Inilah Keutamaan Menghafal Sepuluh Ayat Surat Al-Kahfi


Siapa yang tidak tahu atau belum tahu surat Al Kahfi? Membaca sekaligus menghafal surat ini tak akan merugikan seseorang, malah ia akan terlihat lebih tinggi dan lebih bersinar di hadapan Allah SWT. Kalau belum hafal, yuk mulai menghafal sepuluh ayat surat Al Kahfi tersebut.

Inilah Keutamaan Menghafal Sepuluh Ayat Surat Al-Kahfi

Sesungguhnya surat Al Kahfi adalah salah satu surat dalam Al-Quran yang bisa dibilang lebih agung dibanding surat-surat lainnya. Sayangnya, keistimewaan surat ini belum banyak diketahui umat Muslim sehingga kebanyakan hanya membaca tanpa menghafalkan isinya. Surat Al Kahfi ayat 10 ternyata bisa menyelamatkan Anda, loh. Ditambah lagi, keutamaan surat ini sudah pernah dinyatakan langsung oleh Nabi Muhammad SAW sehingga tak perlu diragukan manfaatnya. Di jaman sekarang lebih banyak orang yang suka membaca surat Yasin kala malam Jumat. Mengapa tidak mencoba surat Al Kahfi mulai sekarang?

Berikut ini merupakan beberapa hadits yang bersinggungan dengan keutamaan surat Al-Kahfi. Abu Said bersabda bahwa siapapun yang membaca surat Al Kahfi terutama 10 ayatnya di hari Jumat, orang tersebut akan disinari oleh Allah dengan cahaya di antara dua hari Jumat. Tak perlu meragukan hadits ini karena telah dinyatakan shohih. Jadi, jika sebelumnya tidak pernah membaca Al Kahfi, kita bisa mulai membuka Al-Quran di bagian surat Al Kahfi hari Jumat berikutnya. Tidak ada kata terlambat untuk berubah ke arah yang lebih baik. Abu Darda juga menyatakan hal tentang menghafal 10 ayat terakhir surat Al Kahfi. Beliau bersabda bahwa siapapun yang menghafal 10 ayat tersebut akan terlindungi daripada fitnah Dajjal. Dajjal merupakan hal yang akan sangat dibenci oleh umat Muslim saat terjadi kiamat nantinya. Tak perlu ragukan juga hadits ini karena sudah dinyatakan sholih oleh Syaikh Al Albani. Bahkan untuk menguatkannya, Nabi Muhammad SAW sendiri pernah berkata bahwa siapapun yang menemui Dajjal sebaiknya membaca ayat dari surat Al Kahfi untuk langsung terjaga dari fitnah sang Dajjal. Dengan menghafalkan 10 ayat ini, bisa dipastikan bahwa kalaupun saat kiamat nanti kita bertemu Dajjal, kita tinggal merapalkannya kembali untuk melindungi diri. Sudah mulai tertarik untuk membacanya?

Hadits ketiga mengenai pembacaan surat Al Kahfi dinyatakan oleh Abu Said. Beliau berkata bahwa siapapun yang membaca surat Al Kahfi akan mendapat cahaya dari ayat tersebut di hari kiamat dimulai dari tempat tinggal orang tersebut di Mekkah. Surat Al Kahfi ayat 10 dan artinya adalah sebagai berikut untuk memperjelas gambaran Anda mengenai surat ini. Saat pemuda-pemuda mencari tempat berlindung ke dalam gua, sampailah mereka dan mulai berdoa. Mereka meminta rahmat dari Tuhan Yang Maha Esa dan berharap agar Allah menyempurnakan petunjuk lurus yang akan memudahkan setiap langkah mereka. Petunjuk lurus ini bisa dianalogikan sebagai cahaya, apabila lebih spesifik cahaya tersebut akan berguna di hari kiamat nanti. Jadi, bisa dikatakan bahwa orang-orang yang menghafal ayat surat Al Kahfi tidak akan tersesat dan merasa bingung sama sekali di hari kiamat. Sekali lagi, hadits ini sholih adanya jadi tak perlu khawatir.

Nah, sudah mulai tertarik terhadap keutamaan menghafal sepuluh ayat surat Al Kahfi? Jika sudah, mulailah membacanya dan memahami isinya lebih lanjut. Kemudian, hafalkan demi keselamatan Anda di masa mendatang.
0 Komentar untuk "Inilah Keutamaan Menghafal Sepuluh Ayat Surat Al-Kahfi"

Back To Top