Jangan Khawatir, Rezeki Seseorang Telah Ditentukan dan Ditetapkan

Banyak dari kita yang merasa khawatir akan selamanya menjadi miskin, padahal sebenarnya itu tidak perlu. Kita sebaiknya jangan khawatir, rezeki seseorang telah ditentukan dan ditetapkan oleh Allah SWT sejak dari awal kita lahir. Allah sendiri yang sudah berkata demikian, jadi tidak ada alasan untuk kita tidak mempercayai kata-kata yang diucapkan langsung oleh pemilik semesta alam. Meski begitu, bukan berarti kita bisa begitu dengan enaknya menunggu rezeki datang karena ternyata rezeki yang dijanjikan oleh Allah baru akan datang jika kita yang datang untuk menjemputnya.

Jangan Khawatir, Rezeki Seseorang Telah Ditentukan dan Ditetapkan

Yang paling sering dikutip ketika orang melakukan ceramah atau dakwah dengan aturan rezeki seseorang sebagai temanya, maka surat Huud ayat 6 adalah pilihan mereka. Jelas saja, karena ayat ini merupakan ayat yang paling menjelaskan semuanya, dimana isi dari ayatnya adalah bahwa semua makhluk yang bernyawa di Bumi sudah dijaminkan oleh Allah rezekinya. Allah juga mengetahui tempat tinggal dan penyimpanan rizki tersebut, dimana semuanya sudah tertulis dalam kitab yang bernama Lauh Mahfuz yang tugasnya adalah untuk mencatat semuanya.

Kata Rezeki berasal dari bahasa arab ar-rizqu yang akarnya bisa ditelusuri hingga kata razaqa. Razaqa ini secara bahasa bisa berarti memberi maupun pemberian, dimana menurut al-Baydhawi dan Razi ar-rizqu bisa berarti juga sebagai al-hazhu, porsi untuk seseorang yang di dalamnya tidak ada bagian untuk orang lain lagi. Menurut Ibn Abdis Salam, ar-rizqu bisa berarti sebagai apapun yang mampu dimanfaatkan untuk orang tersebut. Dari kata awalnya juga bisa diambil keputusan bahwa manusia harusnya jangan khawatir, rezeki seseorang telah ditentukan dan ditetapkan oleh Allah SWT.

Rezeki Seseorang Telah Ditentukan, Tapi Kita Harus Berusaha Mendapatkannya.
Memang segala macam yang berhubungan dengan rezeki sudah ditentukan oleh Allah SWT dari sejak awal makhluk tersebut diciptakan, tapi bukan berarti rezeki tadi akan datang menemui targetnya tanpa si target berusaha apa-apa. Karena hal ini juga, dalam Islam ada yang disebut sebagai “Ikhtiar” yang secara bahasa berarti memilih. Menurut istilah, ikhtiar berarti seseorang telah memilih untuk melakukan sesuatu dan mengerahkan segenap tenaganya demi mencapai apa yang ia inginkan, harapan yang dia miliki untuk sesuatu yang bernilai di dunia maupun yang bernilai di akhirat.

Perintah untuk berikhtiar demi menjemput rezeki sudah tertulis di dalam Al-Qur’an, tepatnya pada surat al-Jumu’ah ayat 10. Ayat tersebut mengatakan apabila seseorang sudah melakukan shalat dan berdoa sekuat tenaga, maka mereka harus segera menyebar di seluruh pelosok bumi untuk mencari karunia yang datang langsung dari Allah SWT. Allah juga menyarankan mereka untuk mencari banyak karunia agar bisa beruntung.

Jika bukti dalam Al-Qur’an masih belum cukup bagi seseorang yang ingin mendapatkan rezeki dari Allah SWT, maka ada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dari Zubair bin Awwam radhiallah. Hadits tersebut berkata tentang jika seseorang manusia membawa tali yang digunakan untuk mencari kayu bakar lalu menjualnya dan Allah mencukupi ia dengan hasil penjualan tadi, maka hal tersebut jauh lebih baik daripada ia harus berkeliling di sebuah tempat dan meminta-minta kepada orang terlepas dari diberikan atau tidaknya uang yang ia minta-minta tadi. Ia juga seharusnya jangan khawatir, rezeki seseorang telah ditentukan dan ditetapkan.
1 Komentar untuk "Jangan Khawatir, Rezeki Seseorang Telah Ditentukan dan Ditetapkan"

,KISAH NYATA ,
Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri ,anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, suami saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI KUSUMO hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI KUSUMO di No 0852-5777-6881. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI KUSUMO saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB AKI KUSUMO DI 0852-5777-6881. (TANPA TUMBAL/AMAN).

Back To Top