Keutamaan Membangun Masjid Walau Hanya Memberi Satu Bata


Masjid adalah tempat dimana umat muslim beribadah, seperti shalat, mengaji, atau ibadah lainnya. Bagi siapapun yang membangun masjid walau itu hanya memberi satu bata dalam proses pembangunannya, Allah akan janjikan pahala yang sangat besar untuknya. Meskipun kita hanya memberikan sedikit apa yang kita miliki di jalan Allah, maka Allah akan membalas kebaikan tersebut baik di dunia maupun di akhirat.

Keutamaan Membangun Masjid Walau Hanya Memberi Satu Bata

Sebuah hadits menjelaskan mengenai pahala membangun masjid. Bahwa ketika seseorang membangun masjid, demi Allah meskipun sebesar lubang tempat burung bertelur ataupun lebih kecil lagi, maka Allah akan memberikan bangunan di surga kelak. Meskipun dalam hadits tersebut dikatakan sebagai lubang burung bertelur, tapi itu hanyalah kiasan dimana kebaikan sekecil apapun pasti akan mendapatkan balasan dari Allah. Karena tidak mungkin masjid memiliki ukuran kecil seperti itu.

Beberapa ulama sepakat bahwa apa yang dimaksud dalam membangun masjid sekecil itu adalah mereka yang mau membantu atau berkontribusi dalam pembangunan masjid. Meskipun hanya memberikan bagian kecil yang diperlukan dalam pembangunan, seperti bata, semen, pasir atau bagian lainnya.

Sebuah hadits menjelaskan keutamaan membangun masjid bahwa semua orang boleh menyumbangkan sedikit yang ia miliki asalkan itu niat karena Allah. Meskipun kita memberikan suatu hal yang kecil tapi dengan hari yang ikhlas Lillahi maka Allah akan memberikan balasan yang lebih besar dari apa yang kita beri.

Suatu ketika, Utsman mengatakan jika membangun masjid adalah salah satu bukti bahwa mereka tidak bermegah-megahan atas harta dunia itu. Dalam sebuah hadits dijelaskan, apabila kita membangun masjid di dunia dengan ikhlas maka Allah akan membangun bagi kita di surga.

Imam Nawawi menjelaskan apa yang dimaksud dengan akan dibangun baginya layaknya disurga sebagai keutamaan membangun masjid meski hanya memberi satu bata, yaitu:

1. Bangunan yang akan diberikan memiliki keutamaan dibandingkan bangunan lainnya yang ada di surga juga. Seperti halnya masjid memiliki keutamaan daripada rumah-rumah biasa.

2. Allah akan membangunkan bangunan seperti rumah. Mungkin keutamaannya berada pada sifat, letak, luas yang lebih baik. Bangunan yang ada di surga tidak akan pernah di dengar oleh telinga, tidak akan pernah dilihat oleh mata, dan tidak akan pernah terbetik di hati betapa indahnya.

Berdasarkan keutamaan membangun masjid walau hanya menyumbang satu bata yang kita bahas, kita tahu bahwa membangun masjid memiliki keutamaan tersendiri di hadapan Allah. Hal ini dikarenakan kita menyediakan tempat bagi orang yang ingin beribadah dan menyembah kepada Allah. Oleh karena itu, bantuan sekecil apapun akan bermanfaat untuk pembangunan masjid dan akan berbalik kepada kita juga.

Tapi terdapat beberapa hal yang membuat tidak berlakunya hal ini. Sekarang ini, sudah banyak masjid yang dibangun dengan megah, bahkan kita bisa menemui 2 masjid dalam satu kampung. Apabila pembangunan dilandasi dengan rasa ikhlas kepada Allah maka pahala yang akan kita dapat akan lebih. Tapi bagaimana jika mereka membangun masjid dengan maksud bermegah-megah atau dipandang baik oleh orang lain.

Bagi beberapa orang, siapa saja yang membangun masjid adalah orang yang baik karena mereka menyediakan tempat beribadah untuk umat Islam. Hal inilah yang membuat orang terkadang ingin dibangga-banggakan sehingga membuat niatnya tidak ikhlas karena ingin beramal baik. Niat seperti ini akan mengurangi pahala kita bahkan menghapus pahala kita dalam membangun masjid.
0 Komentar untuk "Keutamaan Membangun Masjid Walau Hanya Memberi Satu Bata"

Back To Top