Bamboo Rafting, Wisata Alam Penguji Adrenalin

lomba blog wisata kalsel

Sebagai salah satu provinsi yang memiliki kawasan rawa-rawa yang cukup luas, menjadikan Kalimantan Selatan dengan ibukota Banjarmasin ini sebagai salah satu tempat wisata yang patut dikunjungi. Kota yang dijuluki dengan Seribu Sungai ini menyimpan beragam keindahan alam yang mampu memukau mata. 


Terutama bagi kamu yang menginginkan liburan sehat nan seru, maka Kalimantan Selatan (Kalsel) merupakan tempat yang pas untuk di kunjungi. Salah satu Destinasi Wisata Kalsel yang patut kamu coba adalah bamboo rafting di Loksado.

Bamboo Rafting, Wisata Alam Penguji Adrenalin

Bila biasanya rafting menggunakan perahu karet, maka di Kalsel kamu akan diajak menyusuri sungai Amandit dengan rakit bambu. Bamboo rafting atau yang biasa disebut Balantiang Pariang merupakan salah satu destinasi wisata andalan Kalimantan Selatan. Bukan hanya wisatawan domestik, namun juga banyak wisatawan luar negeri yang sengaja datang kesini untuk merasakan sensasi si bamboo rafting ini. Dan tentunya sangat pas bagi kamu yang ingin memacu dan menguji adrenalin. 

Tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak, cukup dengan 200 ribu untuk rute loksado-Tanuhi, dan 300 ribu untuk rute Loksado-Muara Hatip kamu sudah bisa menaiki si rakit bambu ini. Namun yang perlu diperhatikan, rakit bambu ini hanya bisa menampung sekitar 2-3 orang. Dan saat yang paling pas untuk mencoba bamboo rafting adalah saat air sungai sedang pasang.

Sehingga dengan arus yang deras dan bebatuan dimana-mana, maka rakit bambu akan bergerak liar menyusuri sungai Amandit. Dan jika tidak ingin terjun bebas ke dasar sungai, maka pastikan untuk menjaga keseimbangan selama berada diatas rakit. Selain itu di beberapa titik dengan arus yang cukup deras, rakit bambu akan bergoyang-goyang dengan dahsyat dan seakan ingin membanting siapapun yang berada di atasnya. Tidak perlu khawatir, kamu akan ditemani oleh seorang joki dengan sebatang galah bambu yang mengendalikan si rakit bambu ini.

Sang joki harus pintar mengarahkan rakit bambu agar tidak membentur batu di bagian ujungnya. Namun, tidak semua arus sungai deras. Pada beberapa titik juga terdapat arus yang sangat kecil dan dangkal, menyebabkan sulit untuk bergerak. Sehingga diperlukan sedikit usaha agar rakit bisa kembali bergerak.

Bamboo Rafting, Wisata Alam Penguji Adrenalin

Dan pada saat inilah kamu bisa menikmati pemandangan alam yang terbentang di sepanjang sungai Amandit. Persawahan penduduk dengan warna kuning dan hijau diatas bukit, jembatan gantung yang cantik, batu-batu sungai, penduduk desa yang tidak sungkan untuk sekedar tersenyum ramah, serta cabang-cabang sungai Amandit yang cantik dan bersih, sungguh menawarkan pesona alam yang begitu mempesona.

Hal ini memang tidak terlepas dari peran serta masyarakat yang menyadari betapa indahnya negeri mereka sehingga sudah sepantasnya untuk dijaga dan dirawat agar tetap ada hingga dapat dirasakan oleh anak cucu nantinya. Selain itu keindahan alam yang ditawarkan oleh Laksado dan juga Kalimantan Selatan, dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung. Sehingga dapat menambah pendapatan kota yang berujung pada kesejahteraan rakyat. 

Selain bamboo rafting, Laksado juga memiliki destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi. Seperti Balai Adat suku dayak , desa malaris yang merupakan pusat pembuatan gelang Simpai, yaitu gelang berbahan rotan atau langgam yang langsung di anyam di tangan, air terjun dan bendungan malaris, dan juga air terjun rampah mejangan dengan gemericik air dan bebatuannya yang mengagumkan yang termasuk salah satu spot wisata terbaik bagi kamu yang ingin mencoba trekking. Karena loksado merupakan surga bagi para pecinta trekking.

Nah, bagi kamu yang penasaran dan ingin mencoba sensasi bamboo rafting di Kalsel ini, bisa menggunakan Garuda Indonesia sebagai maskapai penerbangan yang akan membawamu ke Banjarmasin. Mengapa ? Karena Garuda Indonesia memiliki program paket wisata yang menawarkan segala kemudahan bagi kamu yang ingin berwisata. Jadi, tunggu apalagi ? Ayo segera berkunjung dan rasakan sendiri sensasi serta keindahan Destinasi Wisata Kalsel yang ditawarkan untuk mu. 
0 Komentar untuk "Bamboo Rafting, Wisata Alam Penguji Adrenalin"

Back To Top