20 Rumah Yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat

Kutipan sabda “Sesungguhnya Malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah yang di dalamnya terdapat anjing dan gambar” dari Ali bin Abu Thalib dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Tentu sudah bisa jadi jawaban tentang rumah-rumah yang tidak akan dimasuki malaikat. Seperti yang telah disebutkan, kita bisa mengetahui bahwa Malaikat tidak sembarang mendatangi rumah umat Islam dan hal ini disabdakan sendiri oleh Rasulullah. Ini otomatis berarti Malaikat akan memilih rumah-rumah tertentu untuk dimasuki.

20 Rumah Yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat

Rumah-rumah yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat Menurut Hadits
Seperti hadits yang di atas, sabda Rasulullah menyatakan bahwa rumah-rumah yang di dalamnya terdapat gambar patung dan anjing tidak akan dimasuki Malaikat, tapi tidak hanya itu saja. Ada rumah lain yang tidak dimasuki Malaikat seperti yang ditambahkan oleh Abu Hudzaifah Ibrahim bin Muhammad di bukunya yang berjudul Rumah yang Tidak Dimasuki oleh Malaikat.
  1. Rumah yang terdapat patung di dalamnya sudah jelas seperti bunyi hadits di atas.
  2. Rumah yang terdapat lukisan atau gambar makhluk hidup.
  3. Rumah yang terdapat peliharaan anjing. Ini bukan merupakan hal yang aneh karena memang anjing itu dianggap najis menurut Imam Qurtubi menjelaskan tentang sebabnya.
  4. Rumah yang dihuni oleh orang-orang junub yang artinya punya kebiasaan tidak bersuci atau mandi dari junub.
  5. Rumah milik orang yang penuh kedurhakaan terhadap orang tuanya.
  6. Rumah milik orang yang terus-menerus durhaka.
  7. Rumah milik orang yang melakukan dosa besar dan untuk kekejian juga tidak luput menjadi salah satu penghalang Malaikat Rahmat masuk ke rumah.
  8. Rumah milik orang yang suka dengan mantera-mantera dan hal-hal syirik.
  9. Rumah yang memiliki bau tidak enak atau rumah milik seorang pria yang melumuri tubuhnya dengan kunyit.
  10. Rumah milik orang yang punya sajian berhala dan orang yang suka melakukan perjudian. Kedua hal yang haram dan dibenci Allah.
  11. Rumah milik orang yang suka berfoya-foya, menghamburkan uang atau sama dengan hidup boros.
  12. Rumah yang terdapat lonceng di dalamnya juga termasuk rumah yang tidak dimasuki Malaikat.
  13. Rumah yang ditempati untuk minum khamr atau minuman keras.
  14. Rumah yang orangnya mementingkan hawa nafsu serta di dalamnya tidak terdapat shalawat.
  15. Rumah yang di mana Asma Allah tidak disebutkan di dalamnya.
  16. Rumah yang memutar atau mengadakan lagu selain dzikir di dalamnya.
  17. Rumah yang dihuni oleh orang yang suka makan riba.
  18. Rumah milik orang yang tidak menjaga hubungan silaturahmi atau memutuskannya.
  19. Rumah milik orang yang tamak dan suka makan harta anak yatim.
  20. Rumah milik orang-orang yang suka mencaci-maki.
Dengan membuat daftar atau mengulas tentang ciri rumah yang dijauhi Malaikat ini bukanlah bermaksud untuk menakut-nakuti, melainkan untuk memberikan pengetahuan lebih lagi serta menjadikannya sebagai acuan bagi kita supaya lebih pandai dalam mengurus rumah. Menjaga rumah agar Malaikat rahmat suka dengan rumah kita adalah tujuan utama mengetahui semua ini. Tentu menjadi hal baik dan menjadi berkah juga kalau sang Malaikat berkunjung ke rumah karena sama saja rahmat Allah disampaikan kepada keluarga kita.

Jika tidak mau sang Malaikat menjauhi rumah kita dan enggan memasukinya, pastikan bahwa rumah kita tidak termasuk di dalam ciri-ciri yang disebutkan di atas. Tempat kita berteduh ini kudu bebas dari apa yang tidak disukai Malaikat supaya Malaikat senang dan betah saat berkunjung. Dan semoga dengan mengetahui seperti apa rumah-rumah yang tidak akan dimasuki malaikat menjadi informasi berguna bagi kita.
86 Komentar untuk "20 Rumah Yang Tidak Akan Dimasuki Malaikat"

Kalo no. 17 berarti orang-orang yang kerja di bank konvensional engga dimasukin malaikat dong? Kan bunga bank itu riba yang nyata

nice artikel bro, mudah-mudahan rumah ane kagak kayak itu.

visit balik bro :dipa-artikel.blogspot.com

Semoga rumahku dan rumah keluargaku tidak termasuk dalam golongan tersebut.. Amin

Allahuma shollu alla nabi Muhammad,,,

Rumah yang penuh dengan foto anak istri serta keluarga besar jg termasuk kriteria.itukan gambar mahluk hidup,celakanya hampir seluruh rumAh di penjuru dunia dihiasi foto keluarga/gambar mahluk hidup seperti kriteria di atas

Rumah yang penuh dengan foto anak istri serta keluarga besar jg termasuk kriteria.itukan gambar mahluk hidup,celakanya hampir seluruh rumAh di penjuru dunia dihiasi foto keluarga/gambar mahluk hidup seperti kriteria di atas

tapi malaikat izrail tetap bisa masuk kan???

Mantab dan sangat berguna untuk menata rumah agar malaikat mau mampir

Klo foto kan biasanya gambar makhluk hidup nah d rmhku itu bnyk foto2 keluarga kan gk blh klo gambar gambar makhluk hidup, klo foto ini? Mhn dijawab min

Kalo kaya gitu pernyataannya ya dijamin semua rumah gak ada yg dimasuki malaikat

insyallah rumah saya dimasuki malaikat. amin

Rumahku gmn y admin???saya tinggal d tanah mertua,ipar saya memelihra bbrapa ekor anjing..suami saya sudh berulng kali bilng klo it najis...tp gak prnh dngr,kami tinggal satu halamn/pagar tp beda ruko...m'f ipar saya umr 45th n tempramen kyak gak mempn dnsehati...klo diusik msalah anjingny,dia mrahny sma saya n ddepn ank2 saya yg msih balita,jd skrg kmi biarn aj ap yg mo dlakuinny.....mohon balasanny...

Klo ane pnya celengan dr tanah liat bntuk kuda, apa itu trmasuk patung?

Malaikat merupakan makhluk yang luar biasa. masa sih..gara-gara ada anjing, gambar hidup, terus...malaikat ga berani masuk. inikan bukan kata Tuhan tapi hadist yang disampaikan oleh para ulama. berarti malaikat maut juga ga mau masuk dan mencabut nyawa penghuninya pada saat berada dirumah tersebut ketika sampai ajalnya.

Bego lu. Hadits jg kan dr Nabi Muhammad saw. Gak termasuk malaikat izroil donk, kalo malaikat izroil mau ngumpet diujung dunia pun pasti bisa ketemu. Ini yg dimaksud malaikat pemberi rahmat, malaikat yg menjaga rumah kita, malaikat yg mengamini doa2 kita. Beda x rumah yg didalamnya terdapat malaikat sama rumah yg isinya setan.

Semoga kita tidak masuk di dalamnyaa..

Bnr bgt.bank konvensional. S3muanya haram

Ya. Tdk boleh. Bakar aja semua ftonya

Aku punya gambar Masjid Madinah besar tpi ada orangnya kecil2 dan gambar Ka'bah banyak juga orang lagi pd sholat, gmna ya apa juga trmasuk didlmnya, tk,s

Saya g py rumah tp saya yakin malaikat hadir di hati saya

Dan saya tidak Percaya dgn tulisan di atas
Tetapi saya mengahrgai semua agama dan kebudayaan orang lain

Membaca tulisan diatas rasanya menang diperuntukkan untuk orang2 Islam, jadi buat non muslim tidak diharuskan untuk percaya.
"Lakum diinukum waliyadiin../Untukmu agamamu & untukku agamaku". Salam

Assalamu Alaikum sdaraq. .
Maksud dri Hadist di atas adalah mahluk hidup binatang. Bgitu pula dgn pakain, kita tdk boleh memakai pakain yg trdapat gambar binatang(hewan), walaupun itu dlm bentuk kartun. Karena itu sama saja kita menyama-nyamai ciptaan Allah SWT. Namun hal ini tdk termasuk dgn selimut atau sarung bantal, kita bsa memakai selimut atau sarung bantal yg bergambarkan hewan atau binatang. Kurang lebihnya sperti itu yg sy ketahui sdara, apabila ada kekeliruan dri yg sy jlaskan itu adalah dtng.y dri sy. .

Setahu saya semua gambar makhluk hidup itu noleh jika penempatanya tdk berdiri tegak lurus... Kl dijadikan sprei boleh karna penempatanya terbaring. Waktu itu ada kok kisah nabi yg saat istrinya mgunakan gorden bergambar tanamam. Lalu nabi menyuruh istrinya mjdikan sprei saja. Yg tau cerita lengkapnya mgkin bs bantu saya krn saya agak lupa. Nah utk pating. Smua bentuk patung makhluk hidup dilaramg krn memiliki volume ruang yg bs dtempat tinggali setan... Kurang lbhnya bgtu. Maaf kl salah

Pembahasan yang rsangat bagus...sehingga membuat sahabat berfikir, apa yang dimaksud dengan Malaikat "Rahmat" Enggan Memasuki Tempat/Rumah yang disebutkan di atas.
Secara CERDAS, sesungguhnya Allah swt melalui Nabiyullaah Muhammad SAW, mengajarkan kepada Ummatnya untuk melakukan hal-hal yang BERMANFAAT saja. Andai ada Makhluknya yang dibenci atau Tidak Disukai oleh Malaikat Rahmat, bukanlah hewan nya atau peliharaan yang berpotensi najis tsb.
Secara sifat, hewan tsb itu selalu menggonggong dan membuat GADUH serta Enggan orang-orang memasuki rumah tersebut. Bau, Kotor, dan segalanya.
Apapun yang diciptakan Oleh ALLAAH adalah penuh manfaat buat manusia, makanya di TurunkanNYA ILMU YANG AMPUH yaitu Al-Qur''an wa Sunnah Rasuul, untuk MENATA semua aspek kehidupan, termasuk memelihara hewan termasuk anjing. Hewan tsb juga punya manfaat jika dilatih dengan benar sesuai peruntukkan.
Justru yang jadi penekanannya adalah SIKAP, AKHLAQ, AKIDAH manusia itulah yang di dalamnya apakah KUFUR thdp ALLAAH ataukah TIDAK.
Selamat Berfikir Cerdas. Jaga hati dan perkataan agar orang lain tidak Sakit Hati itu termasuk Pendidikan Akhlaq.
Salam

Mau nanya maksud kata dari no 2 itu apa ya min
Trims

bukannya gak berani tp gak mau masuk... bedakan

bisa ,.. seperti diurakan diatas, yang tidak akan masuk hanya malaikat rahmat saja
allahu'alam

sepengetahuan saya para ulama berpendapat bahwa yang dilarang iyalah lukisan yang menyerupai atau menandingi bentuk makhluk ciptaan allah swt. beda halnya dengan foto yang merupakan sejatinya iyalah bentuk rekaman yang direkam melalui lensa kamera.

allahu'alam
sekedar berbagi

Bagaimana kalau kita sudah menjaga, tapi ada salah satu anggota Keluarga yg mengerjakan hal hal diatas? ??

Kok rasanya seperti mitos rakyat saja, ga boleh ini-itu, demi menyenangkan malaikat

masa sih ... emang si penulis itu pernah ketemu dan bicara ama Malaikat sampe bicara begitu .... ????? ... Selama hati orang tersebut selalu bersih dan Allah berkehendak maka tidak ada suatu halangan apapun untuk keberkahan Allah sampai padanya .....

bagaimana kalo di rumah kita ada photo-photo tokoh islam ,,,atau lukisan para kyai,ulama,habib dan sebagainya.

jawab ya min?




























bagaimana kalo di rumah kita ada photo-photo tokoh islam ,,,atau lukisan para kyai,ulama,habib dan sebagainya.

jawab ya min?




























bagai mana kalau di rumah kita ada photo/lukisan,tp tokoh-tokoh islam ,ulama da kyai???

sangat bermanfaat, tarima kasih min

Lebih bermanfaat lagi kalau cara pencapaiannya lebih lengkap dan bisa dipikir dgn logika.
Soalnya kebanyakan yang baca adalah orang awam. Akhirnya niat baik kita tidak bisa diterima orang yang belum paham betul soal islam.

Semua rumah yg punya tv dan radio/cd player juga dong ya.
Rumah gw juga. Secara gw sering muter lagu.

terus kan di website ini juga ada gambar2 mahluk hidup ada gambar cewek cantik bahkan gambar pria wanita bercumbu.. nah website ini berani dikunjungi malaikat gak yaw???

Kalo soal gambar keluarga , gambar poto diri kita atau siapa lah itu tidak apa2, yg jadi masalah adalah gambar yg di dunia tidak ada yg punya, misalkan kita menggambar hasil imajinasi kita , nah itu gak boleh , soalnya nnti di akhirat gambar itu menuntut kita minta di kasih roh, kta kan bukan tuhan, yg bisa kasi roh hanya ALLAH swt.. jadi jelas sudah .

Pertanyaannya apa pentingnya si Malaikat mampir kerumah? dan kontribusinya apa saja bagi manusia?

Pentingx mengajari orang sperti kmu supaya rajin belajar'

Cobalah teman2 berpikir cerdas bhw tdk semua hadist tsb diatas benar.....coba cari logikanya DImana malaikat itu punya preoritas tinggi dari allah utk Setiap manusia......coba kalian pikir kalau TDK MAU MATI MAKA PELIHARA ANIJING AJA AGAR MALAIKAT TAKUT!!!!!........NAH BERPIKIRLAH CERDAS!!!.
Malaikat akan mendatangi semua tempat APAPUN didunia ini dgn kosekuensi siapa yg ada di dlm nya dan malaikat akan mencatat semua perbuatan kita baik dan buruknya tanpa mengenal rumah tsb.......INGAT HADIST ADA YG BENER DAN ADA YG SALAH SEPERTI INJIL ...MAKANYA HADIST BUKAN KITAB SUCI TAPI INJIL DIANGGAP KITAB SUCI PADAHAL ISINYA ADA YG BENAR DAN ADA YG SALAH...BAHKAN ADA YG PORNOGRAFI(YEHEZKIEL 23/18 SD 23....DAN COBA BACA KIDUNG AGUNG...maaf saya justru terkejut dgn apa yg saya baca .....maaf jangan tersinggung ).....jika ada yg ingin diskusi email ke permadiiaiindonesia@gmail.com

Jika ada yg mau diskusi ttg injil dan quran mohon email ke permadiiaiindonesia@gmail.com......saya juga ingin belajar dari teman2...

Wkwkwk....lain yang dimksud bri

Jgn telan mentah2, bodoh amat, rahmat itu turun kpd manusia bisa di mana saja, klo dirumah ? Ya mau juga, setiap saat pun, tidak engkau sadar hai manusia, makanan yg engkau makan itu bkn rahmat Allah, mkn dirumah juga kan setiap hari, itu contoh kecil, tujuan hadist tadi adalah alangkah baiknya jika rumah kita dihiasi dgn ibadah, foto2 atau hiasan2 yg islami utk mengingatkan kita kepd Allah. Saya rasa itu cukup jelas.

Ingat tdk semua hadist itu kuat ....ada yg lemah!,,,makanya dlm islam bukan di sebut kitab suci....dan perlu didiskusikan krn hadist adalah cerita org yg berjumlah ribuan...PERSIS SEPERTI INJIL......makanya HRS BERPIKIR KRN ISLAM ITU INTINYA BERPIKIR!!!...BUKAN DOGMA SEPERTI SEPERTI KRISTEN.........
Coba berpikir ya....malaikat meskipun ada anjing ada patung ya masuk aja tanpa terkecuali krn dia mahluk utusan allah tanpa ada yg bisa menghalangi.
COBA ANDA BERPIKIR KALAU ADA PATUNG DAN PELIHARA ANJING PASTI ORG TSB TDK AKAN MATI2 KRN MALAIKAT TAKUT????.
Nah????berpikirlah..

Setahu ku klo gak slh yg dimksd di atas itu malaikat rahmat.. bukan malaikat israil atau yg lain nya... so.. cari tahu dlu bru menyalahkan

Makanya ngaji mas...tanya ulama..

Waduhhh!!!! Masss. Nama kok gak sesuai dengan pemikiran yg islami....

Ijin Share, caranya gimana ya ? :)

Agama islam tidak akan pernah nyambung dengan logika. Itu intinya. Kalo anda mnyambungkan dengan logika anda sama saja dengan kaum yahudi.

Permadi herry putranto kl ilmu lo msh dangkal dan lu msh awam gk usang byk omong kosong ketauan begonya

Poto gak boleh dipajang,ayat alquran aja gak boleh dipajang apalagi poto,jadi poto nya di simpan saja di album dak pajangan poto yg gede gede di turunkan wallahua'lam

Dah pnjang lebar tp ga ngerti .
Ngejelasinnya salah lgi.. Asal jeplak.
Kasian...

Baca dengan seksama hadist yang betul,,, orang kayak ente harus banyak ngaji,,, kalau g tau ilmu jgan sembarangan bicara.
Malaikat yang tidak bisa masuk itu malaikat rahmat. untuk lebih jelasnya ente kaji lagi tuh hadist. mg ente siapa berani bikin fatwa hadist lemah.... ulama terdahulu lebih tau dari pada ente. kalau hadits yang sekarang lemah g bisa di pake dan berbahaya untuk umat. maka pasti sudah di coret dari kitab2 hadits,, ente g usah ikut2an bicara.

hadis yg tidak diragukan keshahihannya (kebenarannya) yaitu hr. bukhari, muslim, tirmidzi, ibnu majah, ahmad, nasa'i, abu dawud. krn merka hiduo dizaman rasulullah dan kitab mereka dikoreksi para sahabaT rasulullah.. selain kitab itu perlu diteliti karena bisa aja ada kesalahan yg sengaja maupun tidak. terutama isinya apakah mnuju kebaika umat atau menjerumuskan .. hati hati dalam mencantumkan hadis yg berupa perkataan rasulullah . jika hadis palsu neraka jaminannya..wallahu 'alam

asalkan bukan untuk sesembahan mungkin gapapa krn jaman jahiliyah patung gambar org saleh di sembah sehingga malaikat males datang ke rumah tersebut.. jaga Allah maka Allah akan menjagamu ...

bersabarlah ... masih ada jalan malaikat masuk yaitu melalui kamar anda maka isilah dengan shalawat dan bersihkan dr najis . insyaallah .. islam mudah tpi jangan disepelekan

beda malaikat broo.. malaikat rahmat mungkin suka dengan kebersihan .. patung dan gambar yg berlebihan biasanya dihuni jin setan yg menghadang malaikat pembawa reEzeki. beda lagi malaikat maut dia kejam mencabut nyawa org kafir ..

Kl menurut kalian bagus ya dijalanin, kl menurut kalian gak ya gak usah dijalanin....gak usah saling ribut dan mencaci toh....gak perlu juga merasa lebih baik dari yang lain....

Tolong kepada adminnya bisa menambahkan hadist yang kuat. Tanpa hadist, kita tidak tahu itu akan seperti apa. Mohon ditambahken

Untuk semua teman2...Hati.hati dalam mengucap dan mengucapkan...

Hati.hati dalam mengucap dan mengucapkan.untuk semuanya saja

Ass wr wb
Hahahahah geli gwe bacanya.Mohonnya semua kalau may bertanya Dan menyangkal fakta orientasinya dibedakan dong Dan jangan menjawab secara Subjektif jika nggak tahu tuh yang nonmuslim malah nangepinya kek gitu.gwe sebagai orang Islam Malu Kali mau njwab tentang agama Kalo njwab secara subjektif Dan ngatak ngatakin orang yang naek Sarah ya kaltu omongnya kasar nangepinya yang lembut toh sononya sadar Dan bisa menilai yang Bener Dan yang salah Kali kita berbicara dengan panas pembicaraan kits akan panas Dan jika kits berbicara dengan dingin pembicaraan kits dingin
Tq wasalamuallaikum wr wb

Boleh berpikir ... asal ojok bablas lalu pikiran kita menjadi pembenaran pada hadits2 yg ada. Hadits di sampaikan agar kita berpikir dan tidak bablas (bukankah begitu)
Hadits juga sebuah pegangan untuk ummat yang awam juga.

Ambil ibrahnya dan jangan di tentang apalagi hadits shohih.
Wallahu a"lam.

Repot bingits berarti banyak rumah yabg haram dong hahaha mau dapat berkat aja berasa kek di halang halangin tuhan gak sepelit itu kok

kalau punya buku dan berlogo garuda indonesia dan surat tanah berlogo garuda indonesia mohon jawabannya

itu termaksud juga! karena dia sempurna sebagai mahluk hidup, terkecuali dihilangkan bagian terpenting dari mahluk itu, yaitu kepalanya!

komentarnya ada yang luci xixiixixixi......

btul skali...tkutnya 1.untuk ujub niat mnyombongkan diri dengam anak suami atau istri yg cantik tampan...2.mmg jin dpt menempati foto makhluk hidup trmasuk foto mnusia tntunya silahkan cri hadis dmn malaikat jibril tdk dpt turun ktika ada satu gambar kecil d rmh Rasululloh...

Rukyah aja bang coba, tmn ane juga punya saudara yg keras hatinya dan ada yg sakit pula,, tapi alhamdulillah stlah 2minggu ikut program rukyah atas izin Allah.. dibukakan hati dan fikirannya

Malaikat yang di mksud disini ya itu malaikat pembawa rahmat,bukan malaikat izrail.

"Rumah yang terdapat lukisan atau gambar makhluk hidup" klo kaya buku anime (komik), kalender anime, spary anime? Malaikat bakal masuk gk? Masalahnya ada yg gambarnya dari rambut sampai kaki. Balas ya

klo kalender anime, komik anime, foto anime boleh gk maz?

hukumnya apa??? Kataku mah itu hukumnya makruh, gk dpt pahala dan di benci allah. Gk mungkin sampai malaikat gk mau masuk rumah makhluk allah. Aku bicarain yg no.2 ya

Back To Top