Buah Zaitun, Warisan Al-Qur'an yang Dilupakan Umat Islam


Sebelum adanya kehidupan sepeti sekarang ini, sudah ada kehidupan manusia terdahulu. Terdapat beberapa warisan yang ditinggalkan oleh umat sebelumnya yang memiliki manfaat luar biasa dalam kehidupan manusia. Salah satunya adalah buah zaitun, warisan Al-Qur’an yang dilupakan umat Islam. Simaklah artikel mengenai buah Zaitun berikut ini.

Buah Zaitun, Warisan Al-Qur'an yang Dilupakan Umat Islam

Siapa yang tidak mengetahui manfaat buah zaitun? Buah ini memiliki manfaat yang sangat luar biasa. Bahkan manfaatnya telah dijelaskan dalam Al-Quran maupun hadits. Tidak hanya buah dari pohon zaitun yang memiliki manfaat luar biasa, tetapi minyak yang juga dihasilkan oleh pohon ini.

Sebuah hadits menjelaskan bahwa Rasulullah bersabda kepada umatnya untuk menggunakan minyak zaitun sebagai minyak oles dan lauk untuk menemani makan karena minyak ini dihasilkan oleh pohon yang diberkahi oleh Allah. Hadits ini merupakan hadits yang shahih sehingga dapat dijadikan sebagai dasar. Beberapa ulama juga menyebutkan mengenai keutamaan dari minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki manfaat luar biasa. Jika dilihat dari sisi gizi, maka minyak ini dapat digunakan sebagai pengobatan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, minyak ini memiliki manfaat untuk kecantikan juga.

Luar biasanya manfaat minyak zaitun dalam Al-Quran ini dibuktikan dengan penelitian yang dilakukan oleh kedokteran modern, di antaranya: 

1. Penelitian ini dilakukan oleh Dr. Satsoon yang berasal dari Universitas California serta Dr. Scoot Grandy yang berasal dari Texas.  Penelitian ini membuktikan tentang menurunkan berbagai jenis penyakit liver di sebuah daerah dimana masyarakatnya menggunakan minyak zaitun sebagai campuran di makanan mereka.

2. Pada tanggal 21 April 1997 telah diselenggarakan sebuah pertemuan ilmiah yang berlokasi di Roma. Mereka yang hadir adalah pakar medis dan mereka mengeluarkan dan mengupas keputusan cukup penting mengenai minyak zaitun. Melalui siaran pers yang dilakukan, mereka mengungkapkan dengan tegas bahwa minyak zaitun memiliki manfaat untuk melindungi serangan penyakit pada saluran darah kecil di liver atau hepar atau yang sering disebut arteriole. Selain itu, ia juga dapat menghambat kolesterol darah naik serta melindungi kita dari penyakit kanker, tekanan darah tinggi, dan diabetes. Kandungan di dalam minyak zaitun dapat meningkatkan kolesterol HDL dan menurunkan tingkat kolesterol LDL tanpa adanya efek negatif pada kolesterol yang berguna. Hal ini membuat jantung dan hati dapat terjaga dengan baik dan terhindar dari rusaknya urat.

3. Penjelasan lain juga berasal dari Universitas Monster jerman, yakni Prof. Asman. Ia menjelaskan bahwa ketika kita menggunakan minyak zaitun akan membuat tubuh terhindar dari penyakit kanker, baik kanker rahim, usus besar, maupun indung telur.

4. Pada Agustus 1998, Achieves of Internal Medicine memaparkan bahwa kebiasaan mengkonsumsi minyak zaitun sebanyak satu sendok makan dapat mengurangi resiko terkenanya kanker payudara hingga 45%.

Bahkan masih banyak lagi penelitian yang dilakukan oleh para ahli. Tapi, semua penelitian ini memiliki satu garis besar yakni minyak zaitun memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan manusia, terutama penyakit yang cukup berat dan menakutkan bagi banyak orang.

Setelah mengetahui khasiat minyak zaitun dalam Al-Quran yang luar biasa, kita dapat menggunakannya sebagai konsumsi rutin untuk menjaga kesehatan kita dari berbagai penyakit. Terlebih, ajaran agama Islam pun telah mengakui manfaat yang ada dalam kandungan minyak zaitun. Demikian ajaibnya buah zaitun, warisan Al-Qur’an yang dilupakan umat Islam.
0 Komentar untuk "Buah Zaitun, Warisan Al-Qur'an yang Dilupakan Umat Islam"

Back To Top