Ingatlah, Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya

Ada Satu hal yang dapat memotivasi anda untuk terus berusaha mendapatkan kesembuhan, yaitu adanya perlindungan dan pertolongan dari Allah SWT. Seluruh penyakit yang menimpa seorang hambanya pasti bisa di sembuhkan atau di obati. Karena sudah dijelaskan oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lewat sabdanya bahwa:

Ingatlah, Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya

“Tidaklah Allah menurunkan suatu penyakit, melainkan akan menurunkan juga obat untuk penyakit tersebut ” (H.R. Bukhari)

Dalam hadits tersebut menunjukkan bahwa seluruh jenis penyakit dapat diobati. yang mana dapat digunakan untuk menyembuhkan, mencegah, ataupun untuk meringankan penyakit tersebut. Dan di Hadits ini juga berisi dorongan untuk mempelajari cara pengobatan penyakit-penyakit yang tidak dapat di obati sebagaimana kita mempelajari obat untuk penyakit-penyakit hati. Karena Allah SWT telah menjelaskan dalam Al-Qur’an untuk umatnya bahwa seluruh jenis penyakit memiliki obat, sehingga anda harus berusaha untuk mempelajari dan kemudian mempraktikkannya.

Dan Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam juga menjelaskan bahwa:
“ Untuk setiap penyakit pasti ada obatnya. Apabila obat tersebut sesuai dengan penyakitnya, penyakit tersebut akan sembuh dengan seizin Allah SWT ” (H.R. Muslim).

Dari maksud hadits di atas ialah, Ketika seseorang diberi obat yang sesuai dengan penyakit yang di derita orang tersebut, dan waktunya tersebut sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh Allah SWT, maka dengan seizin Allah SWT orang sakit tersebut akan sembuh total. Dan Allah SWT akan mengajarkan pengobatan untuk mengobati penyakit-penyakit yang bisa disembuhkan kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Sebagaimana juga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda bahwa
“ Sesungguhnya Allah itu tidak menurunkan penyakit kecuali menurunkan pula obatnya. Ada yang tahu, dan ada juga yang tidak kamu tahu “ (H.R. Ahmad, shahih)

Ungkapan Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam, “Untuk setiap penyakit pasti ada obatnya...” untuk memberikan kekuatan jiwa kepada orang sakit serta dokter yang akan selalu merawat orang sakit tersebut. Dan juga memberikan dorongan yang besar untuk mencari obat dan mempelajari penyakit yang di derita orang tersebut. Karena, kalau orang sakit meyakini bahwa ada obat yang sangat sesuai dan dapat menyembuhkan penyakitnya, maka terbukalah pintu harapan baginya dan menghapuskan keputus asaan dari dalam dirinya sendiri. Ketika semangat seperti ini sudah meningkat, maka daya tahan tubuh yang mendukung tubuhnya juga akan meningkat sehingga mampu mengatasi, bahkan menolak penyakit. Demikian juga bagi si dokter sendiri, kalau ia sudah meyakini bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya, maka ia juga terus mencari obat dari suatu penyakit dan akan terus mempelajari dan melakukan penelitian terhadap penyakit tersebut.

Berdasarkan penjelasan Rasulullah SAW dalam hadits di atas, maka ketika sampai saat ini tidak ada obat yang bisa menyembuhkan suatu penyakit, bukan berarti penyakit tersebut tidak dapat di sembuhkan. Akan tetapi, melainkan hal tersebut terjadi karena ilmu pengetahuan manusia yang belum mampu untuk menemukan dan mendaptkan obat dari penyakit tersebut. Karena memang demikianlah keterbatasan ilmu yang dimiliki manusia, secanggih apapun ilmu kedokteran modern saat ini, hal itu sangat amat kecil dibandingkan dengan ilmu Allah SWT yang sangat luas dan meliputi segala sesuatu. Allah SWT berfirman,

“ Dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit ” (Al Isra’:85).
0 Komentar untuk "Ingatlah, Setiap Penyakit Pasti Ada Obatnya"

Back To Top