Inilah 10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Unik di Mata Dunia

Setiap orang memiliki kebiasaan yang susah untuk ditinggalkan, baik itu kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk dan ternyata ada kebiasaan orang Indonesia yang unik di mata dunia dan bahkan telah menjadi daya tarik tersendiri bagi orang Indonesia. Apa saja kebiasaan unik tersebut? Apakah anda termasuk pelaku kebiasaan ini?

Inilah 10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Unik di Mata Dunia

Inilah 10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Unik di Mata Dunia
Beda negara beda juga kebiasaannya. Hal ini juga berlaku pada orang Indonesia, mereka memiliki kebiasaan yang khas dan bisa dibilang unik. Berikut adalah kebiasaan unik orang Indonesia di mata dunia:

1. Makan menggunakan tangan
Banyak diantara orang Indonesia terbiasa makan dengan tangan tanpa menggunakan sendok atau garpu. Cara makan dengan menggunakan tangan orang Indonesia berbeda dengan cara yang dilakukan oleh orang Amerika yang hanya mencelupkan ujung tachos ke saus dengan tangan. Cara orang Indonesia yaitu dengan membenamkan sebagian jari-jari ke makanan kemudian mencengkeram makanan tersebut dengan jari-jari tersebut. Melihat hal ini banyak orang barat yang merasa jijik karena kurang higienis.

2. Kepo
Setiap bertemu dengan orang Indonesia mereka akan menanyakan nama, alamat, pekerjaan, keperluan, dll. Sedangkan jika bertemu dengan orang bule mereka akan berkata ‘Hello… what can I do for you?’ (Apa yang dapat saya bantu?). Sehingga orang bule menganggap orang Indonesia selalu ingin tahu atau kepo dan bahkan seperti menginterogasi.

3. Tidak tepat waktu
Tidak tepat waktu merupakan kebiasaan yang telah dimiliki oleh hampir seluruh penduduk Indonesia, mereka bisa molor hingga satu jam dari waktu yang telah dijanjikan. Sedangkan orang bule adalah orang yang sangat menghargai waktu sehingga mereka sangat frustasi jika membahas jadwal dengan orang Indonesia.

4. Tidak membuang sampah pada tempatnya
10 kebiasaan orang Indonesia yang unik di mata dunia selanjutnya adalah membuang sampah sembarangan. Banyak slogan yang ada di tempat-tempat untuk membuang sampah pada tempatnya, namun nampaknya slogan itu hanyalah slogan yang tidak berarti apa-apa karena masih banyak diantara orang Indonesia yang membuang sampah sembarangan.

5. Merokok di sembarang tempat
Pemandangan orang sedang merokok di tempat-tempat umum bukanlah hal yang langka di Indonesia padahal ditempat tersebut sudah ada larangan untuk tidak merokok namun mereka tidak memperdulikannya.

6. Makan tangan kanan
Orang Indonesia sangat menjunjung tinggi nilai-nilai penghormatan, salah satunya adalah menggunakan tangan kanan. Segala sesuatu yang dilakukan dengan tangan kanan seperti berjabat tangan adalah sesuatu yang bernilai penghormatan yang positif sedangkan jika dilakukan dengan menggunakan tangan kiri bisa bermakna negatif.

7. Belum makan jika belum makan nasi
Orang Indonesia kebiasaan mengkonsumsi nasi sebagai makanan utama mereka. Jadi tak heran jika mereka mengaku belum makan kalau belum makan nasi padahal mereka sudah makan beberapa makanan seperti mie dan roti yang mengenyangkan juga.

8. Cara bersalaman dengan wanita Indonesia
Bersalaman dengan wanita Indonesia umumnya hanya dengan menempelkan ujung tangan saja, sedangkan dalam budaya barat mereka bersalaman dengan wanita harus dengan hangat dan memegangnya dengan erat. Inilah kebiasaan orang Indonesia menurut mata dunia unik dan agak aneh.

9. Menggunakan bahasa plesetan
Banyak diantara orang Indonesia menggunakan bahasa plesetan atau lebih dikenal dengan bahasa gaul. Bahasa ini telah menyebar luas di masyarakat sehingga banyak orang bule yang kebingungan dengan bahasa ini karena mereka hanya mempelajari bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan standarnya.

10. Doyan belanja
Mayoritas orang Indonesia memiliki sifat konsumtif yang tinggi apalagi jika melihat banyak diskon yang ditawarkan oleh beberapa produk barang untuk menarik perhatian pembeli.

Itulah beberapa informasi tentang 10 kebiasaan orang Indonesia yang unik di mata dunia dan kebiasaan ini masih tumbuh subur di negara ini.   
5 Komentar untuk "Inilah 10 Kebiasaan Orang Indonesia yang Unik di Mata Dunia"

Wah ini blogger bagus banget gan, update terus setiap hari. Lanjutkan gann. Lumayan bisa nambah ilmu

Rasanya di tiap negara punya khas bahasa gaul (slang) sendiri, gak cuma di indonesia. Makan pake tangan juga bukan khas Indonesia aja, ingat budaya kita terbentuk karena pengaruh budaya asing jaman penjajahan ditambah ajaran agama. IMHO ya, biar gak keliru :)

Dan yang terpenting orang indonesia tuh baik2, tamvan dan pemberani :'v misal anaknya bapak gua :v

gaya hidup orang indo itu startegis,, antara bangsa china dan barat .. 😁😁

Back To Top