10 Cara Instan Meringankan Rasa Sakit Pada Tubuh

Kelelahan karena kesibukan bekerja, melakukan olahraga berat, dan cidera dapat menimbulkan rasa sakit pada tubuh. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena ada cara instan meringankan rasa sakit pada tubuh yang dapat dilakukan dirumah. Menurut ilmu kesehatan rasa sakit pada tubuh terjadi karena adanya peradangan atau penyakit kronis yang membahayakan tubuh. Butuh berbagai macam cara untuk meringankan rasa sakit tersebut tanpa perlu mengkonsumsi obat-obatan.

10 Cara Instan Meringankan Rasa Sakit Pada Tubuh

Inilah 10 Cara Instan Meringankan Rasa Sakit Pada Tubuh
Ada beberapa cara meringankan rasa sakit yang dapat dicoba dirumah, tetapi tidak semua cara atau metode ini cocok bagi semua pasien karena setiap pasien memiliki jenis keluhan yang berbeda-beda. Berikut cara untuk meringankan rasa sakit pada tubuh:

1. Melakukan relaksasi.
Relaksasi merupakan salah satu cara yang sering digunakan untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit karena dengan melakukan kegiatan ini tubuh dan pikiran menjadi sehat dan fresh. Relaksasi dapat mengurangi ketegangan otot sehingga mampu meringankan rasa sakit pada tubuh. Kegiatan ini dapat dilakukan dengan yang paling sederhana yaitu dengan menghirup udara secara perlahan dan dalam-dalam kemudian hembuskan kembali. Mudah, bukan?

2. Berendam dengan menggunakan air yang mengandung garam magnesium.
Tubuh yang kekurangan garam magnesium akan mengalami kontraksi otot sehingga menimbulkan rasa sakit. Kekurangan garam ini disebabkan oleh seringnya mengkonsumsi makanan olahan. Untuk mengatasi masalah ini dapat dengan berendam dengan air yang telah dicampur dengan 2 gelas garam epson selama 12 menit dalam 3 atau 4 kali dalam seminggu.

3. Mengoleskan gel topikal pada bagian tubuh yang sakit.
Gel topikal dapat mendinginkan pusat sensor nyeri sehingga dapat mengirim sinyal ke otak untuk merasa lebih baik. Hal ini berdampak pada redanya rasa sakit pada tubuh dan bahkan dapat meredakan nyeri otot.

4. Mendengarkan musik favorit.
Cara cepat mengatasi rasa sakit pada tubuh selanjutnya adalah mendengarkan musik. Kegiatan ini dapat mengalihkan fokus pikiran dari rasa sakit pada tubuh beralih ke fokus kesenangan, kegembiraan, kedamaian, dan ketenangan sehingga dapat meredakan rasa sakit.

5. Melakukan latihan fisik secara teratur.
Latihan fisik yang dapat dilakukan diantaranya adalah yoga, Tai chi, dan berjalan-jalan. Meringankan rasa sakit dapat dilakukan hanya dengan melakukan peregangan sekitar 10 sampai 15 detik setiap hari secara teratur.

6. Melakukan pengalihan perhatian.
Pengalihan perhatian untuk meringankan rasa sakit memang sudah banyak dilakukan oleh sebagian besar orang dan kegiatan ini terbukti mampu mengatasi hal tersebut. Pengalihan perhatian yang dapat digunakan yaitu mendengarkan radio, menonton televisi, dan menonton komedi.

7. Melakukan akupresur.
Tips meringankan rasa sakit pada tubuh yang ke-7 adalah akupresur. Metode ini dapat dilakukan dengan menekan dengan keras titik pusat pemicu rasa sakit selama 45 detik sehingga seperti sedang dipijat. Jika daerah yang sakit sulit untuk dijangkau seperti punggung maka bisa menggunakan bola-bola tenis yaitu dengan berbaring dan meletakkan bola tersebut didekat pusat rasa sakit kemudian berguling-gulinglah selama 1 sampai 5 menit sehingga bola tersebut menekan pada pusat rasa sakit. 

8. Mengompres bagian tubuh yang sakit dengan air dingin atau hangat.
Mengompres dapat meringankan rasa sakit pada tubuh karena dapat mengendorkan otot-otot yang tegang penyebab rasa sakit.

9. Melakukan meditasi.
Bermeditasi mampu menentramkan pikiran sehingga fokus rasa akan berkurang karena adanya ketentraman dalam pikiran. 

10. Menghirup bau aroma khas buah apel hijau.
Apel hijau memiliki aroma yang sangat khas dan dapat membantu mengurangi kontraksi otot penyebab rasa sakit. 

Itulah ke-10 cara instan meringankan rasa sakit pada tubuh tanpa perlu mengkonsumsi obat dan cara ini sangat mudah untuk dilakukan dirumah, selamat mencoba!
0 Komentar untuk "10 Cara Instan Meringankan Rasa Sakit Pada Tubuh"

Back To Top