Inilah yang Akan Dilakukan Setan Jika Tidak Bisa Jerumuskan Manusia


Salah satu sifat setan yang patut untuk diteladani adalah kegigihannya. Oleh sebab itu, jika setan gigih melakukan berbagai macam cara keburukan untuk menjerumuskan manusia ke dalam neraka, maka kita juga harus gigih dalam melakukan ketaatan dan berbagai kebaikan bagi sesama manusia yang bertujuan sebagai ibadah kepada Allah SWT.

Inilah yang Akan Dilakukan Setan Jika Tidak Bisa Jerumuskan Manusia

Karena begitu gigihnya, sehingga setan akan melakukan semua cara untuk membuat manusia mengikuti kemauannya. Bahkan apabila ada seorang hamba yang tidak bisa lagi dijerumuskan ke dalam dosa-dosa besar dan juga maksiat yang dampaknya amat berbahaya, setan akan tetap berupaya untuk melakukan serangkaian godaan kepada manusia tersebut.

Sebagaimana telah disebutkan oleh Imam Al-Harits Al-Muhasibi bahwa, setan jika sudak tidak bisa menjerumuskan manusia ke dalam dosa-dosa besar, maka mereka akan menggoda manusia untuk melakukan hal-hal yang sia-sia dan amalan yang tidak menjadi prioritas untuk dikerjakan.

Beliau juga mengatakan bahwa setan akan menggoda manusia untuk melakukan kemaksiatan yang samar-samar dan tidak disadari. Contohnya setan akan menggoda manusia untuk melakukan ibadah yang seharusnya diakhiri dan membujuk mereka untuk mengakhiri ibadah yang seharusnya didahulukan.

Pada tahap inilah seorang hamba harus mengetahui pentingnya ilmu sehingga mampu memahami prioritas amalan. Ia seharusnya mendahulukan yang utama dan wajib, setelahnya diikuti dengan amalan-amalan sunnah muakad dan kemudian barulah mengerjakan sunnah-sunnah lainnya.

Selanjutnya, seorang hamba harus mencukupkan dirinya dengan yang halal sebatas pada kebutuhan hidupnya dan tidak boleh berlebih-lebihan. Karena berlebih-lebihan dalam beragama merupakan sebuah perbuatan yang dilarang dan termasuk pangkal keterjerumusan.

Misalnya jangan sampai mendahulukan shalat sunnah Tahajud, namun tertidur di waktu subuh sehingga meninggalkan shalat Subuh berjamaah di masjid bersama dengan kaum Muslimin lainnya. Dan sebagai seorang hamba hendaknya selalu mengupayakan agar dapat shalat berjemaah lima waktu di masjid.

Kemudian jangan sampai umat muslim berbondong-bondong untuk melakukan kebaikan akan tetapi melalaikan kewajibannya sebagai seorang hamba. Dan jangan sampai pula sebagian dari kita sibuk mendengarkan musik islami dengan alasan untuk mengambil semangat dan manfaat, akan tetapi luput mendengarkan dan membaca Al-Qur’an.

Masih banyak hal-hal lain yang dijadikan pintu masuk setan untuk mejerumuskan orang=orang shaleh. Karenanya, teruslah bersikap waspada dan memohonlah pertolongan dari Allah SWT. 
0 Komentar untuk "Inilah yang Akan Dilakukan Setan Jika Tidak Bisa Jerumuskan Manusia"

Back To Top