Menghitung Kecepatan Terbang Malaikat Jibril


Malaikat adalah ciptaan Allah yang paling taat terhadap perintah-perintah-Nya. Malaikat memiliki tugasnya masing-masing sesuai dengan ketentuan Allah, termasuk malaikat Jibril. Banyak orang yang ingin menghitung kecepatan terbang malaikat Jibril. Beberapa dalil juga menjelaskan mengenai hal ini ditambah lagi beberapa fakta yang dihasilkan dari studi yang ada.

Menghitung Kecepatan Terbang Malaikat Jibril

Inilah Cara Menghitung Kecepatan Terbang Malaikat Jibril
Dr. Mansour Hassab adalah seorang ahli fisika yang dapat membuktikan kecepatan malaikat dalam Al-Qur’an seperti yang sudah dijelaskan dalam QS. As Sajdah ayat 5. Penelitiannya ini mampu menghasilkan kecepatan cahaya sesuai dengan pengukuran secara ilmu fisika modern atau New Astronomical Quranic Method.

Berdasarkan ayat yang ada di QS Sajdah, dijelaskan bahwa Allah telah mengatur segala urusan dari langit ke bumi, lalu urusan tersebut naik kepada Alllah dalam satu hari sama dengan seribu tahun perhitungan Allah. Apabila kita lihat dari surah tersebut maka diketahui bahwa terdapat perbandingan satu tahun dan 1.000 tahun, hal tersebut sama dengan perhitungan kecepatan cahaya.

Berdasarkan surah lain yang ada di dalam Al-Qur’an menjelaskan bahwa malaikat memiliki kecepatan terbang sangat cepat seperti yang dijelaskan dalam QS. An-Naazi’aat ayat 3 sampai 4. Pada ayat ketiga dijelaskan bahwa malaikat-malaikat itu turun dengan kecepatan tinggi. Kemudian, di ayat keempat dijelaskan jika para malaikat mendahului dengan cepat.

Selain itu, penjelasan lain ada pada QS. Al-Mursalat pada ayat 1 dan 2. Ayat tersebut menjelaskan jika malaikat terbang dengan kecepatan tinggi dan sangat kencang. Begitu pula dengan malaikat jibril dalam Al-Quran juga dijelaskan bahwa ia memiliki kecepatan tinggi ketika terbang. Pada surat Al-Fathir dijelaskan bahwa malaikat bisa terbang karena memiliki sayap, ada yang punya sayap dua, tiga ataupun empat.

Beberapa ayat di atas memberikan petunjuk mengenai perbandingan kecepatan terbang malaikat dalam sehari yang kadarnya 50.000 tahun. Apabila kita menggunakan metode perhitungan Dr. Mansour maka didapatkan kadar satu hari yang sama dengan kadarnya 1.000 tahun kecepatan cahaya atau 299.792,4989 km/ detik. Berdasarkan rumus yang ada dan digunakan maka didapatkan bahwa sehari sama dengan 50.000 tahun sehingga menghasilkan 50 kali kecepatan cahaya, yakni 14.989.624,9442 km/ detik.

Berdasarkan pembahasan di atas maka didapatkan kesimpulan bahwa malaikat terbang dengan 50 kali kecepatan cahaya. Sampai saat ini, manusia dan para ilmuwan belum bisa menemukan apa pun yang memiliki kecepatan melebihi kecepatan malaikat tersebut. Hal ini sesuai dengan tugas malaikat jibril sebagai penyampai wahyu yang memerlukan waktu cepat dari langit menuju bumi.

Dengan sangat jelas Al-Qur’an menyebutkan bahwa malaikat ataupun Jibril memiliki kemampuan terbang 50 kali dari kecepatan cahaya. Hal ini terasa mahkluk karena malaikat terbuat dari nur atau cahaya. Kitab Al-Qur’an adalah salah satu kitab yang bersifat eksak artinya segala apa yang dijelaskan di dalamnya dapat dipikir secara logis dan dapat dibuktikan dengan ilmu atau kealamiahan.

Sebagai seorang muslim, hendaknya kita bangga memiliki kitab suci Al-Qur’an. kebanggaan itu tidak akan ada gunanya jika kita tidak menerapkan apa yang ada di dalamnya. Allah menurunkan kitab tersebut sebagai pedoman dan pegangan umat manusia untuk melangkah di dalam kehidupan. Kita dianjurkan untuk senantiasa membaca ayat-ayat-Nya. Mendengarkan orang membaca ayat suci Al-Qur’an saja sudah dianggap pahala oleh Allah. Tetapi ketika membaca, lebih baik jika kita juga menghayati maksudnya. Setelah menghayati, kita harus berusaha untuk melakukan apa yang diperintah oleh Allah dan menjauhi larangan Allah sesuai dengan apa yang ada di dalam Al-Qur’an.
0 Komentar untuk "Menghitung Kecepatan Terbang Malaikat Jibril"

Back To Top