Benarkah Mitos “Tangan Gatal” = Mendapatkan Uang?

Indonesia memang merupakan negara yang dipenuhi dengan mitos, tapi benarkah mitos “tangan gatal” = mendapatkan uang? Dari banyaknya mitos yang bergulir di masyarakat, mitos yang satu ini merupakan mitos yang paling digemari masyarakat. Hal ini sangat masuk akal karena semua orang akan merasa senang jika mereka mendapatkan uang gratis yang bisa menjadi tambahan untuk mereka entah dari mana.

Benarkah Mitos “Tangan Gatal” = Mendapatkan Uang?

Hampir semua orang di Indonesia mengetahui mitos tangan gatal yang sering terjadi di masyarakat. Mitos ini mengatakan bahwa jika tiba-tiba tangan terasa gatal maka itu berarti mereka yang mengalaminya akan mendapatkan uang secara tiba-tiba entah dari mana. Bagi yang belum pernah mendengar mitos ini, maka berikut penggambarannya:

Seorang ibu rumah tangga pada suatu hari sedang menyiapkan makanan untuk dibawa anaknya sekolah, lalu tiba-tiba ia merasakan gatal yang entah darimana sumbernya. Ia kemudian dengan senang memberitahukan kejadian ini pada anaknya, bahwa ia merasakan gatal di tangannya yang kemudian ia asosiasikan dengan mitos mendapat uang jika tangan gatal. Benar saja, ketika pulang ke rumah malam itu, suaminya membawa uang tambahan yang bisa ia gunakan untuk menambah uang belanja setiap harinya. Karena hal ini, ibu rumah tangga tadi akan semakin percaya pada mitos tersebut dan jika hal yang sama terjadi maka ia akan mengharapkan mendapatkan rejeki yang sama.

Kira-kira begitu ilustrasi untuk menggambarkan mitosnya, tapi benarkah mitos “tangan gatal” = mendapatkan uang? Apakah akan selalu terjadi jika kita mengalami gatal di tangan? Akankah selalu ada uang misterius yang tiba-tiba menghampiri kita saat tangan kita merasa gatal? Hingga saat ini, tidak ada temuan ilmiah yang mampu mengaitkan kedua hal tersebut. Karena absennya bukti, maka mungkin akan lebih baik mengatakan bahwa tidak ada hal yang mampu mendasari pernyataan hubungan antara tangan gatal dan secara ajaib kita mendapatkan uang tambahan.

Benarkah Mitos “Tangan Gatal” = Mendapatkan Uang? Mari Kita Buktikan Bersama Secara Ilmiah
Apakah secara ilmiah mitos tentang tangan yang gatal ini bisa dibuktikan? Tidak. Tapi mungkin kita bisa menjelaskan mengapa mereka yang mengalami gejala-gejala dari mitos akan dapat uang jika tangan mereka gatal, biasanya akan memenuhi mitos-mitos tersebut. Mungkin ini salah satu bagian dari hal yang disebut efek plasebo. Efek ini, dalam istilah kedokteran, dikenal sebagai pengobatan palsu yang memberikan sugesti pada pasien bahwa mereka akan sembuh dengan memberikan sebuah zat yang tidak memiliki kemampuan untuk menyembuhkan. Mengapa hal ini bisa dilakukan? Karena biasanya pasien melakukan hal yang sebaliknya, menanamkan sugesti bahwa mereka terkena sebuah penyakit dan badan mereka akan merespon dengan mengeluarkan gejala-gejala dari penyakit tersebut.

Ada juga kepercayaan yang disebut “hukum tarik menarik”, dimana pemikiran ini dicetuskan lewat sebuah buku berjudul “The Secret” yang ditulis oleh Rhonda Byrne. Dalam pemikiran ini, dipercaya bahwa apa yang akan terjadi pada kita adalah apa yang selalu ada pada pikiran kita. Dalm hal mitos mengenai tangan kita yang gatal, kita biasanya akan terus memikirkan tentang uang yang akan datang pada kita. Otak kita akan mempercayai pemikiran tersebut, membuatnya menjadi sugesti, dan mempersiapkan seluruh tubuh kita akan kedatangan uang tersebut. Kira-kira, inilah jawaban paling mungkin untuk pertanyaan “Benarkah mitos “tangan gatal” = mendapatkan uang?”
0 Komentar untuk "Benarkah Mitos “Tangan Gatal” = Mendapatkan Uang?"

Back To Top