Doa Tolak Bala, Agar Dijauhkan Segala Musibah


Setiap orang pasti merasakan hidup bahagia dan sedih. Hidup seperti roda berputar, dimana seseorang kadang berada di bawah dan kadang berada di atas. Musibah selalu ada di setiap kehidupan. Sehingga terdapat doa tolak bala, agar dijauhkan segala musibah. Terdapat beberapa versi doa yang dapat kita ucapkan untuk menolak bala.

Doa Tolak Bala, Agar Dijauhkan Segala Musibah

Musibah yang diberikan oleh Allah dapat berarti tiga hal, yakni ujian, adzab atau teguran dari Allah. Apabila musibah itu sebagai ujian, maka Allah sayang kepada kita. Jika kita dapat melewati ujian itu, maka Allah akan menaikkan derajat kita. Apabila musibah itu berfungsi sebagai adzab, maka kita harus berinstropeksi diri. Berarti apa yang telah kita lakukan adalah apa yang dilarang oleh Allah. Sehingga datanglah adzab sebagai balasan bagi perbuatan dosa yang telah kita lakukan. Apabila musibah berfungsi sebagai teguran, maka kita juga harus instropeksi diri, berarti ada yang salah dengan diri kita. Mungkin secara tidak sadar, kita telah melakukan perbuatan dosa sehingga Allah menegur kita agar menyadari perbuatan salah tersebut dan kembali di jalan Allah.

Bagi sebagian besar orang, musibah adalah suatu hal yang harus dihindari. Biasanya musibah datang dengan membawa masalah dan sering memberatkan seseorang. Selain itu, suatu musibah akan membuat perasaan atau pikiran menjadi frustrasi, sedih, dan lain sebagainya. Bahkan mereka harus merelakan waktu, uang, atau bahkan tenaga untuk menyelesaikan musibah itu.

Berdasarkan hal di atas, hampir semua orang tidak berkenan ketika musibah datang dalam kehidupannya. Oleh karena itu, mereka berusaha untuk menghindari musibah dengan membaca doa tolak bala agar terhindar dari musibah. Sebenarnya, semua doa yang diajarkan dalam agama Islam memiliki kebaikan di hadapan Allah. Tetapi terdapat doa tertentu yang bisa digunakan sebagai doa tolak bala.

Terdapat dua versi doa tolak bala, yakni versi pendek dan panjang. Apabila kita mengalami kesulitan dalam menghafal doa, maka versi yang pendek akan lebih baik. Tapi pastilah doa yang panjang memiliki arti dan makna yang lebih baik.

Berikut adalah bacaan doa tolak bala versi pendek:
Allahummadfa Annalgholaa-A, Walbalaa-A, Walwabaa-A, Walfahsyaa-A, Walmunkaro, Wassuyuufalmukhtalifata, Wasysya Daa-ida, Walmihana Maadhoharo Minha, Wamaabaathona Minbaladinaa Khossotan, Wamin Buldaanil Muslimiina ‘Aamma Tan Innaka ‘Alaa Kulli Syai-in Qodiir.

Sedangkan untuk doa tolak bala bencana versi yang lebih panjang adalah sebagai berikut:
Allohumma bihaqqil Fatihah, Wasirril fatihah, Yaa faarijal hamma, wa Yaa kasyifal ghomma, Yaa Man li ibadihi yaghfiru wa yarham, Yaa dafi’al bala-i Ya Rohman, wa Yaa dafi’al bala-i yaa rohim wa sholallohu wa sallama ‘ala khoiri kholqihi, Syidina Muhammadin wa ‘ala alihi wa shohbihi ajma’in, Subhaana robbika robbil izzati amma yashifun, Wasalamun ‘alal mursalin walhamdulillahi robbil ‘alamin.

Doa tolak bala dan terjemahannya di atas memiliki persamaan, yakni kita memohon pertolongan dan bantuan Allah dalam menjalani musibah yang telah diberikan dalam hidup kita. Selain itu, kita meminta ampun agar Allah mengampuni dosa-dosa kita.

Sebagai seorang muslim, kita haru sadar bahwa apa yang terjadi dalam hidup kita adalah yang terbaik untuk kita. Setelah kita menerima musibah, maka instrospeksi dirilah terlebih dahulu. Cari tahu apa kesalah diri kita terhadap orang lain atau Allah, apakah kita telah melakukan perbuatan dosa hingga Allah mengirimkan musibah pada kita.
0 Komentar untuk "Doa Tolak Bala, Agar Dijauhkan Segala Musibah"

Back To Top