Hati-Hati, Setan Bisa Bersembunyi Di Lubang Hidung Manusia


Setan merupakan salah satu makhluk ciptaan Allah yang senantiasa menggoda manusia untuk menuju kesesatan, ada berbagai tempat persembunyian setan yang tidak pernah diduga-duga oleh manusia. Setan memiliki banyak tempat persembunyian dan salah satunya adalah hidung manusia. Mengapa dan bagaimana setan bisa bersembunyi di dalam hidung manusia?

Hati-Hati, Setan Bisa Bersembunyi Di Lubang Hidung Manusia

Hati-hati Setan Bisa Bersembunyi Di Hidung Manusia, Mengapa?
Setan dan jin banyak bersemayam dalam beberapa lubang tubuh manusia salah satunya adalah lubang hidung. Sehingga Rosulullah selalu menganjurkan setiap umatnya untuk selalu berwudhu setelah bangun tidur dengan menghirup air melalui hidung lalu mengeluarkannya kembali sampai tiga kali. Ternyata anjuran ini memiliki makna yaitu untuk membersihkan setan yang bersembunyi di dalam hidung manusia. Anjuran Rosul ini telah diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

Mengapa setan bersembunyi di hidung manusia saat tertidur? Para ulama telah bertukar pikiran akan sebab persembunyian setan dalam hidung manusia saat tidur. Menurut Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi, hidung merupakan anggota tubuh yang jauh dari nilai-nilai ibadah tidak seperti anggota tubuh lainnya seperti mata yang dapat memiliki nilai ibadah jika digunakan untuk melihat bacaan Al-Qur’an dan untuk melihat keindahan alam ciptaan Allah, telinga dapat memiliki nilai ibadah jika digunakan untuk mendengarkan bacaan ayat suci Al-Qur’an dan untuk mendengarkan hal-hal yang baik, mulut memiliki nilai ibadah jika digunakan untuk membaca ayat suci Al-Qur’an dan digunakan untuk membicarakan hal-hal yang baik atau untuk dakwah. Dengan mata, telinga, dan mulut seorang hamba akan berfikir untuk selalu mensyukuri nikmat Allah yang telah diberikan kepadanya sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Jadi jika dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya, hidung merupakan anggota tubuh yang jauh dari nilai ibadah sehingga setan senang untuk singgah dan bersembunyi didalamnya ketika manusia sedang tertidur. Dalam keadaan tidur manusia masih mampu mendapatkan nilai ibadah dengan telinga dan mulutnya yang selalu melafalkan asma Allah sedangkan telinga akan selalu mendengar lafad Allah.

Rosulullah banyak menganjurkan kepada setiap umatnya untuk selalu menjaga lubang-lubang dalam tubuhnya karena beberapa lubang itu merupakan bagian tubuh manusia yang sering ditempati jin dan menjadi tempat bersemayam para setan untuk menjerumuskan manusia kejalan yang sesat. Salah satu cara untuk menjaga lubang hidung kita yaitu dengan berwudhu dengan benar sesuai dengan ajaran Rosul yaitu dengan menghirup air melalui lubang hidung dan mengeluarkannya kembali hingga 3 kali.

Dengan berwudhu tidak hanya menghilangkan setan yang bersembunyi dalam hidung manusia tetapi juga dapat menjaga kebersihan dan kesehatan hidung kita. Hidung merupakan saluran pernafasan yang berfungsi dalam pertukaran oksigen serta sebagai tempat untuk menyaring kotoran yang masuk bersama dengan udara. Jadi meskipun hidung merupakan salah satu anggota tubuh yang jauh dari nilai ibadah tetapi sangat berguna dalam kelangsungan hidup manusia sehingga kebersihan dan kesehatannya harus dijaga dengan baik. Inilah lubang-lubang tubuh manusia yang bisa menjadi tempat bersembunyi setan.

Selain Syeikh Ibnu Muflih al-Maqdisi, para ulama lainnya pun juga sependapat dengan beliau bahwa lubang hidung merupakan tempat ternyaman untuk persembunyian setan karena jauh dari nilai-nilai ibadah jika dibandingkan dengan anggota tubuh lainnya, sehingga tak heran jika Rosulullah menganjurkan kepada setiap umatnya untuk segera berwudhu setelah bangun tidur dengan menghirup air melalui lubang hidung kemudian mengeluarkannya kembali hingga 3 kali.

Itulah beberapa informasi seputar salah satu lubang yang menjadi tempat persembunyian setan dan hati-hati setan bisa bersembunyi di hidung manusia ketika manusia tertidur.
0 Komentar untuk "Hati-Hati, Setan Bisa Bersembunyi Di Lubang Hidung Manusia"

Back To Top