Huruf Wau, Yang Membedakan Ahli Surga dan Ahli Neraka


Tahukah Anda bahwa yang membedakan ahli surga dan neraka yaitu huruf wau?? Mungkin belum banyak di antara kita yang tahu hal tersebut, atas dasar itulah artikel bersangkutan dibuat. Semoga artikel ini bisa menuntaskan rasa penasaran Anda dan tidak menyepelekan huruf wau tersebut.

Huruf Wau, Yang Membedakan Ahli Surga dan Ahli Neraka

Sebagai umat Muslim, kita pasti tahu bahwa arti huruf wau serupa dengan ‘dan’ dalam Bahasa Indonesia. Tetapi begitu luar biasa seluruh huruf dalam Al Quran karena ternyata huruf wau ini kelak akan membedakan ahli neraka dan surga. Dalam Al Quran terdapat ayat yang menyatakan bahwa manusia kafir di akhirat akan digiring ke neraka secara bersamaan. Kemudian ketika mereka sampai di hadapan pintu jahanam, pintu tersebut dibukakan bagi mereka tanpa perlu tunggu sama sekali. Berbeda dengan orang-orang yang bertakwa, mereka akan digiring bersamaan ke pintu surga. Saat mereka sampai di hadapan pintu ini, tak lama kemudian pintu tersebut dibukakan dan bisa masuklah mereka menjadi penghuni surga.

Isi ayat di atas diterangkan oleh Syaikh As Sadi lebih lanjut berhubungan dengan ketetapan surga dan neraka. Orang-orang kafir yang digiring ke pintu neraka dikatakan oleh Allah tanpa menyebut huruf wau (dan). Lain halnya dengan orang-orang bertakwa yang dikirim ke surga. Allah menyebut huruf wau (dan) untuk bagian yang berarti dan dibukakanlah pintu-pintu surga. Sudah mendapatkan perbedaanya? Syaikh As Sadi menjelaskan lagi bahwa saat orang-orang kafir dibawa ke pintu neraka, pintu tersebut sudah terbuka lebar untuk mereka sehingga bisa langsung masuk dengan tujuan menunjukkan kepada mereka betapa kejam, membuat menderita, dan panasnya api neraka maupun seisi neraka yang lain termasuk setan. Berbeda dengan pintu surga, orang-orang bertakwa tersebut perlu menunggu terlebih dahulu meskipun tidak lama sampai pintu surga dibuka dan terlihat isinya. Yang perlu mereka lakukan adalah memohon syafaat Allah melalui Nabi Muhammad SAW terlebih dahulu. Saat syafaat diucapkan oelh Nabi Muhammad SAW, giliran Allah yang memberikan syafaat dan terbukalah pintu surga lebar-lebar untuk mereka semua (para penduduk surga).

Perihal untuk pintu surga ini bertujuan agar menunjukkan bahwa surga merupakan tempat paling tinggi begitu pun paling mulia sehingga tidak siapapun memiliki hak masuk kesana. Yang bisa masuk hanya orang-orang pilihan Allah yang telah hidup secara layak di dunia sebelumnya. Oleh karena itu, prosedur yang sama mulianya yaitu pengucapan syafaat yang juga mulia dibutuhkan sebagai bagian dari masuknya orang-orang terpilih itu ke dalam surga. Sekali lagi wau memang hanya satu huruf Arab, tetapi huruf wau yang membedakan ahli surga dan neraka. Kisah yang sama bisa disimak terjadi pada Nabi Muhammad SAW sebagai pembuka pintu surga untuk pertama kali, cerita ini ada dalam hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim. Jadi Rasulullah SAW saat itu sudah sampai di depan pintu surga waktu kiamat dan penjaga surga bertanya mengenai identitasnya. Beliau menjawab bahwa ia adalah Rasulullah SAW dan tak lama kemudian penjaga surga menjawab hal berikut. Ia diperintahkan untuk tidak membuka pintu surga pada satu orang pun kalau Nabi Muhammad SAW belum masuk ke dalamnya. Jadi, terbukti bahwa Nabi Muhammad SAW adalah orang pertama yang baginya dibukakan pintu surga. Bagaimana, cukup bermanfaat kan artikel ini? Semoga ulasan diatas dapat menjawab rasa penasaran Anda. Ingatlah pula untuk selalu bertakwa kepada Allah SWT.
0 Komentar untuk "Huruf Wau, Yang Membedakan Ahli Surga dan Ahli Neraka"

Back To Top