Menunda Mandi Junub, Ini Ancamannya


Mandi junub adalah mandi yang dilakukan untuk membersihkan diri dari hadas besar, seperti menstruasi. Apabila menstruasi telah selesai maka seorang wanita diwajibkan untuk mensucikan dirinya. Menunda mandi junub berarti menunda mensucikan diri sehingga ia tidak dapat melaksanakan ibadahnya.

Menunda Mandi Junub, Ini Ancamannya

Menunda mandi junub ini sering terjadi pada pasangan suami istri yang telah melakukan hubungan intim. Mereka sering menunda mandi junub karena setelah melakukan hubungan suami istri, mereka langsung melanjutkan tidur.

Sebuah kitab yang shahih terdapat bagian yang menjelaskan tentang ancaman menunda mandi junub tanpa alasan. Isi dari penjelasan itu adalah ketika seseorang menuda mandi junubnya maka ia tidak akan didekati oleh malaikat yang bernama rahmat. Dalam kitab tersebut dituliskan sabda Rasulullah SAW yang menjelaskan bahwa terdapat tiga orang yang tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat yakni orang mabuk, orang junub, dan orang yang berlumuran minyak wangi bernama khaluq. Ketika seseorang akan mandi junub maka ia harus menetapkan niat mandi junub terlebih dahulu.

Al Hafizh menjelaskan maksud dari hadits tersebut. Malaikat yang dituliskan dalam hadits tersebut adalah malaikat yang memberikan berkah dan rahmat, bukan malaikat pencatat perbuatan atau pengawas karena mereka akan selalu bersama kita dalam keadaan apapun.

Berdasarkan hadits tersebut dapat diketahui bahwa ketika seseorang menunda mandi junub tanpa adanya alasan yang jelas, sebagai contohnya adalah menyepelekan atau malas, maka malaikat rahmat tidak akan mendekati orang tersebut. Kemudian muncul pertanyaan baru, apakah setelah berhubungan kita harus langsung mandi junub atau bagaimana. Hal ini juga dicontohkan oleh Rasulullah. Setelah beliau melakukan hajat dengan istrinya terkadang beliau tidak langsung mandi junub tapi juga terkadang beliau langsung mandi junub. Apabila beliau tidak langsung mandi junub, maka beliau langsung wudhu terlebih dahulu sebelum tidur.

Menunda mandi junub, ini ancamannya telah dituliskan dalam hadits Muslim yang menjelaskan bahwa setelah berhubungan suami istri, Rasulullah terkadang mandi junub langsung tapi terkadang juga tidak, dengan catatan apabila tidak langsung mandi junub maka beliau wudhu sebelum tidur.

Apabila kita lihat dari hadits lain, maka terdapat ancaman dalam menunda mandi junub tanpa adanya alasan yang mengikuti. Hadits tersebut memiliki isi yang sama dengan hadits di atas yang menjelaskan bahwa tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat, orang yang tidak mandi junub setelah berhubungan suami istri. Inilah ancaman dari menunda mandi junub tanpa udzur.

Hadits ini menjelaskan bahwa malaikat rahmat tidak akan mendekati tiga kaum, yakni orang junub, bangkai orang kafir, orang yang berlumuran dengan minyak wangi khaluq kecuali mereka telah berwudhu setelah melakukan hajat. Minyak wangi khaluq yang dimaksud adalah campuran dari za’faran dan lainnya namun didominasi oleh warna kuning dan merah.

Sebagai seorang muslim, hal ini perlu diperhatikan benar karena dapat mengurangi keberkahan dalam hidup kita. Malaikat rahmat adalah malaikat yang memberikan berkah dan rahmatnya di dalam hidup kita atas ijin Allah. Apabila kita menunda mandi junub berarti kita tidak akan didekati oleh malaikat Rahmat. Jangankan diberikan keberkahan, mendekat saja malaikat tidak akan mau. Oleh karena itu, setelah melakukan hubungan suami istri maka kita harus segera mandi junub, tapi apabila kondisi atau keadaan tidak memungkinkan maka kita dianjurkan untuk berwudhu sebagai pengganti mandi junub.
32 Komentar untuk "Menunda Mandi Junub, Ini Ancamannya"

Nama kitab hadisnya apa, dan bunyi redaksional lengkap hadisnya seperti apa? Dan bagian mana dari redaksional hadis tersebut yang berbunyi mengancam? Mohon penjelasannya?

Berarti mendingan kalo berhubungan pas menjelang waktu fajar dunk.. Pdhal suami sukanya pas mau bo2..

Kalau masih mau nambah Gimana Donk?

Diatas kan sudah di jlaskan,klau keadaan tdk memungkinkan untuk mandi junub pas tengah malam ya berwudhu dulu. Bru klau mw menunaikan ibadah sholat shubuh baru mandi.

Jika berhubungan intim jam2 malam bagaimna apa mesti mandi junub,dan benar kata teh desy jika sebelum tidur berhubungan intim harus mandi junub dulu...?mana bisa tidur yg ada malah main lagi

dgn wudhu cukup ko bu,rosul jg mengajarkan bgt ko,redaksinya aj yg bwt judulx berlebihan,,,,ALLAH iti tdk pernah memberatkan umatnya...

bu deasy ratna@ dgn wudhu ud cukup ko,krn rosul jg mengajarkan demikiam,redaksinya aj yg bwt judul berlebihan,,,islam itu tdk prnah memberatkan

Jadi bagusnya kita wudu dulu sebelum berhubungan,biasanya klo habis berhubungan bawaannya ngantuk

dalilnya kurang jelas
setahu saya menunda mandi junub hingga fajar itu diperbolehkan

hadis dari Aisyah dan Ummu Salamah radhiallahu ‘anhuma; mereka menceritakan, “Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam memasuki waktu subuh, sementara beliau sedang junub karena berhubungan dengan istrinya. Kemudian, beliau mandi dan berpuasa.” (HR. Bukhari 1926 dan Turmudzi 779).

At-Tumudzi setelah menyebutkan hadis ini, beliau mengatakan, “Inilah yang dipahami oleh mayoritas ulama di kalangan para sahabat Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan yang lainnya. Dan ini merupakan pendapat Sufyan At-Tsauri, As-Syafi’i, Ahmad, dan Ishaq bin Rahuyah,” (Sunan At-Turmudzi, 3/140).

bukannya klo berhubungan suami itu mendapat pahala/rahmah

Kitab shahih yg misteri nampaknya

Emang enak pagi kok bu,dede kecilnya lg kenceng2nya kalo baru bangun tuh hehehe bs nambah berkali kali,kalo kagak percaya cb aja sendiri, eh cobanya sama suami, masa cb sndr, pake jari donk gkgkgk

kebayang kalo dalam satu malam 6 kali...

Kalo aku ambil yang aman ..kalu bisa mandi ya..bagus..jaga jaga kalu kita tak bangun lagi alias mati.....hitung hitung dapet double pahal..emhem ahem ma istri sma pahala mandi..kan ok tuh

teu nyambung manehma pak bro..
mendapat pahala emang bener, tp disini yg dibahas soal menunda junubnya, bukan soal pahalanya..
hadeh!

bila keadaan darurat/ngantuk berat, maka wudhu terlebih dahulu bu, tetap niatkan mandi besar, dan nanti setelah bangun tidur segeralah mandi junub.

Dulu suami saya orang arab , dan ketika kita sudah selesai berhubungan bliau langsung ngajak mandi junub .... tidak pernah di pikir nambah pokoe harus mandi mandi dan mandi selepas berhubungan intim , itu yg membuat saya malas tidur dengan suami yg dlu ; masuk angin saya se hari harus mandi 4 atau 5 x gak tau siang sore apa malam ....harus mandi ....

Saya ngalami pas punya suami dlu ; setiap selesai berhubungan badan harus mandi , gak perduli malam atau dingin ... kalau saya gak nurut kita berantem kata saya pada mantan : haroo lama2 saya rematik dan masuk angin trus hidup sama kamu! Gak tau ajaran dari mana ini ,, kok nyiksa saya .... kesel dengan kelakuan nya yg slalu memaksa saya mandi stiap slesai berhubungan , akhirnya kalau dia minta jatah malam saya gak kasih ....cerai de saya bebas rematik dan masuk angin skrg... haha

coba baca kitab sohih tirmizi jilid ke 2 disitu ada hadits nya

maaf ikut nimbrung..ini pengalaman saya pribadi.. saya juga pernah mendengar dalam mauidhoh hasanah,kalau seseorang setelah berhubungan intim,tidak langsung mandi atao wudlu, maka dijauhkan dari malaikat rahmat.dan setelah mendengar itu saya setiap kali berhubungan langsung mandi,juga istri aku.walaupun siang ,malam, ato sore, jam berapapun, tapi gak pernah masuk angin dan rematik.malah ada surve saya lupa drmn yg intinya, ibu yang lagi menyusui apabila setelah berhubungan gak langsung mandi,maka kalo dia menyusui air susunya hukumnya makroh,kalo si bayi sering minum air susu yang makroh yg terjadi anak sering sakit,terutama plek paru2 ato sakit yang lain. dan alhandulillah saya percaya hal itu dan aku jg melaksanakannya.

Heleh...liat dan baca lgi...
Keteranganya aja bolak balik kayak gangsing.gk valid lgi..belajar dulu sampe pinter..jangan belajar jd sok pinter....

ha ha ha,, istri istri,, dan mantan istri lagi curhat,, bu,,, dilarang ceritain hubugan ranjang pasutri walaupun hanya sedikit

Ada yang berhubungan intim di malam hari dengan pasangannya sehingga ia pun junub, lalu tidur malam tanpa mandi wajib terlebih dahulu. Apakah seperti ini dibolehkan? Bolehkah seseorang tidur dalam keadaan junub tanpa mandi atau wudhu terlebih dahulu?
Ada hadits yang menyebutkan sebagai berikut,
عَنِ ابْنِ عُمَرَ أَنَّ عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ سَأَلَ رَسُولَ اللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – أَيَرْقُدُ أَحَدُنَا وَهْوَ جُنُبٌ قَالَ « نَعَمْ إِذَا تَوَضَّأَ أَحَدُكُمْ فَلْيَرْقُدْ وَهُوَ جُنُبٌ »
Dari Ibnu ‘Umar, ia berkata bahwa ‘Umar bin Al Khottob pernah bertanya pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam, “Apakah salah seorang di antara kami boleh tidur sedangan ia dalam keadaan junub?” Beliau menjawab, “Iya, jika salah seorang di antara kalian junub, hendaklah ia berwudhu lalu tidur.” (HR. Bukhari no. 287 dan Muslim no. 306).
Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, ia berkata,
كَانَ النَّبِىُّ – صلى الله عليه وسلم – إِذَا أَرَادَ أَنْ يَنَامَ وَهْوَ جُنُبٌ ، غَسَلَ فَرْجَهُ ، وَتَوَضَّأَ لِلصَّلاَةِ
“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa jika dalam keadaan junub dan hendak tidur, beliau mencuci kemaluannya lalu berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat.” (HR. Bukhari no. 288).
‘Aisyah pernah ditanya oleh ‘Abdullah bin Abu Qois mengenai keadaan Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam,
كَيْفَ كَانَ يَصْنَعُ فِى الْجَنَابَةِ أَكَانَ يَغْتَسِلُ قَبْلَ أَنْ يَنَامَ أَمْ يَنَامُ قَبْلَ أَنْ يَغْتَسِلَ قَالَتْ كُلُّ ذَلِكَ قَدْ كَانَ يَفْعَلُ رُبَّمَا اغْتَسَلَ فَنَامَ وَرُبَّمَا تَوَضَّأَ فَنَامَ. قُلْتُ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَ فِى الأَمْرِ سَعَةً.
“Bagaimana Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam jika dalam keadaan junub? Apakah beliau mandi sebelum tidur ataukah tidur sebelum mandi?” ‘Aisyah menjawab, “Semua itu pernah dilakukan oleh beliau. Kadang beliau mandi, lalu tidur. Kadang pula beliau wudhu, barulah tidur.” ‘Abdullah bin Abu Qois berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah menjadikan segala urusan begitu lapang.” (HR. Muslim no. 307). Rasul pernah tidur setelah bersih2 dan wudhu tapi blum mandi junub, admin ati2 klo bikin permasalahan agama tapi ga punya dasar dalil dosa lho

Mau lngsung mndi atw nggak itu terserah.. toh smua udah ada hadits nya masing masing.. yang salah tu yang pas abis berhubungan intim lngsung tdr trs smpe gk sholat subuh.. itu yang salah.. islam itu indah..

Semuanya benar.. yang salah tu yang udah berhubungan intim lngsung tdr trs smpe gk sholat subuh.. itu yang salah.. mau mndi atw nggak terserah anda karena sudah ada hadits masing masing.. gtu aja ko repot.. islam itu indah..

Mandi junub. Mandi junub iya?
Iya mandi kita mandi junub klo hbs gitu gituan spy bersih dn dpt berkah.

Back To Top