Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Kita hidup di zaman yang serba sulit, namun beberapa orang di antara kita masih dengan senang hati menyantuni anak yatim. Hal ini terjadi kemungkinan besar karena mereka mengetahui tentang keutamaan menyantuni anak yatim, dimana ada beberapa keutamaan menarik yang bisa kita petik dari hal itu. Lagipula dengan kita menyantuni satu anak yatim, maka kita telah membuat dunia menjadi jauh lebih baik dari satu orang. Mungkin memang terdengar remeh bahwa kita hanya memberi santunan pada satu orang, tapi hal tersebut semoga bisa membuat orang lain yang tidak sengaja melihat atau bahkan si anak itu sendiri menjadi memiliki pikiran yang sama dengan kita.

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim

Keutamaan Menyantuni Anak Yatim Serta Stigma yang Berkembang di Masyarakat
Menyantuni anak yatim dibilang merupakan sebuah aksi kebajikan yang luar biasa bijak, dimana kita mau berbagi kebahagiaan yang kita rasakan kepada mereka yang mengalami kekurangan di banyak sisi. Ada banyak alasan mengapa orang mau berbagi dengan anak yatim, baik karena mereka semata-mata ingin dilihat oleh orang lain, berharap akan ridho yang datang dari Allah SWT nantinya, atau bahkan karena mereka merasa iba pada anak-anak yang tidak memiliki orang tua lagi, baik itu hanya satu pihak atau kedua orang-tuanya telah tidak lagi ada di dunia ini.

Mereka yang memberi untuk anak yatim kadang memiliki alasan agar mereka diberikan sebuah rahmat oleh Allah SWT. Tapi apakah ini memang benar bahwa menyantuni mereka yang sudah yatim akan mendapat rahmat? Ataukah rahmat yang dibicarakan disini adalah rasa senang karena telah bisa berbagi dengan orang yang kurang mampu? Entahlah, tapi yang sudah pasti adalah perbuatan baik kita tidak akan pernah disia-siakan oleh Allah SWT yang berperan sebagai Tuhan semesta alam.

Berikut Adalah Keutamaan Menyantuni Anak Yatim dan Dasar Hukum atau Dalil-Dalil Untuknya
Keutamaan menyantuni anak yatim ternyata sudah ada di dalam Al-Qur’an dan hadits-hadits yang beredar di tangan para pemuka agama. Lewatnya, bisa kita simpulkan bahwa beberapa hal positif yang kita terima ketika kita memberi santunan kepada anak-anak yang kurang mampu dan seorang yatim adalah sebagai berikut:

• Dengan menyantuni anak yatim, kita akan diberikan balasan yang luar biasa
Di surat Al-Baqarah ayat 177 dikatakan bahwa yang dinilai sebagai baik bukanlah bagaimana kita menghadapkan wajah ke timur atau barat, tapi beriman pada Allah, nabi, rasul, kitab, dan malaikat, serta memberikan harta yang mereka miliki kepada anak-anak yatim yang kurang beruntung.

• Posisi kita di mata Allah akan semakin meningkat
Lewat sebuah hadits riwayat Tirmidzi, diketahui bahwa dengan memberi santunan kepada anak yatim maka kita akan diangkat derajatnya oleh Allah SWT. Hadits tersebut berbunyi bahwa Allah SWT dan seluruh penduduk langit akan menyayangi orang-orang yang menyanyangi penduduk bumi yang lainnya.

• Sebuah jaminan akan tiket kita ke surga
Dari kitab Zubdah Al Wa’idin, dituliskan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda mengenai bagaimana Allah SWT akan menghias seseorang yang menghiasi anak yatim di hari raya. Allah juga akan melindungi orang tersebut hingga mencapai surga-Nya.

Mungkin apa yang kita lakukan terdengar tidak signifikan karena satu orang manusia hanya bisa berlaku sebisanya, tapi siapa yang tahu bahwa satu kebaikan yang kita lakukan akan menginspirasi orang lain untuk mengetahui keutamaan menyantuni anak yatim.
0 Komentar untuk "Keutamaan Menyantuni Anak Yatim"

Back To Top