Inilah 7 Hal yang Lebih Dosa Daripada Dosa


Sudah tahukah Anda, ternyata inilah 7 hal yang lebih dosa daripada dosa. Dosa kecil sendiri sudah menjauhkan kita dari Allah SWT, begitupun halnya dengan dosa besar. Lalu bagaimana dengan dosa yang lebih berat daripada dosa? Dosa ini akan semakin menarik kita ke arah iblis dan melupakan Allah SWT. Jangan sampai kita melakukannya atau berniat melakukannya.

Inilah 7 Hal yang Lebih Dosa Daripada Dosa

Catat 7 Hal yang Lebih Dosa Daripada Dosa Berikut:

1. Merasa aman dari Allah saat atau setelah berbuat dosa
Ternyata salah satu dari sekian banyak perbuatan inilah hal yang lebih degil daripada dosa: merasa aman dari Sang Pencipta ketika kita sedang atau selesai berbuat dosa. Tentu kita semua tahu bahwa Allah senantiasa menjaga, melihat, dan mengawasi kita. Itu jugalah salah satu alasan mengapa kita bisa merasa aman dari sebuah bencana sangat besar. Allah mengawasi kita dan melindungi kita dari bahaya. Artinya, Allah SWT juga melihat seluruh dosa yang dilakukan oleh seseorang. Jangan pernah melakukan kesalahan atau larangan Allah dengan sengaja karena beranggapan Yang Maha Kuasa tidak akan melihatnya dan kalaupun melihatnya, membiarkan hal tersebut begitu saja. Percayalah hal ini jauh lebih buruk dibandingkan perbuatan dosa yang dengan sengaja kita lakukan.

2. Merasakan sesal karena tak bisa berbuat dosa
Jika seseorang hidup sebagai manusia sholeh dan jauh dari dosa, tentu orang tersebut sangat bisa dijadikan panutan dan begitu berkenan bagi Allah. Akan tetapi jika karena suatu hal dia tiba-tiba merasa menyesal karena tak pernah berlaku dosa, ia sudah memiliki dosa yang jauh lebih berat dibandingkan dosa-dosa yang mungkin memang bisa ia lakukan sebelumnya. Ironis bukan, terjerat dosa sangat besar tiba-tiba padahal belum pernah melakukan dosa sebelumnya? Hidup jauh dari dosa sangat sulit dilakukan, pertahankan hal tersebut dengan tidak menyesalinya.

3. Meremehkan dosa
Hal lain yang termasuk dalam 7 hal yang lebih besar daripada dosa adalah meremehkan dosa itu sendiri. Seseorang yang baru saja berbuat dosa, tidak merasa menyesal sama sekali, dan menganggap bahwa apa yang ia lakukan hanya perkara kecil (tidak ada artinya sama sekali serta tidak berdampak) sesungguhnya lebih berdosa dibandingkan orang-orang lain yang melakukan dosa kemudian menyesalinya.

4. Mengajak orang lain untuk berbuat dosa
Dosa besar lainnya adalah mengajak orang di sekitar kita (teman, sahabat, anggota keluarga) untuk berbuat dosa. Dosa yang kita terima akan jauh lebih besar dibandingkan orang yang berdosa sendirian saja. Sekali lagi, ingatlah untuk jangan pernah mengiming-imingi orang lain seperti mentraktirnya hanya agar orang tersebut mau berbuat dosa. Jika berhubungan dengan dosa, selesaikanlah urusan kita sendiri sebagai manusia dan makhluk ciptaan Allah.

5. Merasa gembira atas dosa yang diperbuat
Hal lain yang juga termasuk dalam 7 perkara lebih besar dari dosa adalah merasa gembira terhadap dosa yang sedang atau baru saja diperbuat. Sebagian besar dosa tentu akan merugikan orang lain, apakah kita sebagai manusia berhak untuk merasa nyaman dan gembira di atas penderitaan orang lain? Tentu jawabannya tidak.

6. Memamerkan dosa yang diperbuat
Ingatlah, dosa diam-diam saja sudah sangat buruk, apalagi memamerkannya kepada orang-orang di sekitar kita. Kalaupun kita khilaf berbuat dosa, simpanlah dan sesalilah hal tersebut dalam hati sendiri. Tak perlu mendemonstrasikan atau memamerkannya hanya karena terdengar hebat dan keren.

7. Merasa aman dari akibat buruk dosa
Dosa memiliki kemungkinan besar untuk berakibat buruk pada sang pendosa dan merasa aman dari akibat buruk tersebut hanya akan membuat seseorang semakin berdosa.

Bagaimana, tidak cukup sulit kan menghindari 7 hal yang lebih dosa daripada dosa tersebut?
0 Komentar untuk "Inilah 7 Hal yang Lebih Dosa Daripada Dosa"

Back To Top