10 Jenis Fobia Terekstrim di Dunia

Fobia atau ketakutan yang amat sangat, dialami oleh banyak orang disadari atau tidak disadari. Ketika kita takut akan suatu hal secara berlebihan, itulah yang dinamakan fobia. Efek dari fobia ini bisa membuat orang menangis atau bahkan sampai pingsan karena memang fobia bisa menimbulkan ketakutan yang tidak jelas. Ada banyak jenis fobia, tapi kali ini yang akan kita ketahui lebih dalam adalah fobia yang aneh-aneh.

10 Jenis Fobia Terekstrim di Dunia

Misteri Fobia, Ketakutan yang Amat Sangat dan Jenis Fobia yang Terlalu Aneh
Fobia dialami seseorang karena ia merasa trauma akan hal yang ia takuti tersebut, dan ini biasanya tidak disadari oleh si pengidap fobia. Fobia ketinggian itu sudah biasa atau fobia serangga, tapi ada juga yang takut pada hal-hal yang seharusnya tidak ditakuti. Ini dia bahasan beberapa fobia yang tergolong aneh.

1. Geniophobia atau fobia terhadap dagu. 
Dagu adalah bagian dari wajah kita yang agaknya tidak mungkin bisa membuat takut, tapi nyatanya memang ada orang yang mengalami fobia seperti ini. Ada juga fobia bagian tubuh yang lain dengan istilah yang berbeda-beda, seperti ishicascadiggaphobia atau fobia terhadap siku, chirophobia atau fobia terhadap tangan, dan genuphobia atau fobia terhadap lutut. Untuk fobia seperti ini bisa diterapi supaya sembuh.

2. Ablutophobia atau fobia terhadap kegiatan membersihkan diri alias mandi. 
Yang ini adalah perasaan takut bukan malas untuk mandi; hal ini biasanya diidap oleh orang dewasa, karena kalau anak-anak itu biasanya justru malas.

3. Heliphobia atau fobia terhadap cahaya matahari. 
Orang-orang dengan fobia seperti ini biasanya menolak untuk diajak beraktivitas di luar ruangan pada siang hari. Padahal terkena sinar matahari itu menyehatkan dan ini adalah satu dari macam-macam phobia aneh yang termasuk tidak wajar dan perlu segera ditangani. Ketakutan akan cahaya matahari ini bisa juga berawal dari ketakutan akan bahaya yang terwujud dari matahari.

4. Geliophobia atau fobia terhadap tawa. 
Tertawa adalah hal yang paling menyenangkan karena ketika tertawa, kita lupa akan masalah kita sejenak. Tertawa juga baik untuk kesehatan dan bahkan mampu membuat wajah seseorang lebih awet muda. Bagi pengidap Geliophobia, mereka tidak bisa dan tidak tahan berkumpul dengan orang-orang yang tertawa, bahkan ketika diri sendiri tertawa, rasa takut tersebut akan muncul.

5. Optophobia atau ketakutan untuk membuka mata. 
Memang dianggap sangat pelik fobia seperti ini dan cara mengatasi phobia seperti ini bakal sangat sulit karena pengidapnya sendiri merasa kesulitan membuka mata sendiri. Terapi mimpi buruk bisa jadi solusi untuk pengidap fobia jenis ini supaya mereka tergerak untuk buka mata sendiri.

6. Bibliophobia atau fobia terhadap buku. 
Hal ini bukan fobia yang wajar karena sekalipun orang tidak gemar membaca, di rumah atau di setiap ruangan rumah pasti terdapat buku. Orang dengan fobia seperti ini tentu harus jauh-jauh dari buku jenis apapun.

7. Chrematophobia atau Chrometophobia atau fobia terhadap uang. 
Bisa dibayangkan betapa pengidap jenis fobia seperti ini tidak akan pernah mau memegang uang bahkan memilikinya karena melihatnya saja pasti sudah membuatnya ketakutan setengah mati.

8. Dipsophobia atau fobia terhadap minuman. 
Minuman merupakan kebutuhan setiap manusia, dan ada sebuah fakta menyebutkan bahwa orang bisa bertahan hidup meski hanya dengan air minum saja.

9. Kathisophobia atau fobia terhadap duduk. 
Bisa dibayangkan jika seseorang takut untuk duduk, ia akan lebih nyaman dalam keadaan berdiri. 

10. Lalophobia atau Laliophobia atau fobia untuk bicara. 
Karena takut untuk bicara, maka biasanya orang pengidap fobia ini tentu lebih pendiam daripada orang yang pendiam. Ini salah satu misteri fobia, ketakutan yang amat sangat pada satu kegiatan yang seharusnya menjadi hal normal.
0 Komentar untuk "10 Jenis Fobia Terekstrim di Dunia"

Back To Top