Hikmah Dibalik Mengangkat Kedua Tangan Dalam Shalat

Ketika shalat, kita diwajibkan mengangkat kedua tangan ke atas yang disebut gerakan takbir. Ternyata ada hikmah dibalik mengangkat kedua tangan dalam shalat ini. Gerakan takbir merupakan bagian dari gerakan yang wajib dilakukan ketika kita sedang melakukan shalat, dan salah satu alasan mengangkat kedua tangan adalah karena hal tersebut membuat shalat yang kita lakukan terlihat lebih megah, jauh lebih indah, dan menjadi jauh lebih sempurna untuk dilihat jika dibandingkan dengan tanpa gerakan takbir tersebut.

Hikmah Dibalik Mengangkat Kedua Tangan Dalam Shalat

Melakukan gerakan takbir dalam shalat pertama kali diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, dimana hal ini tertulis pada sebuah hadits yang sering dikeluarkan oleh orang-orang. Hadits tersebut berbunyi tentang Rasulullah SAW yang bersabda bahwa orang-orang sebaiknya shalat dengan mengikuti cara Rasulullah SAW melakukan shalat. Dan jika kita mau mencermati bersama cara Rasulullah shalat, ternyata harmonisasi gerakan yang dilakukan ketika kita shalat teramat luar biasa, mengingat hampir seluruh bagian tubuh kita ikut serta di dalamnya. Mungkin ini juga yang dimaksud dengan sedekah setiap persendian yang tertulis pada sebuah hadits riwayat Abu Dzar nomor 1181.

Salah satu alasan dilakukannya gerakan takbir dalam shalat diperkirakan adalah untuk membantu kesehatan jasmani serta rohani orang yang melakukannya. Salah satu tujuan lain yang paling utama dari gerakan mengangkat tangan ini adalah sebagai salah satu cara untuk melakukan refleksi pada urat siku dan pergelangan tangan. Hal ini kemudian menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kita yang kini bekerja di dunia modern, berhadapan seharian dengan komputer dan tangan kita ada pada meja secara non-stop. Dengan melakukan gerakan takbir berkali-kali lewat shalat lima kali sehari, maka niscaya pergelangan tangan kita dan bagian lainnya akan selalu terjaga.

Hikmah dibalik mengangkat kedua tangan dalam shalat yang paling pertama bisa ditemukan lewat keterangan yang dituliskan oleh Imam Syafi’i, dimana hal tersebut beliau kutip dari Syaikh Nawawi dalam buku Nihayatuz Zain. Gerakan takbir tersebut, menurut Imam Syafi’i adalah sebuah pertanda mengenai usaha seorang hamba akan keagungan yang dimiliki oleh Allah SWT. Pengangkatan tangan tersebut juga bisa berarti sebagai harapan akan karunia serta ampunan yang diberikan oleh Allah SWT kepada umat-umatnya yang ada di seluruh belahan Bumi manapun.

Syaikh Muhammad Sahalih menjawab pertanyaan “untuk apa mengangkat kedua tangan saat shalat?” dengan sebuah jawaban yang amat simpel dan langsung menuju intinya, karena gerakan tersebut ialah sebuah gerakan yang dari pertama dulu sudah menjadi ajaran Nabi Muhammad SAW. Beliau juga menambahkan bahwa ketika kita mengikuti cara Rasulullah SAW beribadah, semoga kita bisa mendapatkan hikmah yang lain, dan semoga juga kita bisa mendapatkan kebaikan dari apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Dalam gerakan takbir juga, Syaikh Muhammad melanjutkan, ada sebuah pertanda bahwa kita sedang mengagungkan Allah SWT sebagai satu dzat yang memiliki kendali penuh atas seluruh makhluk di alam semesta, bahkan atas seluruh bagian dari alam semesta itu sendiri. Pengagungan inilah yang menyebabkan kita menyebutkan “Allahuakbar”. Ini adalah sebuah bentuk lain dari penyembahan dan bentuk ibadah kepada Allah SWT, dan merupakan hikmah dibalik mengangkat kedua tangan dalam shalat yang dinilai beberapa ulama sebagai yang terbaik.
0 Komentar untuk "Hikmah Dibalik Mengangkat Kedua Tangan Dalam Shalat"

Back To Top