Lima Hal yang Membuat Kita Boleh Melakukan Dosa


Sebagai seorang muslim, kita dianjurkan untuk selalu melakukan amar ma’ruf nahi munkar terhadap sesama. Hal ini berarti kita harus menegakkan kebenaran, dan memerangi keburukan. Terdapat beberapa hal yang membuat kita boleh melakukan dosa, tapi sebelumnya kita harus memperhatikan alasan mengapa diperbolehkannya berbuat dosa tersebut. Ternyata Ada beberapa syarat yang harus terpenuhi.

Lima Hal yang Membuat Kita Boleh Melakukan Dosa

Inilah Beberapa Hal yang Membuat Kita Boleh Melakukan Dosa
Islam adalah agama yang paling sempurna. Al-Qur’an merupakan kitab suci yang berguna sebagai pedoman hidup dengan hadits sebagai pelengkapnya. Di dalam kitab itu terdapat berbagai hal yang boleh dilakukan oleh manusia dan yang dilarang untuk manusia. Apabila seseorang melakukan larangan Allah maka ia akan mendapatkan dosa, baik itu dosa besar dan dosa kecil. Dosa ini akan terkumpul hingga akhirnya datanglah hari akhir dimana akan dihitung segala amal ibadah kita di dunia. Hukum dosa dalam Islam akan berlaku bagi mereka yang melanggar perintah Allah.

Allah adalah Maha Pencipta. Dia mengetahui segala hal yang tidak kita ketahui. Dia lah yang mengatur bagaimana bumi ini berputar, bagaimana matahari terbit dan tenggelam, serta segalanya yang terjadi di jagad raya ini. Oleh karena itu, apabila seseorang mengaku bahwa ia bisa lepas dari takdir Allah atau kehendak Allah maka ia telah kehilangan akal sehatnya dan sudah terjerat oleh paham ego. Seperti yang kita tahu, iblis adalah makhluk ciptaan Allah yang paling sombong dan tidak mau untuk menyembah Allah. Mereka yang seperti itu pun mengakui akan kehendak Allah di hadapan Nabi Muhammad SAW. Iblis itu berkata bahwa Allah telah menciptakan Nabi untuk menyampaikan petunjuk pada seseorang, tapi beliau tidak dapat memberinya petunjuk. Begitu juga dengan para iblis, Allah kemudian menciptakan mereka untuk menyesatkan seseorang tapi mereka tidak dapat menyesatkannya.

Sebuah dalil menjelaskan bahwa Allah menjalankan pemerintahan di alam ini tanpa adanya saingan atau tandingan. Dia melakukan semuanya tanpa pertanggungjawaban. Allah tidak akan ditanya apa yang Dia lakukan, tapi manusia-lah yang akan ditanya apa yang telah mereka lakukan di dunia.

Pada suatu hari, Hussein, cucu Nabi melihat seseorang berteriak dan menemui ayahnya, Ali. Orang itu berteriak bahwa ia adalah seorang pendosa dan ia tidak dapat mencegah keinginannya untuk melakukan dosa itu. Pengertian dosa menurut Islam adalah ketika seseorang melakukan apa yang dilarang Allah. Orang tersebut meminta nasihat pada Ali atas apa yang harus ia lakukan. Kemudian Ali menjawab pertanyaan tersebut bahwa seseorang boleh melakukan dosa asalkan ia memenuhi kelima syarat berikut ini:

1. Berhenti mengambil rezeki yang diberikan oleh Allah
2. Keluar dari kerajaan Allah
3. Mencari tempat dimana Allah tidak melihat kita
4. Upayakan agar malaikat tidak dapat mencabut nyawamu
5. Satukanlah kekuatan agar malaikat Malik, sang penjaga neraka tidak melemparkanmu ke dalam neraka.

Berdasarkan kelima syarat itu, pastinya kita tahu bahwa kita tidak akan bisa memenuhi syarat itu. Hal itu menunjukkan bahwa kita sebagai manusia penghuni dunia ini harus taat kepada ajaran Allah dan sebisa mungkin menghindari perbuatan dosa seperti halnya macam-macam dosa menurut Islam. Sebagai seorang muslim, tetunya kita sadar bahwa kita hidup di dunia ini memiliki kewajiban, yakni menyembah Allah. Karena Dia yang telah memberikan kehidupan kepada kita. Oleh karena itu, kita harus melakukan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya karena malaikat senantiasa mencatat apa yang kita lakukan di dunia ini.
0 Komentar untuk "Lima Hal yang Membuat Kita Boleh Melakukan Dosa"

Back To Top