Keutamaan Khusus Orang yang Bernama Muhammad

Tahukah kalian mengenai keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad? Nama yang kemungkinan besar terinspirasi dari nama nabi besar yang sekaligus bertugas sebagai nabi terakhir bagi umat Islam yaitu nabi Muhammad SAW ini pernah menjadi nama yang paling sering dijumpai di dunia. Perhitungan tersebut juga sudah memasukkan varian lain dari nama Muhammad yaitu Mahometus, Moameth, Mukhammad, Mihemed, Mukhammed, dan yang lainnya. Di Wales dan Inggris sendiri, nama Muhammad sempat menduduki peringkat nama terbanyak di tahun 2009, 2011, dan 2012.

Keutamaan Khusus Orang yang Bernama Muhammad

Apakah Ada Keutamaan Khusus Orang yang Bernama Muhammad?
Beberapa tahun ke belakang, banyak orang tua yang memberi nama Muhammad kepada anak-anak mereka dengan harapan bahwa akan mendapatkan keutamaan dari Allah SWT karena memberikan nama anaknya sebuah nama yang sama dengan nama dari nabi dan rasul terakhir yang diutus oleh Allah SWT untuk membawa kemakmuran dan mengajak manusia kepada kebenaran. Tapi apakah benar memang ada hadits atau surat dari Al-Qur’an yang menjelaskan tentang keutamaan mereka yang memiliki nama “Muhammad”? Dan apakah keutamaan ini yang menjadi alasan mengapa nama Muhammad bisa menjadi nama yang paling banyak digunakan di dunia?

Setelah dilakukan penelitian, ternyata diputuskan bahwa tidak ada hadits yang shahih atau bahkan hasan mengenai keutamaan dari memilihkan nama Muhammad kepada seorang anak. Menurut Al-Ubbiy, tidak pernah ada hadits yang shahih mengenai penggunaan nama Muhammad terhadap seorang bayi. Tidak juga dengan menggunakan nama Muhammad maka orang tersebut bisa memiliki berkah yang jauh lebih banyak dari sebelumnya. Menurut Al-Hafidz Abu Al-Abbas, semua yang meriwayatkan keutamaan memberi nama anak dengan nama Muhammad adalah sebuah hadits palsu atau paling tidak terhitung sebagai hadits yang lemah.

Salah satu hadits yang menyebutkan tentang keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad muncul dari Ibnu Bukair, ditulis dalam sebuah kitab karyanya yang bernama “Fadhail At-Tasmiyah bi Ahmad wa Muhammda”. Pada hadits itu diceritakan mengenai dua orang yang berdiri di hadapan Allah dan diperintahkan untuk pergi ke surga, padahal mereka tidak merasa memiliki amalan baik. Allah berkata bahwa Ia telah berjanji pada diriNya sendiri untuk tidak memasukkan orang dengan nama Muhammad ke dalam neraka. Hadits ini belakangan dikatakan palsu karena asalnya tidak jelas, dan penyampainya yang bernama Shadaqah bin Musa bukanlah seorang ahli hadits.

Hadits lainnya merupakan riwayat Ibnu Bukair dari penuturan Abdullah bi Ahmad bin Amir Ath-Tha’iy. Hadist tentang keutamaan nama Muhammad ini bercerita tentang sebuah permusyawarahan yang terjadi di kalangan orang. Jika pada kelompok tersebut terdapat orang yang memiliki nama Muhammad atau Ahmad, maka dijanjikan mereka akan mendapatkan pilihan yang amat baik nantinya. Hadits ini lagi-lagi adalah hadits palsu karena penuturnya merupakan periwayat hadits-hadits palsu yang berasal dari ayahnya sendiri.

Ternyata setelah dilakukan penelitan, hampir seluruh hadits yang disampaikan oleh para periwayat adalah hadist palsu atau hadits yang dasarnya tidak kuat, sehingga tidak menjadi pembenaran bahwa menggunakan nama Muhammad membuat seseorang menjadi lebih diutamakan dibandingkan orang lainnya. Tapi meskipun hal ini sudah terbukti, tidak kemudian mengurangi pengguna nama Muhammad di dunia. karena seperti yang kita ketahui nama adalah sebuah doa, dan mungkin penamaan Muhammad adalah agar mereka bersifat seperti Rasulullah. Mungkin hal tersebut lah yang menjadi keutamaan khusus orang yang bernama Muhammad.
0 Komentar untuk "Keutamaan Khusus Orang yang Bernama Muhammad"

Back To Top