika itu telah memiliki sebanyak 10. 

Pesawat-pesawat tempur tersebut telah digunakan dalam pertempuran Vietnam dan kedahsyatan pesawat tersebut telah mendorong Amerika untuk melakukan pelatihan kepada tentara militer udaranya. Itulah alasan kuatnya kekuatan militer Negara Indonesia.

3. Indonesia memiliki kekuatan armada laut yang sangat tangguh
Armada laut Indonesia ketika itu dilengkapi dengan kapal-kapal yang sangat canggih, diantaranya adalah:

- Kapal selam sekelas Whiskey sebanyak 12 kapal
- Kapal tempur sekelas Corvette yang berjumlah puluhan
- Kapal tempur yang berjumlah mencapai 104 unit

Selain itu Indonesia ketika itu juga memiliki ribuan senapan tercanggih dan hingga sekarang masih melegenda, Indonesia juga memiliki helikopter terbesar di dunia yaitu MI-6 sebanyak 9 unit, MI-4 sebanyak 41 unit, dan berbagai pesawat pengangkut salah satunya adalah Antonov An-12B. 

Dengan adanya kekuatan militer tersebut dapat menjadikan Indonesia menjadi negara yang memiliki kekuatan militer laut, udara, dan darat terkuat didunia. Itulah beberapa informasi tentang alasan kuatnya kekuatan militer Indonesia dulu pada masa pemerintahan Presiden Sukarno.
2 Komentar untuk "Inilah Bukti Kuatnya Kekuatan Militer Indonesia Dulu"

Itu cm ms lalu,skrang bangsa in tdk lebih sbg jongos2 bangsa barat

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kita senang jadi bangsa jongos, perhatikan saja klo sebenarnya peninggalan sejarah kita sebagai bangsa yg punya peradapan tinggi, sekarang kita berkiblat ke hedonis budaya barat, klo budaya intelektualnya bagus, sedang agama dulu para ulama terbaik timur tengah berhijrah untuk ngajarin islam kelas tinggi yaitu intisari islam, sekarang malah banyak generasi muda kita belajar dan pingin belajar ke islam sampah timur tengah, padahal kita tahu para leluhurnya yg terbaik sudah kehabisan karena merantau mengajarkan islam ke nusantara

Back To Top