Tempat Mustajab Berdoa di Sekitar Mekah Supaya Doa Diterima

Melakukan ibadah haji atau umrah merupakan kewajiban umat Islam yang dilaksanakan di tanah suci. Nah, ini dia tempat mustajab berdoa di sekitar Mekah supaya doa kita akan diterima oleh Allah SWT. Berdoa sebaiknya di tempat-tempat ini dan bukan di sembarang tempat supaya doa yang dipanjatkan tidak ditolak oleh Allah.

Tempat Mustajab Berdoa di Sekitar Mekah Supaya Doa Diterima

6 Tempat Mustajab Berdoa di Sekitar Mekah
1. Multazam atau yang kita tahu sebagai tempat di antara pintu Ka’bah dengan sudut Hajar Aswad adalah yang paling sempurna sebagai tempat kita memanjatkan doa. Berdoa di sana dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT sepuasnya sampai merasa lega dan segala permohonan sudah terucap, entah itu tentang kebahagiaan ukhrawi atau duniawi. Akan lebih baik apabila dapat memegang pintu Ka’bah.

2. Sumur ZamZam yang lokasinya sekitar 21 meter dari Ka’bah jauhnya bisa juga jadi tempat yang baik untuk berdoa dengan sungguh-sungguh. Air yang dihasilkan oleh sumur ini bisa sekitar 11 sampai 19 liter per detiknya dan dalamnya sumur diperkirakan 30 meter dan dibagi menjadi tiga area, dari arah bukit, dari arah Ka’bah, dan dari arah bukit Shafa. Air zamzam bisa diminum sambil memanjatkan doa. Tapi ingat apa yang diajarkan oleh ulama bahwa meminumnya hanya tiga kali tegukan saja. Berdoalah supaya iman dimantapkan pada tegukan pertama, mintalah supaya dipenuhi ilmu pengetahuan di tegukan kedua dan berdoalah supaya diberi rezeki halal berlimpah di tegukan ketiga.

3. Muzdalifah yang letaknya ternyata berjarak 10km dari Mekah ini juga menjadi salah satu tempat mustajab di daerah antara Arafah dan Mina. Untuk mengejar terkabulnya doa di tempat-tempat mustajab bisa dilakukan di tempat yang memiliki panjang tidak sampai 4 meter. Memang wilayahnya tidak terbilang luas dan berada di antara dua gunung dengan jarak yang sangat dekat setelah Arafah.

4. Kawasan belakang Maqam Ibrahim juga merupakan tempat wajib yang sebaiknya dikunjungi untuk berdoa ketika datang umrah atau haji, tepat setelah melakukan thawaf tujuh putaran dan beribadah serta memanjatkan doa sebentar di Multazam, di belakang maqam Ibrahim itulah umat Islam disunatkan shalat. Letaknya dekat dengan Multazam dan terjangkau apalagi kalau dari Ka’bah.

Maqam memiliki arti harafiah sebagai tempat berdiri atau kedudukan dan ketika mencari tempat dan waktu doa mustajab saat haji atau umrah, Maqam Ibrahim selalu disebut. Ini dikarenakan pada awal pembangunan Ka’bah, Nabi Ibrahim as menggunakan batu maqam Ibrahim. Jika mencoba dilihat secara teliti, di batu itu akan Nampak bekas pijakan kaki yang orang-orang percayai milik Nabi Ibrahim as.

5. Di dalam Ka’bah tentu jadi tempat mustajab dan memang masuk ke dalamnya bisa dikatakan sulit tapi Aisyah ra pernah dibawa oleh Rasullah SAW ke Hijir Ismail ketika Aisyah minta izin untuk mengerjakan shalat di dalam Ka’bah. Rasullah mengatakan kepada Aisyah untuk shalat di tempat tersebut karena Hijir Ismail masih termasuk bagian dari Ka’bah. Hijir Ismail akhirnya menjadi salah satu dari nama-nama tempat yang mustajab untuk berdoa dan jemaah harus mengantre untuk masuk ketika haji dan umrah, karena memang tempatnya tidak terlalu besar. Berdoa di sana biasanya dilakukan setelah shalat sunah mutlak.

6. Di bawah pancuran Ka’bah atau Mizab yang lokasinya di arah Hijir Ismail. Namun pada zaman Nabi Ibrahim as, pancuran ini belum ada. Suku Quraisy-lah yang membuat talang pancuran di saat yang sama dengan pembuatan atap Ka’bah. Biasanya para jemaah haji atau umrah setelah berthawaf akan berdoa di tempat mustajab berdoa di sekitar Mekah satu ini dan berlama-lama di sana.
1 Komentar untuk "Tempat Mustajab Berdoa di Sekitar Mekah Supaya Doa Diterima"

SUBEHANALLAH ALHAMDULILLAH , AMIN

Back To Top