Inilah Ancaman Perubahan Iklim Dunia yang Semakin Parah

Iklim dunia saat ini mengalami perubahan yang sangat drastis dan ancaman perubahan iklim dunia yang semakin parah sudah kita rasakan saat ini seperti sering terjadinya bencana besar di beberapa negara dan semakin tingginya suhu udara lingkungan.

5 Ancaman Perubahan Iklim Dunia yang Semakin Parah
Terjadinya perubahan iklim di dunia disebabkan oleh global warming atau pemanasan secara global. Hal ini dikarenakan oleh perilaku manusia yang tidak bersahabat dengan lingkungan seperti menebang hutan secara liar, penggunaan bahan kimia secara berlebihan, dll. Alasan iklim dunia berubah adalah terjadinya global warming yang disebabkan oleh:

Inilah Ancaman Perubahan Iklim Dunia yang Semakin Parah

1. Polusi karbondioksida yang berasal dari pembangkit listrik bahan bakar fosil.
Amerika Serikat merupakan salah satu negara penyumbang terbesar dalam polusi udara yaitu sekitar 40% yang berasal dari pembangkit listrik bahan bakar fosil. Kebutuhan listrik saat ini sangat meningkat tajam apalagi kebutuhan di kota-kota besar dunia sehingga hal ini dapat meningkatkan produksi gas karbondioksida. 

2. Polusi karbondioksida yang berasal dari asap kendaraan bermotor.
Mayoritas penduduk dunia saat ini mengalami ketergantungan dengan kendaraan bermotor seperti mobil dan sepeda motor sebagai alat transportasi utama. Dari pengamatan yang telah dilakukan ditemukan bahwa hampir semua penduduk di dunia memiliki kendaraan pribadi terutama mereka yang tinggal di daerah perkotaan. Asap yang berasal dari pembakaran bensin dalam kendaraan bermotor dapat menghasilkan gas karbondioksida. Bisa diperhitungkan berapa banyak gas karbondioksida yang keluar setiap harinya jika semua penduduk dunia menggunakan kendaraan bermotor.

3. Produksi gas metana yang berasal dari peternakan dan pertanian.
Gas metana merupakan gas yang dapat membawa dampak rumah kaca sehingga gas ini juga dapat mengakibatkan pemanasan global. Gas ini dihasilkan dari bahan organik yang telah dipecah oleh bakteri karena kurangnya oksigen, hal ini biasa terjadi pada pertanian. Dan gas metana juga dapat dihasilkan dari usus hewan ternak, sehingga meningkatnya jumlah ternak didunia dapat meningkatkan jumlah gas metana. 

4. Penebangan pohon secara liar.
penebangan pohon yang tidak dibarengi dengan aturan yang benar dapat mengakibatkan kerusakan hutan sehingga mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen dalam udara. Selain itu jumlah karbondioksida dalam udara akan semakin bertambah karena tidak adanya tumbuhan yang dapat menyerap gas tersebut untuk kebutuhan fotosintesis.

5. Penggunaan pupuk kimia pada pertanian
Untuk memperoleh hasil pertanian yang bagus diperlukan pupuk kimia dalam jumlah yang sudah ditentukan. Tetapi penggunaan pupuk kimia secara berlebihan dapat mencemari lingkungan karena dalam pupuk tersebut mengandung nitrogenoksida yang lebih berbahaya dari karbondioksida. 

Itulah beberapa penyebab terjadinya global warming sehingga mengkibatkan perubahan iklim dunia dengan sangat pesat. Adanya perubahan iklim ini membawa dampak buruk bagi kehidupan dunia. Berikut akibat perubahan iklim dunia yang telah terjadi:

1. Terjadinya kenaikan permukaan laut diseluruh dunia yang disebabkan oleh mencairnya lapisan es di Antartika dan Greenland.

2. Banyak terjadinya topan badai yang banyak memakan korban jiwa.

3. Terjadinya gagal panen secara besar-besaran karena kekeringan dan buruknya cuaca.

4. Banyak spesies yang mengalami kepunahan.

5. Terumbu karang mengalami kepunahan karena meningkatnya suhu dan kadar asam air laut.

Perubahan iklim dunia mengancam kelangsungan kehidupan makhluk hidup didunia. Sehingga dibutuhkan solusi untuk mengatasinya. Berikut cara mengatasi perubahan iklim yang disebabkan oleh global warming:

1. Melakukan tebang pilih dan reboisasi
2. Menggunakan kendaraan umum dan kurangi menggunakan kendaraan pribadi
3. Menggunakan bahan bakar yang ramah lingkungan
4. Menggunakan lampu hemat energi dan mematikannya disiang hari
5. Menanam pohon dipekarangan rumah

Itulah beberapa informasi tentang pemanasan global yang mengakibatkan perubahan iklim dan ancaman perubahan iklim dunia yang semakin parah telah dirasakan saat ini.
0 Komentar untuk "Inilah Ancaman Perubahan Iklim Dunia yang Semakin Parah"

Back To Top