Malam Nishfu Sya’ban, Rahmat Allah Turun ke Bumi


Pertama yang perlu kita tahu adalah bulan sya’ban merupakan bulan sholawat nabi Muhammad SAW karena pada bulan itulah shalawat nabi diturunkan. Tapi masih banyak orang yang belum mengetahui akan keutamaan dari malam ini. Inilah penjelasan mengenai keutamaan dari malam penuh rahmat ini.

Malam Nishfu Sya’ban, Rahmat Allah Turun ke Bumi

Sebuah hadits menjelaskan bahwa malam sya’ban adalah malam paling mulia kedua setelah Lailatul Qadr. Pada suatu ketika Sayidina Ali meluangkan waktunya untuk beribadah selama 4 malam dalam satu tahun. Ia menjelaskan bahwa malam pertama pada bulan Rojab, malam kedua dan ketiga pada hari raya, dan malam terakhir pada nishfu sya’ban. Lalu kapan malam Nishfu Syaban?

Berdasarkan sebuah hadits menjelaskan berkat malam Nishfu Syaban bahwa ketika kita beribadah pada malam nishfu sya’ban akan menghapus dosa kita selama setahun, malam jum’at akan menghapus dosa selama seminggu, serta lailatul qodr akan menghapus dosa selama seumur hidup.

Hal ini juga diriwayatkan di sebuah hadits. Usamah sahabat nabi pernah bertanya pada beliau tentang kebiasaan nabi berpuasa pada bulan sya’ban dan tidak pernah berpuasa pada bulan lainnya. Kemudian beliau menjawab bahwa banyak orang yang sering melupakan bulan sya’ban, padahal pada bulan itulah amalan kita akan diangkat dan diberikan atau dilaporkan pada Allah SWT. Oleh karena itu, ketika amalan nabi dilaporkan kepada Allah, nabi dalam keadaan berpuasa.

Berikut ini adalah keutamaan dari bulan sya’ban, yaitu:

1. Mengabulkan semua doa umat
Sebuah hadits menjelaskan bahwa ketika tiba bulan atau malam sya’ban maka kita dianjurkan untuk sholat pada malam hari dan berpuasa pada siang hari karena pada malam itu Allah akan turun ke langit bumi dan melihat umat-Nya yang sedang berdoa. Ketika umat-Nya meminta rezeki maka Allah akan memberikannya, jika mereka meminta bala’ maka Allah akan menyelamatkannya, dan seterusnya.

2. Menghapuskan banyak dosa
Pada suatu hari Aisyah Ra kehilangan Rasulullah kemudian ia mencari keluar dan akhirnya melihat Rasul di pekuburan Baqi’ yang sedang menengadahkan wajah ke langit. Kemudian beliau menjelaskan bahwa pada bulan sya’ban, Allah akan turun ke langit bumi dan Dia akan mengampuni dosa setiap umatnya meskipun itu melebihi banyaknya bulu domba Bani.

3. Mengampuni semua dosa
Abu Musa menjelaskan bahwa pada waktu itu, Allah akan mengawasi setiap umat pada bulan sya’ban dan Dia akan mengampuni semua dosa umat-Nya kecuali mereka orang musyrik atau bermusuhan.

Hal ini diperjelas oleh Imam Syafii. Ia menjelaskan bahwa terdapat 5 malam yang akan mengabulkan doa-doa kita, yaitu pada malam jumat, malam idul fitri, malam idul adha, malam pertama bulan rajab, dan malam nishfu sya’ban.

Berdasarkan penjelasan keutamaan malam Nishfu Syaban yang telah di bahas kita menemukan banyak dalil yang memperkuat akan keutamaan malam sya’ban. Setelah kita mengetahui keutamaan malam ini, pastilah kita tidak ingin melewatkan malam yang begitu mulai tersebut. Banyak manfaat yang akan kita dapatkan dari amalan pada malam ini. Pada malam sya’ban kita dapat menambah alaman kita, seperti sholat malam, berpuasa atau melakukan kebaikan lainnya. Selain itu, pada malam ini merupakan salah satu kesempatan bagi umat manusia untuk memperbaiki diri dan menghapuskan dosa-dosa selama ini.

Demikian malam nishfu sya’ban, rahmat Allah turun ke bumi. Sebagai seorang muslim hendaknya kita memanfaatkan malam mulia ini dengan maksimal dan memohon ampun kepada Allah.
0 Komentar untuk "Malam Nishfu Sya’ban, Rahmat Allah Turun ke Bumi"

Back To Top