Amalan Yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga

Semua orang di dunia ini pasti ingin masuk surga, tapi tahukah mereka tentang amalan yang paling banyak membuat masuk surga? Ternyata hanya dua hal yang paling baik, dimana meskipun cuma ada dua, hanya beberapa yang memiliki kedua hal tersebut. Bahkal hal nomor dua diperkirakan kini sudah jarang dimiliki, bahkan meskipun kita berhadapan dengan orang yang sudah amat kenal agama. Apakah hal-hal tersebut? Mari pada kesempatan ini kita bahas keduanya secara menyeluruh.

Amalan Yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga

Ada Dua, Apa Saja Amalan yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga?
Memang kita bisa saja melakukan banyak kebaikan demi menumpuk pahala yang kemudian bisa kita gunakan untuk masuk surga, tapi ternyata ada dua hal yang membuat masuk surga secara lebih pasti, dan hal-hal tersebut adalah takwa dan akhlak yang baik. Terdengar simpel bukan? Bahwa untuk masuk surga seseorang hanya perlu bertakwa dan memiliki akhlak yang tidak buruk. Tapi nyatanya, banyak yang bertakwa tapi tidak memiliki akhlak yang baik. Memang hal tersebut amat sulit diketemukan bahkan pada orang-orang yang sudah terus-menerus pergi haji, atau yang selalu menuntun ilmu lewat majelis di masjid. Kekurangan orang-orang tersebut adalah mungkin saja terkadang mereka melalaikan amanat yang telah diberikan oleh orang lain kepadanya.

Salah satu hal yang masuk dalam dua amalan pembawa ke surga adalah takwa, tapi apakah sesungguhnya takwa itu? Takwa sesungguhnya adalah memiliki rasa takut terhadap Allah, dan mencoba sekuat tenaga untuk menghindari murka, marah, dan siksa dari Allah yang juga bertugas sebagai Tuhan dari seluruh alam semesta, galaksi, dan seluruh isinya. Cara untuk menjadi orang yang bertakwa, menurut Ibnu Rajab Al Hambali adalah dengan cara mengerjakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan meninggalkan segala macam hal yang sudah diharamkan oleh-Nya.

Hal yang menjadi amalan yang paling banyak membuat masuk surga yang kedua adalah akhlak yang baik milik seseorang. Apakah bentuk akhlak yang baik? Jika memang seseorang memiliki ketakwaan yang tinggi dan benar, harusnya mereka juga memiliki akhlak yang baik. Yang kemudian menjadi masalah di masyarakat modern ini adalah banyak yang berpikir bahwa takwa berarti hanya terus menerus menjalankan hak-hak dan perintah yang diberikan oleh Allah SWT tanpa perlu memikirkan sesama

Amalan yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga dan Cara Mendapatkannya
Setelah kita mengetahui dua hal pembawa manusia ke surga, tentu saja kita akan ingin mendapatkannya dengan segala cara. Tapi bagaimanakah cara mencapai kedua hal tersebut secara baik, utuh, benar, dan sempurna?

Untuk bisa menjadi orang bertakwa, kita tidak cukup hanya melakukan puasa siang hari pada senin dan kamis, atau melakukan shalat malam setiap harinya. Yang dimaksud dengan takwa adalah dengan meninggalkan apa yang sudah diperintahkan oleh Allah sebagai haram, dan tidak pernah tertinggal melakukan hal yang telah diwajibkan oleh Allah. Takwa yang sebenar-benarnya pernah disebut dalam Al-Qur’an surat Ali Imran ayat 102, yang isinya tentang menaati Allah, mengingat, dan mensyukuri segala nikmat dari-Nya.

Akhlak yang baik sejatinya merupakan bagian dari ketakwaan, karena untuk menghindari larangan Allah berarti juga menghindari berbuat kejahatan kepada seluruh orang lain. Adapun salah satu contoh kebaikan seseorang adalah mereka yang ramah, dermawan, dan luar biasa tangguh dalam menahan amarah yang ada pada diri mereka. Begitu dua hal tersebut bisa dipenuhi, maka seseorang sudah memiliki amalan yang paling banyak membuat masuk surga.
1 Komentar untuk "Amalan Yang Paling Banyak Membuat Masuk Surga"

Back To Top