Empat Alasan Mengapa Kita Merasa Waktu Berlalu Begitu Cepat

Kita semua pasti pernah merasa bahwa satu hari itu begitu cepat dan menurut seseorang bernama Simon Grondin yang dikenal sebagai seorang psikolog ini menyatakan bahwa waktu akan terasa cepat sekali berjalan apabila kita sedang melakukan hal yang menyenangkan hati atau ketika kita tidak sedang memerhatikan. Kita pun boleh setuju dengan alasan-alasan berikut ini.

Empat Alasan Mengapa Kita Merasa Waktu Berlalu Begitu Cepat

4 Alasan Mengapa Kita Merasa Waktu Berlalu Begitu Cepat Tanpa Disadari
Pasti kita pernah merasa waktu begitu lama berjalan, bahkan satu menit saja terasa lama apabila kita sedang memperhatikan hal yang kita tidak suka atau melakukan hal yang bukan menjadi salah satu ketertarikan kita. Sebaliknya, waktu dapat dengan cepat berjalan ketika kita melakukan hal-hal yang membuat diri sendiri senang. Kegiatan-kegiatan seperti di bawah ini pasti mampu membuat kita merasa sehari hanya beberapa menit saja, dan Anda pun pasti setuju.

1. Bermain game adalah aktivitas yang membuat waktu berlalu secara kilat, dan para gamers pun pasti mengiyakan hal ini. Duduk sambil memegang smartphone atau di depan PC bermain game selama berjam-jam sampai lupa makan dan mandi dan bahkan tidak menghiraukan panggilan orang tua, pacar atau teman itu memang bukanlah hal yang baik. Tapi nyatanya, ada banyak orang yang menyukai hal tersebut (maka itu mereka disebut gamers).

Ini memang menjadi salah satu alasan mengapa waktu terasa semakin cepat berlalu, tapi jangan pernah meniru hal yang seperti ini karena kebanyakan di depan layar monitor komputer tidak baik untuk kesehatan jari-jari tangan serta mata kita. Duduk berlama-lama juga bisa berpengaruh pada kesehatan sekitar punggung. Ada juga yang mengatakan bahwa duduk terlalu lama bisa memicu ambeyen.

2. Browsing di Internet merupakan aktivitas yang tidak diragukan lagi keseruan dan keasyikannya karena segala macam yang kita suka mau itu soal hobi, fashion, video, makanan, artikel-artikel seru, kabar terbaru idola kita, dan sebagainya ada di Internet. Ada banyak blog yang seru kalau dikunjungi dan malah membuat ketagihan, termasuk 9gag dan YouTube.

Mengapa waktu berlalu begitu cepat? Salah satunya karena Internet dan menurut beberapa pengalaman kita waktu browsing YouTube, tadinya kita hanya ingin menonton satu atau dua video tapi akan menjadi keterusan kalau melihat video lain yang direkomendasikan di sebelah kanan. Ini yang menyebabkan kita tidak selesai-selesai browsing.

3. Buat para pria, menonton sepakbola pasti lebih seru dari apapun dan meski satu pertandingan hanyalah 2x45 menit, waktu yang semakin cepat berlalu itu disebabkan keseruan pertandingan tersebut. Dikatakan juga oleh beberapa pria yang suka menonton pertandingan sepakbola bahwa ketika tim jagoannya tertinggal, waktu memang lebih cepat berlalu, tapi sebaliknya kalau sudah mengungguli lawannya, maka pertandingan menjadi terasa lama dan membosankan.

4. Buat para wanita, menonton drama Korea sama asyiknya seperti para pria yang menonton pertandingan sepakbola dan bahkan sampai bisa lupa waktu. Banyak wanita yang sekarang-sekarang ini memiliki hobi menonton drama Korea, baik itu remaja perempuan, maupun ibu-ibu rumah tangga. Tidak usah menunggu ditayangkan di televisi, drama Korea dalam bentuk DVD bisa didapatkan dengan mudah. Ada mungkin yang sampai lupa masak atau lupa mengurus anak karena saking bagusnya itu drama dan terus menonton sampai beberapa episode dalam sehari, padahal satu episode itu rata-rata berdurasi satu setengah jam.

Sudah lihat bukan beberapa alasan mengapa kita merasa waktu berlalu begitu cepat dan pastinya kita setuju akan hal-hal tersebut karena telah mengalaminya sendiri.
0 Komentar untuk "Empat Alasan Mengapa Kita Merasa Waktu Berlalu Begitu Cepat"

Back To Top