Hujan Sangat Lebat Sebagai Pertanda Sebelum Kiamat


Mempercayai adanya hari kiamat merupakan rukun iman yang kelima bagi umat muslim. Meski tidak ada satu pun makhluk yang dapat mengetahui kapan peristiwa tersebut akan berlangsung. Namun hal tersebut telah dipastikan kedatangannya oleh Allah SWT.

Hujan Sangat Lebat Sebagai Pertanda Sebelum Kiamat

Melalui Rasul-Nya, Allah telah mengabarkan tanda-tanda kedatangan hari kiamat. Diantaranya adalah kemunculan dajal, terbitnya matahari dari barat, turunnya nabi Isa, ya’juj dan Ma’juj serta keluarnya api dari Yaman yang akan menggiring manusia ke tempat mahsyar mereka.

Akan tetapi dalam sebuah riwayat hadits telah disebutkan bahwa salah satu tanda kedatangan kiamat adalah turunnya hujan yang sangat lebat. Lalu benarkah hal tersebut merupakan salah satu tanda akhir zaman ? Dan seperti apakah hujan lebat yang dimaksud ? Berikut penjelasannya.

Salah satu tanda kedatangan akhir zaman yang telah disebutkan oleh Rasulullah adalah turunnya hujan yang merusakkan rumah-rumah kediaman. Bahkan Rasulullah SAW telah memberikan tanda-tanda bahwa akan banyak terjadi banjir dan hujan lebat yang memusnahkan pada akhir zaman nanti.

Hujan yang menyebabkan rumah-rumah tidak dapat menahannya
Salah satu tanda kiamat yang dikabarkan oleh Nabi SAW adalah turunnya hujan yang lebat dan tidak dapat ditahan oleh rumah-rumah manusia yang terbuat dari batu dan tanah. Sementara rumah yang dapat bertahan dari hujan yang lebat adalah kemah-kemah yang terbuat dari kulit unta.

Dalam sebuah hadits dikatakan bahwa dari Abu Hurairah ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga langit akan menurunkan suatu hujan yang tidak dapat ditahan oleh rumah-rumah dari tanah dan batu (rumah-rumah perkotaan) ataupun rumah-rumah dari bulu (rumah-rumah perkampungan), tidak ada yang mampu bertahan darinya kecuali rumah yang terbuat dari pepohonan.” (HR. Ahmad, berkata al-Haitsami: perawinya para perawi as-shahih. Syaikh al-Arna'uth berkata: sanadnya shahih, sesuai dengan syarat Muslim. Hadits ini diriwayatkan pula oleh Ibnu Hibban dalam kitab shahihnya. )

Turunnya hujan dari langit, namun tidak menumbuhkan tumbuhan sedikitpun
Termasuk salah satu tanda kiamat yang dikabarkan oleh Rasulullah SAW adalah turunnya hujan dari langit, akan tetapi tidak menumbuhkan sesuatu apapun baik tanaman ataupun buah-buahan.

Dari Anas ra dikatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak akan terjadi hari kiamat hingga manusia dihujani oleh hujan yang biasanya, tetapi ia tidak menumbuhkan apapun di atas muka bumi.” (HR. Ahmad dan Abu Ya'la. Berkata al-Haitsami dalam al-majma': seluruh perawinya tsiqat.)

Bahkan dalam sebuah hadits disebutkan bahwa Rasulullah mengatakan apa yang dimaksud dengan kemarau bukanlah tidak adanya hujan, melainkan hujan yang turun namun ia tidak akan menumbuhkan apapun di atas muka bumi.

Tanda-tanda kiamat ibarat laksana manik-manik yang dirangkai pada sebuah benang. Lalu kemudian benang itu putus sehingga manik-manik itu terlepas beriringan satu persatu.
0 Komentar untuk "Hujan Sangat Lebat Sebagai Pertanda Sebelum Kiamat"

Back To Top