Ternyata Botol Plastik Bekas Air Mineral Tidak Boleh Diisi Ulang

Banyak orang belum tahu bahwa ternyata botol plastik bekas air mineral tidak boleh diisi ulang yang padahal sudah ada pemberitahuannya di botol itu sendiri. Banyak dari kita yang karena malas membeli lagi entah karena mahal atau repot, maka kita menggunakan botol yang sama namun airnya adalah air minum isi ulang. Hanya sayangnya, botol air minum yang terbuat dari plastik itu sebenarnya untuk sekali pakai saja dan isi ulang pada dasarnya tidaklah diperbolehkan seperti peringatan yang tertera di bagian bawah botol jika kita mencermatinya.

Ternyata Botol Plastik Bekas Air Mineral Tidak Boleh Diisi Ulang

Ternyata Botol Plastik Bekas Air Mineral Tidak Boleh Diisi Ulang, Kenali Kode Peringatannya
Seperti yang telah disebutkan bahwa ada kode peringatan akan tidak bolehnya mengisi ulang botol air minum plastik karena botol-botol ini didesain hanya untuk sekali pakai saja. Karena banyak yang tidak tahu, maka kali ini kita akan mengenal logo atau angka yang merupakan kode pada label botol minum tersebut. Jangan isi ulang botol plastik bekas air mineral apalagi kalau sudah tahu akan label-label ini.

1. Polyethylene terephthalate atau PET atau PETE yaitu segitiga yang memiliki angka 1 di dalamnya terdapat pada botol-botol plastik yang tembus pandang alias air mineral kemasan yang sering kita pakai dan bisa dibeli di mana-mana. Bolehnya dipakai hanya sekali dan tidak disarankan untuk menggunakannya sebagai penyimpan air panas atau hangat.

2. High density polyethylene atau HDPE juga perlu diperhatikan sebagai bagian dari waspada bahaya kemasan botol plastik. Di dalam segitiga ada angka dua dan biasanya terdapat pada botol susu dengan warna putih susu dan sama seperti botol mineral plastik transparan yang sebelumnnya, botol ini boleh dipakai sekali saja.

3. Polyvinyl chloride atau PVC atau V adalah berupa segitiga yang di dalamnya ada angka 3. Ini dia plastik yang tidak mudah untuk didaur ulang dan biasanya kalian bisa menemukannya di cling wrap atau plastik pembungkus serta botol lainnya. Plastik ini memiliki kandungan DEHA dari PVC yang bisa bocor dan bahkan merasuk ke makanan panas nan berminyak yang dapat membahayakan berat badan, hati dan ginjal.

4. Low density polyethylene atau LDPE adalah kode dalam kemasan plastik lainnya di mana segitiga mengandung angka 4 dan biasanya untuk penggunaan tempat botol-botol lembek dan tempat makanan. Kode ini menandakan bahwa bahan plastik satu ini sangat kuat untuk barang-barang yang fleksibel maka sangat baik untuk digunakan sebagai tempat makanan.

5. Polypropylene atau PP adalah kode segitiga dengan angka 5 di dalamnya dan ini merupakan bahan plastik terbaik apalagi untuk tempat penyimpanan air atau makanan. Karakteristik dari botol ini adalah tembus pandang tapi tida terlalu berawan atau jernih.

6. Polystyrene atau PS adalah kode segitiga dengan angka 6 di dalamnya dan ini ada di dalam bahan-bahan yang kita kenal sebagai tempat makan Styrofoam serta tempat minum yang hanya digunakan sekali, dan masih banyak lagi. Bahan styrene dapat dibocorkan oleh bahan Polystyrene saat makanannya bersentuhan; diketahui bahwa untuk sistem syaraf dan otak, Styrin sangat berbahaya.

7. Polycarbonate merupakan kode segitiga di mana ada angka 7 di dalamnya dan biasanya ada di botol minum olahraga atau tempat-tempat makanan. Bisphenol-A adalah bahan utama yang dikeluarkan oleh Polycarbonate ke dalam makanan dan minuman untuk perusakan sistem hormon.

Untuk wadah air minum dalam jangka lama, lebih baik cari botol minum yang memang untuk tujuan tersebut dan bukannya botol air mineral plastik yang kemudian diisi ulang berkali-kali. Ternyata botol plastik bekas air mineral tidak boleh diisi ulang dan semoga setelah ini kita menjadi lebih berhati-hati dalam memakai botol-botol plastik dengan melihat kodenya lebih dulu.
1 Komentar untuk "Ternyata Botol Plastik Bekas Air Mineral Tidak Boleh Diisi Ulang"

Back To Top