Perbedaan Cara Pria & Wanita Memandang Perselingkuhan

Perselingkuhan memang sering terjadi di kehidupan manusia, tapi ternyata ada perbedaan cara pria & wanita memandang perselingkuhan yang berkaitan dengan sisi psikologis. Pada kesempatan kali ini, kita akan sama-sama membahas apa yang menjadi alasan mengapa pria atau wanita melakukan perselingkuhan, dan apa yang mereka rasakan ketika mereka sedang melakukan perselingkuhan tersebut.

Perbedaan Cara Pria & Wanita Memandang Perselingkuhan

Perbedaan Cara Pria & Wanita Memandang Perselingkuhan, Dilihat Dari Sisi Ilmiah
Sempat ada perkataan yang menuliskan bahwa jika laki-laki berasal dari Mars, maka wanita sudah tentu berasal dari Venus. Perkataan tersebut sempat dinilai sebagai sebuah perkataan yang amat seksi, tapi ternyata sebenarnya ia hanya ingin menunjukkan bahwa pria dan wanita memiliki banyak perbedaan. Dan pada artikel kali ini kita akan membahas beda pria dan wanita dalam berselingkuh seperti pada penelitian yang sudah dilakukan dan akhirnya dipublikasikan lewat Journal Archives of Sexual Behavior.

Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan terhadap sekitar hampir 64.000 orang heteroseksual, biseksual, dan homoseksual ini menyimpulkan bahwa ternyata dalam hubungan heteroseksual, seorang pria lebih mudah sedih jika terkena masalah perselingkuhan sementara wanita biasanya akan terganggu emosionalnya, dan ini hanya yang pertama dalam perbedaan pandangan selingkuh pria dan wanita. Penelitian ini dilakukan secara daring dengan metode survey, dan target survei mereka adalah orang-orang yang mengunjungi situs msnbc.com pada sekitar tahun 2007.

Kata kunci utama dari survei yang dilakukan tersebut adalah tentang situasi mana yang bisa membuat seseorang menjadi stres atau sedih. Ada beberapa pilihan jawaban yang bisa dipilih oleh seorang responden seperti misalnya “menemukan pasangan memiliki hubungan dengan orang lain secara seksual” hingga “pasangan mencintai orang lain (tapi tidak ada hubungan seksual dengan orang lain tersebut)”. Disinilah terdapat perbedaan cara pria & wanita memandang perselingkuhan, dimana 54% pria yang heteroseksual akan merasa lebih sedih jika pasangannya melakukan hubungan seksual dengan orang lain, dibandingkan jika pasangan tersebut jatuh cinta dengan orang lain, sementara untuk wanita, hanya 35%.

Perbedaan Cara Pria & Wanita Memandang Perselingkuhan Dari Segi Psikologis Masing-Masing
Mungkin beberapa orang bertanya-tanya mengapa bisa terjadi perbedaan antara wanita dan pria ketika berbicara masalah perselingkuhan yang akar permasalahannya cukup pelik ini? Ternyata hal ini ada kaitannya dengan ketidakpastian paternal yang diungkapkan oleh para ahli di bidang evolusi psikologi. Saat pria mengetahui bahwa pasangan mereka terlibat dalam sebuah perselingkuhan, akan terjadi sebuah masalah pemikiran pada pria bahwa mereka bukanlah ayah dari anak-anak yang akan dihasilkan oleh pasangannya tersebut, hal inilah yang membuat beda cara pria memandang selingkuh jika dibandingkan wanita.

Jika tadi adalah bagaimana pria mengartikan perselingkuhan pasangannya, wanita juga memiliki cara pandang mereka sendiri dari sisi psikologis. Wanita lebih memperdulikan perselingkuhan emosional semata-mata karena mereka menjadi tidak yakin akan masa depan dari keturunan-keturunan mereka nantinya. Kaum wanita ini menganggap bahwa mereka punya keharusan untuk menjaga anak-anak mereka, mulai dari ketika mereka masih ada di kandungan hingga saat mereka tumbuh menjadi orang dewasa, dan dalam lingkup menjaga juga adalah faktor emosional sang anak. Dari hal tersebut, biasanya wanita akan menarik kesimpulan bahwa jika pasangannya jatuh cinta dengan orang lain maka akan dihentikan pula pasokan material dan emosional yang selama ini diberikan kepada anak-anaknya.

Sekali lagi, hal ini masih dinilai oleh ahli psikologi lainnya hanya sebagai dugaan perbedaan cara pria & wanita memandang perselingkuhan.
0 Komentar untuk "Perbedaan Cara Pria & Wanita Memandang Perselingkuhan"

Back To Top