Waspadai Sepuluh Perangkap Setan dalam Menjerumuskan Manusia


Setan merupakan makhluk ciptaan Allah yang bertekad untuk membawa manusia ke jalan yang sesat. Setan gencar melakukan serangan untuk menjerumuskan manusia dengan berbagai perangkap dan godaan yang sangat menggiurkan sehingga tak sedikit manusia yang tergoda dengan perangkap setan. Apa saja perangkap setan untuk menyesatkan manusia?

Waspadai Sepuluh Perangkap Setan dalam Menjerumuskan Manusia

Berikut adalah 10 strategi setan menjerumuskan manusia ke dalam api neraka:

1. Menebarkan permusuhan sesama manusia
Perangkap pertama yang telah disebarkan oleh setan adalah dengan menumbuhkan rasa permusuhan sesama manusia sehingga manusia akan saling membenci dan bermusuhan. Hal ini telah dijelaskan dalam Al-Qur’an yaitu QS. Al-Baqarah ayat 268 dan QS. Al-Maidah ayat 91. Dalam kedua surat itu telah dijelaskan bahwa setan akan menjerumuskan manusia ke dalam permusuhan dan pertikaian melalui judi dan minuman keras yang memabukkan.

2. Membuat manusia lupa untuk beribadah kepada Allah SWT
Setan telah mengelabui manusia dan memalingkan mereka untuk lupa beribadah kepada Allah serta menjerumuskannya untuk masuk menjadi kaum munafik, kaum yahudi dan kaum nasrani sehingga menjadi teman setan di neraka kelak.

3. Menggoda manusia untuk berpaling dari syariat Islam
Setan selalu menggoda manusia untuk berpaling dari syariat Islam sehingga manusia akan semakin jauh dari ajaran Islam dan bahkan tersesat sehingga menjadi teman setan di neraka kelak.

4. Setan bekerja sama dengan sihir atau paranormal
Banyak diantara manusia yang mempercayai kekuatan lain selain Allah seperti dukun atau paranormal. Sejatinya semua itu merupakan tipu daya setan untuk menyesatkan manusia dan menjerumuskan manusia ke dalam dosa syirik. Sungguh celaka bagi manusia yang mempercayai kekuatan selain Allah dan bahkan mereka meminta pertolongan kepada mereka bukan kepada Allah SWT.

5. Was-was dan ragu
Setan selalu menggoda manusia dengan perasaan was-was dan ragu-ragu dalam melakukan berbagai hal. Rasa was-was dan ragu-ragu ini dapat menjerumuskan manusia ke dalam hal yang buruk dan tidak percaya diri untuk melakukan hal kebaikan. Jika rasa was-was dan ragu datang sebaiknya segera berdo’a untuk meminta perlindungan kepada Allah SWT.

6. Boros
Salah satu tipu daya setan dalam menjerumuskan manusia yaitu menggoda manusia agar hidup konsumtif atau boros dalam membelanjakan harta mereka. Setiap muslim dianjurkan untuk hidup hemat dan senantiasa membelanjakan sebagian harta mereka untuk bersedekah ke jalan Allah.

7. Kerjasama setan dengan penyanyi dan penyair
Dalam hadits Nabi yang telah diriwayatkan Muslim dijelaskan bahwa Rosul menyuruh sahabatnya untuk menangkap seorang penyair yang sedang bernyanyi karena mereka merupakan golongan teman setan.

8. Kerjasama setan dengan ahli bid’ah
Dalam menyesatkan manusia, setan telah melakukan konspirasi dengan ahli bid’ah yaitu orang yang yang membawa hadits palsu dan menyebarkannya kepada umat manusia untuk menyesatkan mereka. Setiap umat Islam harus waspada dengan perangkap setan yang satu ini karena hal ini dapat menjerumuskan manusia kepada kesesatan.

9. Perangkap fitnah
Salah satu strategi setan menjerumuskan manusia adalah dengan fitnah. Fitnah merupakan kejahatan yang paling kejam dibandingkan dengan kejahatan lainnya karena dengan fitnah dapat memecah persaudaraan dan bahkan dapat menimbulkan permusuhan. Setiap manusia yang telah terjerumus dalam fitnah ini akan mendapat balasan neraka.

10. Setan menggoda menusia saat tertidur
Seringkali seseorang bermimpi buruk dan pada dasarnya semua mimpi buruk itu merupakan godaan setan. Rosulullah menganjurkan setiap umatnya untuk selalu berdo’a dan meminta perlindungan kepada Allah dari godaan setan sebelum tidur.

Itulah beberapa informasi seputar perangkap setan dan waspadai sepuluh perangkap setan dalam menjerumuskan manusia.
0 Komentar untuk "Waspadai Sepuluh Perangkap Setan dalam Menjerumuskan Manusia"

Back To Top