Keutamaan Mengucap Kalimat Tauhid "Laa Ilaha Illallah”

Keutamaan mengucap “kalimat Laa Ilaha Illallah” bagi umat Muslim ternyata amat banyak. Tapi sebelum ada kelebihan yang lain, kelebihan yang paling utama ketika seseorang mengucapkan “Laa Ilaha Illallah” dan mempercayai ucapan tersebut berarti orang tadi telah menolak bahwa ada kuasa lain dan telah menerima Allah sebagai satu-satunya Tuhan yang mengatur segala semestanya. Kalimat ini merupakan sebuah kalimat yang penting, menandakan bahwa seseorang telah menganut Islam sebagai agama yang ia percaya akan membawanya menuju surga milik Allah.

Keutamaan Mengucap Kalimat Tauhid "Laa Ilaha Illallah”

Beberapa Keutamaan Mengucap “Kalimat Laa Ilaha Illallah” yang Paling Efektif
Pengucapan kalimat “Laa Ilaha Illallah” sendiri selain membuat seseorang menganut Islam ketika mempercayai ucapan tersebut ada banyak dan banyak pula ternyata hadist yang telah menerangkan ini. Kalimat yang juga disebut sebagai kalimat Tauhid ini ternyata memiliki banyak keutamaan yang mungkin tidak bisa dihitung oleh manusia, mengingat kalimat ini merupakan sebuah kalimat pemujaan terhadap Allah dan mengakuiNya sebagai satu-satunya Tuhan di jagat raya.

1. Kalimat Tauhid Merupakan Kalimat yang Mampu Membawa Seseorang ke Dalam Surga
Muslim meriwayatkan dalam hadistnya bahwa pada suatu masa, Rasullullah SAW mendengar seorang muadzin sedang mengucapkan “Asyahduallaa Ilaaha Illallaah”, dan beliau mendatangi orang tersebut. Rasulullah kemudian memberi tahu bahwa khasiat membaca kalimat “Laa Ilaha Illallah” adalah orang yang membaca akan terbebas dari api neraka. Hal ini juga diperkuat dengan hadist dari Abu Daud yang menyatakan bahwa Rasulullah berkata, jika seseorang meninggal dan mengucap kalimat Tauhid maka ia akan masuk ke dalam surga milik Allah.

2. Kalimat Tauhid Adalah Dzikir yang Paling Baik
Keutamaan mengucap “kalimat Laa Ilaha Illallah” yang lainnya diriwayatkan lewat hadist yang dinilai hasan oleh Syaikh Al Albani. Hadist ini bercerita bahwa Rasulullah SAW mengatakan, kalau kalimat Tauhid merupakan sebaik-baiknya dzikir yang bisa diucapkan oleh seorang manusia.

3. Pahala Membaca Kalimat Tauhid Sama Dengan Memerdekakan Budak, Sekaligus Menjadi Pelindung Dari Syaitan
Hadist riwayat Bukhori dan Muslim mengisahkan bahwa Abu Hurairah menceritakan dari Rasulullah SAW bahwa kebaikan mengucap “Laa Ilaha Illallah” memiliki tingkatan yang sama dengan jika seseorang berjuang keras untuk membebaskan seorang budak. Dikatakan juga, bahwa tidak ada keutamaan yang bisa menyaingi keutamaan membaca kalimat Tauhid kecuali dengan membaca lebih banyak lagi kalimat tersebut.

Keutamaan Mengucap “Kalimat Laa Ilaha Illallah” yang Lainnya
Sebenarnya masih banyak memang keutamaan yang bisa diperoleh seseorang ketika ia mengucapkan kalimat Tauhid, tapi tidak mungkin semuanya bisa dituliskan mengingat kalimat tersebut adalah kalimat yang paling baik, dan merupakan kalimat yang paling disenangi oleh Allah SWT sehingga Ia bahkan menjajikan surga bagi siapapun yang sering melantunkannya.

Menurut sebuah hadist, Rasulullah SAW berkata bahwa Allah SWT akan menyelamatkan seorang manusia dan kelompoknya meskipun tumpukan dosa yang mereka miliki sangat banyak, bahkan melimpah hingga jumlah buku catatan dosa itu tak lagi bisa terlihat oleh mata telanjang. Ketika hari penghisaban nanti, buku-buku tersebut akan ditimbang, dan hanya ada satu hal yang bisa menyelamatkan orang tersebut dan kaum-kaumnya yang tersesat, yaitu ucapan “Laa Ilaha Illallah”. Rasulullah SAW bersabda bahwa hal ini terjadi dikarenakan tidak akan ada yang bisa memiliki beban lebih berat dibandingkan pemujaan dan kepercayaan bahwa Allah SWT adalah satu. Dan ini merupakan salah satu keutamaan mengucap “kalimat Laa Ilaha Illallah”.
1 Komentar untuk "Keutamaan Mengucap Kalimat Tauhid "Laa Ilaha Illallah”"

Back To Top