Ancaman Bagi Yang Makan dengan Tangan Kiri

Untuk kalian yang tidak menggunakan tangan kanan untuk makan, waspadalah karena ternyata ada ancaman bagi yang makan dengan tangan kiri. Ancaman ini merupakan sebuah doa yang tidak memiliki arti yang baik, dan yang mendo’akan tidak lain tidak bukan adalah Nabi besar Muhammad Shallallahu’alaihi wa sallam.

Ancaman Bagi Yang Makan dengan Tangan Kiri

Hati-Hati, Ada Ancaman Bagi yang Makan dengan Tangan Kiri
Islam bukan hanya sebagai sebuah agama, tapi juga sebagai sumber rujukan untuk hidup, terutama di bidang adab dan kebiasaan. Salah satu adab yang diajarkan dalam Islam adalah makan menggunakan tangan kanan, bukannya tangan kiri. Sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari, yang disampaikan oleh Aisyah adalah bahwa Nabi Muhammad selalu menggunakan tangan kanannya untuk segala hal yang dinilai baik, seperti misalnya bersisir atau hingga bersuci.

Lewat sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim yang disampaikan oleh Umar bin Abi Salamah, diceritakan juga bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda pada Umar bahwa ia harus mengucap bismillah dan makan dengan tangan kanan, bukannya kiri. Lalu ia juga diberitahu untuk mengambil makanan yang ada di dekatnya, bukan yang jauh darinya dan lebih dekat ke orang lain. Lewat hadist dari Muslim yang disampaikan oleh Ibnu Umar, Rasulullah mengatakan bahwa seseorang harus makan dan minum menggunakan tangan kanan. Hal ini karena hanya setan yang makan dan minum menggunakan tangan kirinya. Pada hadist tersebut juga tertulis bahwa yang diucapkan Nabi Muhammad mengenai makan dengan tangan kanan adalah sebuah perintah, dan bukanlah sebuah anjuran.

Ancaman bagi yang makan dengan tangan kiri muncul pada hadist riwayat Muslim yang ada dalam kitab Shahih Muslim. Hadist ini diucapkan oleh Salamah bin Al Akwa’, yang isinya adalah pada saat itu ada laki-laki yang sedang makan dan duduk di samping Rasulullah. Pria tadi kemudian makan dengan tangan kiri. Melihat hal tersebut, Rasulullah sempat memberi tahu laki-laki tadi untuk makan menggunakan tangan kanan, jangan tangan kiri. Pria tersebut menolak dengan kata “tidak bisa”, dan bicara dengan sombong. Karena hal itu, akhirnya tangannya tidak bisa sampai ke bagian mulutnya.

Bagaimana Dengan Mereka yang Kidal? Bukankah Ada Ancaman Bagi yang Makan Dengan Tangan Kiri?
Hukum makan dengan tangan kiri memang diharamkan, hal ini merujuk pada ucapan Syaikh Muhammad bin Shalih Al Utsaimin. Tapi, ia memberi garis bawah tentang pembolehan menggunakan tangan kiri untuk makan. Ia berkata bahwa tidak apa-apa seseorang menggunakan tangan kiri untuk makan jika dan hanya jika ada sebuah kondisi yang menyebabkan ia terpaksa makan tidak menggunakan tangan kanan. Jika hal tersebut tidak terpenuhi, maka diharamkan makan menggunakan tangan selain tangan kanan. Tapi, beberapa ulama mengatakan bahwa hukum makan dengan tangan kiri adalah makruh, bukan haram. Hal ini berlaku karena ucapan nabi dinilai sebagai bimbingan, bukan sampai mengharamkan.

Al Imam Ibnul Qayyim mengatakan dalam Zaadul Ma’ad bahwa hanya setan yang makan dengan tangan kiri. Dan jika makhluk tersebut bukanlah setan secara wujud, maka ia akan menyerupai setan. Hal ini juga ditegaskan oleh sabda Rasulullah bahwa jika seseorang tidak memiliki masalah dengan tangan kanannya, makan dengan tangan kiri akan membuat orang tersebut layaknya setan. Dan hal tersebut biasanya akan mengikuti kepada kegiatan lain-lainnya yang membawa kemudharatan, hal inilah yang menjadi ancaman bagi yang makan dengan tangan kiri.
0 Komentar untuk "Ancaman Bagi Yang Makan dengan Tangan Kiri"

Back To Top