Lima Bahaya Makan Sambil Bicara

Sejak kecil pasti kita diajari oleh orang tua untuk jangan bicara/ngobrol ketika sedang makan dan minum dan harus menjaga ketenangan selama kegiatan makan. Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, bisa kita lihat bahwa makan sambil bicara atau mengobrol tentu tidak akan sedap dipandang dan pastinya kurang baik juga. Namun, memang jaman sekarang kalau makan tidak sambil ngobrol terasa ada yang kurang, apalagi kalau makan bersama dengan teman-teman.

Lima Bahaya Makan Sambil Bicara

Berkumpul dengan teman dan makan bersama tentu ada banyak topik untuk dibicarakan sehingga mengobrol tidak dapat dihindarkan. Memang tidak boleh mengobrol atau bicara selama makan itu akan terlihat membosankan dan tidak asyik, tapi alangkah baiknya bila nasihat orang tua ini selalu kita pertimbangkan dan taati. Ada beberapa bahaya dan efek negatif yang bakal bisa kita alami kalau ngeyel dan masih mengobrol ketika makan dan minum.

1. Makan sambil bicara atau ngobrol bisa membuat kita tambah kurus atau gemuk. 
Mengobrol hingga terlalu asyik bisa saja malah menurunkan nafsu makan dan akhirnya malah lebih memilih lanjut mengobrol dan bercerita daripada makan (sepertinya mengobrol saja sudah bikin kenyang). Namun sebaliknya, ada juga orang yang asyik mengobrol sambil makan dan tanpa disadari, ia sudah makan banyak tanpa disadari.

2. Makan sambil berbicara dapat membuat kita tidak menikmati makanan dan minuman.
Saking serunya bercanda dengan teman saat makan, tahu-tahu makanan dan minuman kita sudah habis tanpa kita bisa menikmatinya tadi. Lebih menyesal lagi kalau makanan itu adalah makanan favorit kita.

3. Jika yang kita minum adalah minuman beralkohol yang bisa membuat kesadaran kita hilang, bisa-bisa apa yang kita bicarakan melantur dan malah menyakiti hati orang lain. 
Hal satu ini cukup berbahaya karena pengaruh minuman beralkohol atau minuman keras bisa membuat konsentrasi dan kesadaran kita menurun sehingga obrolan tidak lagi pada fokusnya dan akhirnya ada orang lain yang tersinggung dengan perkataan yang keluar dari mulut kita. Ada banyak kasus di mana setelah minum-minum bersama akhirnya malah terjadi perkelahian yang dipicu dari satu perkataan yang membuat pihak lain tidak suka.

4. Bisa saja air liur mengalir ke luar atau bahkan makanan yang kita tengah kunyah. 
Seseru apapun pembicaraan yang ingin atau sedang dilakukan, pastikan ditahan dulu supaya kejadian memalukan seperti ini tidak terjadi. Mungkin tidak masalah karena teman sendiri yang sudah sering melihat tingkah jelek kita, tapi kalau ada orang yang kita sukai tentu membuat kita malu setengah mati bukan?

5. Tersedak makanan atau minuman yang masuk ke tenggorokan.
Akhirnya malah batuk-batuk dan sekaligus malu di depan banyak orang (kalau sedang makan di rumah makan atau mall). Biasanya kalau sudah begitu, sekalipun sudah tidak batuk, nafsu makan akan otomatis hilang dan tidak ingin melanjutkan makan, padahal perut juga belum kenyang-kenyang amat. Hati-hati juga karena tersedak juga bisa menyebabkan kematian, apalagi kalau tersedak potongan makanan yang besar. Kejadian seperti itu tidak terduga karena sering terjadi begitu saja ketika kita sedang asyik-asyiknya bercerita dengan teman.

Untuk itulah, ingat selalu nasihat orang tua jangan bicara/ngobrol ketika sedang makan dan minum supaya hal-hal tersebut tidak terjadi yang justru malah mempermalukan Anda di depan banyak orang.
1 Komentar untuk "Lima Bahaya Makan Sambil Bicara"

Yang jelas bisa tersedak karena tidak konsentrasi untuk makan, terutama pada saat menelan.

Back To Top