Mau Bertobat? Lakukanlah Shalat Tobat


Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa atau kesalahan, baik terhadap Allah atau manusia lainnya. Dosa-dosa inilah yang akan menghantarkan kita pada tempat kembali yang paling buruk, yakni neraka. Oleh karena itu bertobat adalah cara untuk menghilangkan dosa itu dan memperbaikinya. Mau bertobat? Lakukanlah shalat tobat agar dihapuskan segala dosa-dosa.

Mau Bertobat? Lakukanlah Shalat Tobat

Tak ada manusia yang sempurna. Pada waktu tertentu mereka pasti pernah mengalami kekhilafan. Hal inilah yang membuat manusia tidak lepas dengan dosa. Terdapat banyak amalan yang dapat menghapus atau menggantikan amalan buruk seseorang. Salah satunya adalah dengan lakukan sholat tobat untuk membersihkan hati. Banyak manfaat yang akan kita peroleh ketika melakukan shalat tobat ini.

Shalat ini memiliki hukum sunnah Muakad, artinya ialah meskipun tidak ada kewajiban untuk melakukannya tapi sangat dianjurkan bagi seseorang yang sudah berbuat maksiat atau dosa. Hal ini telah dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW.

Hadist tersebut menjelaskan bahwa ketika seseorang telah berbuat dosa maka ia dianjurkan untuk segera mengambil air wudhu dan menunaikan ibadah shalat tobat. Dalam sholatnya, mintalah ampunan atas apa yang telah dilakukan dan Allah adalah Maha Pengampun sehingga Dia akan mengampuni dosa hamba-Nya yang ingin bertobat. Tips untuk bertobat dengan shalat tobat akan membantu kita dalam meminta ampunan pada Allah atas dosa yang kita lakukan.

Manfaat dari sholat tobat ini adalah untuk meminta ampun pada Allah atas perbuatan dosa yang telah ia lakukan dengan harapan bahwa Allah akan mengampuni dosa-dosa kita. Selain itu, kita juga harus melihat atau memperingatkan diri sendiri agar tidak mengulangi perbuatan dosanya. Bahkan kita harus menggantinya dengan perbuatan baik lainnya.

Bilangan rakaat shalat ini sesuai dengan kemampuan kita. Namun, rakaat paling sedikit adalah 2, sedangkan rakaat paling banyak ada 6. Meskipun shalat ini memiliki hukum sunnah dan memiliki nama yang berbeda dengan shalat wajib, tapi tata cara dari shalat ini hampir sama dengan shalat biasa. Satu hal yang menjadi pembeda adalah niat dari melakukan shalat ini. Sebelum kita melakukan shalat ini maka niatlah untuk memohon ampunan pada Allah SWT.

Sebagai seorang muslim hendaknya kita sadar bahwa setiap manusia tidak akan luput dari dosa, baik itu disengaja atau tidak. Apabila kesalahan atau dosa itu kita lakukan pada sesama manusia, maka segeralah minta maaf kepadanya. Sesungguhnya ketika kita memiliki dosa pada sesama manusia, maka kita harus mendapatkan maaafnya dulu barulah Allah akan menghapuskan doa kita. Kita tidak boleh sombong terhadap amal baik yang telah kita lakukan karena tidak semua amal baik diterima oleh Allah SWT.

Meskipun dosa yang telah kita lakukan teramat besar bukan berarti Allah tidak akan mengampuni dosa-dosa kita. Bahkan dalam sebuah hadist dijelaskan bahwa kita dilarang untuk berputus asa terhadap Rahmat Allah. Hal ini mengajarkan pada kita bahwa Allah adalah Maha Pengampun lagi Penyayang. Apabila kita bertobat, maka InsyaAllah Dia akan mengampuni dosa yang kita perbuat. Asalkan kita telah menyesali perbuatan dosa tersebut, dan bersungguh-sungguh tidak akan mengulangi perbuatan itu lagi. Selain itu, untuk kita harus menebus dosa-dosa itu dengan melakukan amalan baik, termasuk melakukan shalat taubat, istighfar, dan doa-doa. Semua itu dilakukan untuk meningkatkan keimanan kita pada Allah.
0 Komentar untuk "Mau Bertobat? Lakukanlah Shalat Tobat"

Back To Top