Tips Ampuh Agar Mudah Bangun Sholat Subuh

Bangun untuk melakukan sholat subuh merupakan kewajiban bagi semua pemeluk Islam, karena itulah ada beberapa tips agar mudah bangun sholat subuh yang bisa digunakan ketika kita merasa bahwa kita mengalami kesulitan untuk bangun di waktu yang masih amat pagi tersebut. Kegagalan untuk bangun di kala subuh berarti kita juga sudah gagal untuk menunaikan salah satu kewajiban umat Islam, yaitu untuk mengerjakan sholat lima waktu. Karena itulah, mungkin bagi kita yang masih sering tertidur harus mengikuti tips-tips yang akan kita bahas bersama-sama pada artikel ini.

Tips Ampuh Agar Mudah Bangun Sholat Subuh

Dalam Islam, sholat subuh merupakan sholat yang menjadi pengawal kegiatan seseorang dan ini adalah sholat yang dinilai paling penting untuk dijaga, karena itu juga beberapa orang perlu tips agar bisa bangun subuh. Belum lagi, ternyata banyak manfaat yang bisa diterima seseorang ketika mereka melakukan sholat subuh seperti misalnya sholat subuh adalah salah satu hal yang akan memperlapang rezeki seseorang. Hal ini juga diceritakan ketika Nabi Muhammad SAW selesai sholat subuh dan melihat putrinya masih tertidur, beliau membangunkannya dan mengatakan bahwa waktu untuk sholat subuh dan waktu sebelum terbitnya matahari adalah masa dimana Allah SWT membagi-bagikan rezeki.

Berikut Ini Adalah Beberapa Tips Ampuh Agar Mudah Bangun Sholat Subuh di Pagi Hari
Bangun untuk sholat subuh mungkin sesuatu yang sulit dilakukan oleh beberapa orang, dan hal tersebut amat dimaklumi, karena waktunya yang amat pagi. Meski begitu, kewajiban seorang muslimlah untuk bangun dan mengagungkan Allah di waktu tersebut seperti yang tertulis dalam hadits riwayat Ahmad. Dalam hadits tersebut, Nabi Muhammad SAW meminta kepada Allah SWT sebagai Tuhan semesta alam yang memegang kekuasaan akan segala yang terjadi di dunia untuk memberkati ummat dari nabi Muhammad di pagi hari.

Mengingat Nabi Muhammad SAW telah mendoakan kita untuk diberkati saat sholat subuh, maka ada beberapa tips agar mudah bangun sholat subuh bagi mereka yang kesulitan, yaitu:

1. Mengetahui Tentang Efek Buruk Meninggalkan Sholat Subuh di Pagi Hari
Ternyata banyak alasan mengapa orang-orang tidak berani meninggalkan sholat subuh, dan hal itu karena ada beberapa efek buruk yang bisa terjadi jika kita meninggalkan sholat yang satu ini. Ketika kita meninggalkan sholat subuh, maka biasanya jiwa kita akan menjadi lemah, dan kita juga akan menjadi lebih mudah meninggalkan persoalan agama yang lainnya.

2. Mengetahui Apa yang Bisa Ia Peroleh Dari Sholat Subuh
Karena ada banyak keburukan meninggalkan subuh, ternyata banyak juga kebaikan yang bisa didapat ketika kita melakukan sholat subuh, apalagi jika dilakukan berjamaah. Karena hal ini, banyak mereka yang menerapkan macam-macam cara agar bangun sholat subuh dengan cara mereka sendiri.

3. Tidur Lebih Cepat
Cara yang paling mudah dan bisa diaplikasikan oleh semua orang adalah dengan tidur di waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan biasanya. Waktu tidur normal untuk orang dewasa adalah 6 hingga 7 jam, jadi lakukan perhitungan sendiri dan tidur 7 hingga 8 jam sebelum waktu subuh tiba.

4. Memelihara Cara Tidur yang Baik
Yang kemudian berperan penting untuk membantu waktu tidur adalah dengan mempertahankan adab tidur kita. Pastikan kita selalu berdoa sebelum tidur, dan kalau bisa bacalah surah Al-Ikhlas, Al-Falaq, dan An-Nas sebelum tidur. Inilah beberapa tips agar mudah bangun sholat subuh.
1 Komentar untuk "Tips Ampuh Agar Mudah Bangun Sholat Subuh"

semoga yang membaca dan sang peulis dapat menjalankan sholat subuh dengan teratur

Back To Top