7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Bagi para pecandu rokok, mendengar kata berhenti merokok terkadang adalah suatu hal mustahil untuk dilakukan. Ini dikarenakan banyak dari para perokok yang mengatakan bahwa merokok adalah suatu kebiasaan bahkan adalah suatu kebutuhan bagi mereka. Jika diibaratkan orang makan nasi, maka merokok pun juga sama halnya dengan menyantap nasi yang dimakan sehari-hari sebagai sebuah kebutuhan. Bahkan yang lebih parahnya lagi, jika sudah menjadi pecandu berat, maka banyak dari mereka yang lebih memilih rokok daripada nasi sebagai kebutuhannya.

7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok

Berhenti untuk merokok memang sebuah hal yang tidak mudah, namun jika ada niat bukan mustahil bisa dilakukan. Sebenarnya ada cara cepat untuk berhenti merokok. Oleh karena itu pikiran seseorang yang mengatakan bahwa berhenti merokok itu sulit perlu untuk segera dihilangkan. Bagaimana cara dan tips bagi anda yang sudah sangat ingin sekali menghentikan kebiasaan rokok anda selama ini?Berikut 7 cara menghentikan kebiasaan merokok:

1. Lakukan terapi nikotin
Pada saat Anda berhenti merokok, pasti anda merasa frustrasi, depresi, gelisah atau marah. Namun dengan terapi nikotin bisa bantu mengatasi masalah tersebut. Studi menunjukkan permen karet nikotin dan lozenges dapat membantu melipatgandakan peluang Anda untuk berhenti merokok. Namun langkah ini harus dilakukan secara intensif. Tetapi hati-hati, penggunaan produk seperti ini sangat dilarang apabila dilakukan sambil merokok.

2. Jangan anggap sepele atau gampang
Mungkin menurut anda berhenti merokok terdengarnya sangat mudah dilakukan. Menurut anda kita hanya perlu membuag rokok yang telah dibeli dan menahan diri untuk tidak membelinya lagi. Namun hal tersebut tidak semudah yang anda kira, karena kebiasan tersebut sangatlah susah di hentikan. Sebanyak sembilan puluh persen orang yang ingin mencoba untuk berhenti tanpa melakukan terapi atau pengobatan, dan akhirnya malah kembali merokok. Alasannya ialah ketergantungan yang diakibatkan oleh nikotin yang membuat otak menjadi terbiasa dengan nikotin dan serasa ingin menghisap rokok tiap saat, Jadi jangan aggap sepele.

3. Tahu alasan berhenti merokok
Apabila Anda ingin berhenti dari kebiasaan menghisap rokok, hal utama Anda harus tahu alasannya. Jadi apakah itu di sebabkan karena dampak buruk yang di timbulkan oleh rokok dan tidak ingin cepata tua atau ingin terlihat muda atau karena ingin melindungi keluarga anda dari asap rokok. Jadi pilih alasan yang sangat kuat agar anda bisa mengalahkan kebiasaan merokok tersebut. 

4. Meminum Obat
Untuk soal obat anda bisa tanya kepada dokter yang sudah berpengalaman untuk mengatasi kecanduan nikotin tanpa mengkonsumsi produk yang mengandung nikotin. Tanya pada dokter tersebut obat seperti apa yang boleh di konsumsi. Dengan menkonsumsi obat yang dapat bantu mengurangi rasa candu dan dapat mengurangi zat kimia dalam otak. Karena obat itu juga akan membantu anda menjadi puas walau hanya menghisap sedikit rokok saja. Ada juga beberapa obat lainnya yang dapat mengurangi gejala nikotin tesebut, seperti obat yang dapat menghilangkan depresi dan ketidakmampuan berkonsentrasi.

5. Minta bantu kepada orang terdekat yang tidak merokok
Minta bantuan ke pada teman adalah hal yang paling tepat untuk dapat berhenti merokok,kita dapat meminta bantuan tesebut ke pada keluarga, teman dan kerabat kerja bahwa Anda sedang berusaha untuk berhenti merokok. Dan Bergabung dengan orang-orang yang tidak merokok karena dengan cara tersebut anda dengan cepat untuk tidak merokok lagi. Dorongan mereka tentu memberikan peluang besar bagi Anda untuk segera menghentikan kebiasaan buruk tersebut.

6. Jauhi atau hindari alkohol
Dengan menjauhi minuman-minuman beralkohol anda dapat mengurangi kebiasan anda merokok. Karena alkohol merupakan salah satu pemicu yang dapat membuat anda merokok kembali, jadi upayakanlah untuk menguranginya. Kopi juga dapat membuat anda ingin merokok kembali, maka beralilah dengan cara meminum teh.

7. Kontrol stres dengan benar
Ini salah satu alasan mengapa orang merokok, ialah karena nikotin yang kita konsumsi bisa membantu seseorang untuk lebih rileks. Setelah berhenti merokok, oleh karena itu anda harus menemukan cara lain untuk menghentikan stres, misalnya dengan pergi ke tempat pijat atau mendengarkan musik yang dapat membuat anda rileks. 
0 Komentar untuk "7 Cara Menghilangkan Kebiasaan Merokok"

Back To Top